Setelah tubuh melakukan pekerjaan yang banyak, Moms sebaiknya detox tubuh agar merasa lebih segar, ringan, serta membantu tubuh untuk beristirahat. Nah, apa saja sih langkah-langkah yang harus Moms lakukan dan apa saja manfaat detox bagi tubuh?

Makanan dan minuman yang Moms konsumsi serta paparan dari lingkungan sekitar secara tak langsung akan membahayakan tubuh. Namun untungnya, tubuh memiliki sistem pembuangan yang khusus dirancang untuk membuang racun yang ada pada tubuh, seperti yang ditemukan pada fungsi ginjal, hati, usus besar, paru-paru, serta kulit.

Apa itu detox dan apa langkah yang dilakukan saat ingin detox tubuh?

Manfaat detox bagi tubuh adalah untuk membersihkan racun yang ada di dalam tubuh. Saat melakukan diet detoksifikasi Moms harus melakukan beberapa hal tertentu guna membersihkan racun di tubuh yang berasal dari makanan ataupun racun lingkungan.

Apabila ingin detox tubuh, Moms bisa melakukan beberapa cara seperti mengonsumsi jus dari buah dan sayur atau menghindari mengonsumsi makanan dengan kandungan gula, garam, alkohol, serta kafein.

Jika Moms terbiasa mengonsumsi makanan tidak sehat, biasanya akan merasa lebih baik ketika melakukan detoksifikasi. Moms akan merasakan adanya perbaikan pada tubuh dan menjadi lebih berenergi. Moms mungkin juga dapat kehilangan berat badan saat melakukan detox ini. Tetapi, apabila berat badan Moms turun dan ada pada berat yang normal, pertahankanlah pola sehat ini. 

Baca juga: Ini 7 Waktu Tepat Minum Air Putih yang Perlu Moms Ketahui

Langkah yang harus dilakukan saat ingin melakukan detoksifikasi

Saat ingin detox tubuh, Moms dapat melakukannya dengan tidak mengonsumsi beberapa makanan tertentu, tidak mengonsumsi minum berkafein atau alkohol, perbanyak minum air putih, serta memperbanyak konsumsi sayur dan buah selama 7 hari.

Ada 7 langkah untuk melakukan detoksifikasi, di antaranya:

1. Mengonsumsi air lemon setiap pagi

Memulai hari dengan minum campuran air putih dan air lemon dapat menjadi cara ketika Moms ingin detox tubuh. Vitamin C yang ada pada air lemon mampu meningkatkan kadar glutathione pada tubuh yang dimana ini merupakan senyawa penting yang dibutuhkan untuk detoksifikasi.

Manfaat detok bagi tubuh dengan menggunakan campuran air dan lemon bisa membersihkan racun menumpuk yang ada di dalam hati serta mengurangi penyumbatan pada kantung empedu. Kesehatan dua organ ini sangatlah penting untuk kunci pencernaan lemak.

2. Menenangkan hati serta pikiran 

Tenangkan hati dan pikiran adalah salah satu langkah jika Moms ingin detox tubuh. Luangkan waktu setidaknya 10 menit agar Moms bisa menenangkan diri karena pikiran dan hati yang tenang akan membantu tubuh saat melakukan detox.

Tariklah napas dalam-dalam agar membantu paru-paru untuk mendapatkan oksigen serta mengeluarkan karbon dioksida dengan baik. Dengan melakukan ini juga bisa membantu Moms dalam melancarkan metabolisme tubuh sehingga makanan akan dicerna dengan baik.

3. Melakukan olahraga

Saat ingin detox tubuh, sebaiknya Moms meluangkan waktu untuk berolahraga setidaknya satu jam setiap harinya. Karena keringat yang keluar dari tubuh saat berolahraga akan membantu Moms dalam mengeluarkan racun yang ada di tubuh. Manfaat detox bagi tubuh dengan cara berolahraga dapat melancarkan aliran getah bening yang ada di tubuh dengan begitu racun akan keluar lewat keringat.

4. Menghindari makanan olahan

Hindari makanan olahan dan makanan kemasan yang tidak mengandung zat gizi namun mengandung banyak zat pengawet, gula, garam, dan lemak saat Moms detox tubuh setidaknya selama 7 hari.

Selain itu, hindari juga mengonsumsi minuman kemasan dan menggantinya dengan air putih, teh herbal, ataupun susu rendah lemak. Moms dapat mengonsumsi makanan yang segar seperti ikan, buah, sayur, atau daging.

5. Berhenti mengonsumsi kopi untuk sementara

Jika ingin detox tubuh, Moms yang penggemar kopi juga harus berhenti mengonsumsi kopi untuk sementara. Karena semakin banyak kopi yang diminum, semakin banyak pula tekanan yang Moms berikan kepada kelenjar adrenal, kelenjar yang mengontrol tekanan darah serta metabolisme. Ditambah, kafein pada kopi bisa mengganggu metabolisme obat pada hati serta detoksifikasi alami di hati. 

Baca juga: Atasi KantukTanpa Minum Kopi

6. Memenuhi setengah piring dengan sayur dan buah

Langkah selanjutnya saat ingin detox tubuh yaitu dengan memenuhi setengah piring dengan sayuran dan buah. Dengan mengonsumsi banyak sayur dan buah yang mengandung serat, Moms dapat memberikan mineral serta vitamin untuk tubuh, membuang racun, serta melancarkan sistem pencernaan.

Manfaat detox bagi tubuh dengan cara mengonsumsi serat pada sayur dan buah juga akan membantu Moms dalam mengurangi resiko penyakit kanker kolorektal, diabetes mellitus tipe 2, serta jantung. Moms disarankan untuk mengonsumsi 10 porsi sayur dan  buah dalam sehari.

Bahan makanan seperti bayam, kubis, brokoli, kale, dan lainnya berguna untuk mengeluarkan racun yang ada pada hati. Untuk buah, Moms bisa mengonsumsi pepaya, jeruk, melon, apel, pir, dan lainnya.

7. Menjauhi minuman yang beralkohol

Langkah terakhir saat ingin detox tubuh yaitu jauhi minuman beralkohol, karena alkohol sulit dicerna oleh tubuh. Selain itu, mengonsumsi alkohol bisa memberikan beban lebih berat untuk tubuh, khususnya hati dan otak.

Hati adalah organ pemecah alkohol agar bisa dikeluarkan dari dalam tubuh. Karena itu, mengonsumsi alkohol secara berlebihan bisa merusak hati. Manfaat detox bagi tubuh dengan tidak mengonsumsi alkohol, artinya Moms turut membantu dalam meringankan fungsi hati serta menjaga kesehatan hati yang dimana organ ini berfungsi untuk mendetoksifikasi tubuh secara alami.

Yang perlu Moms ingat, kebutuhan gizi seperti mineral, protein, vitamin, karbohidrat, serta lemak harus tetap terpenuhi. 

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like