Sistem peredaran darah dalam tubuh berguna untuk mengantarkan zat gizi serta oksigen ke seluruh tubuh. Dari pembuluh darah kecil hingga pembuluh darah besar menghubungkan semua jaringan dan organ di tubuh Moms.

Itulah sebabnya apabila Moms mengalami gangguan pada peredaran darah, maka hal tersebut akan mempengaruhi fungsi tubuh yang lainnya. Namun, ada berbagai cara yang bisa dilakukan jika Moms ingin melancarkan peredaran darah. Berikut ini penjelasannya.

Tips jika ingin melancarkan peredaran darah

1. Konsumsi makanan yang bisa melancarkan peredaran darah

Apabila Moms mau melancarkan peredaran darah, konsumsilah makanan yang memang dapat melancarkan sistem peredaran darah seperti sayuran hijau, buah delima, dan cabai.

Makanan tersebut mengandung nitrit oksida yang bisa melebarkan pembuluh darah sehingga alirah darah bisa mengalir dengan efektif. Moms juga dapat mengonsumsi kacang kenari, kunyit, dan bit guna meningkatkan jumlah produksi nitrit oksida.

Selain itu, Moms bisa mengonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 guna mencegah penyumbatan karena kolesterol dan menunjang kesehatan pembuluh darah. Konsumsi juga makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi seperti bawang bombay, jenis buah-buahan beri, dan buah-buahan sitrus agar melindungi pembuluh darah dari serangan radikal bebas.

2. Menghentikan kebiasaan merokok

Menghentikan kebiasaan merokok merupakan salah satu kunci jika ingin melancarkan peredaran darah. Beberapa bahan berbahaya pada berbagai jenis rokok seperti nikotin bisa merusak pembuluh darah dan juga membuat darah menjadi kental. Hal ini tentu saja dapat mengganggu sirkulasi peredarah darah.

3. Menjaga berat badan yang ideal

Moms akan terlindung dari resiko obesitas apabila mempunyai berat badan yang ideal. Karena obesitas bukan hanya dapat menghambat peredaran darah, namun juga menyebabkan penumpukan plak di pembuluh arteri. Hal ini akan membuat Moms beresiko terkena stroke, serangan jantung, serta penyakit jantung koroner.

Itulah sebabnya Moms harus menjaga berat badan ideal jika ingin melancarkan peredaran darah. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, Moms harus mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang serta menghindari makanan yang dapat meningkatkan kolesterol jahat di tubuh.

4. Berolahraga rutin

Olahragalah secara rutin jika ingin melancarkan peredaran darah. Tubuh membutuhkan banyak jumlah oksigen agar tetap bisa berfungsi secara optimal selama Moms berolahraga. Karena itu, jantung akan memberikan respon dengan memompa banyak darah yang akan mengalir ke seluruh tubuh sehingga peredaran darah menjadi lancar.

Berolahraga dengan rutin bisa meningkatkan kinerja pembuluh darah untuk melebar sehingga bisa bekerja dengan efektif.

5. Kelola stres dengan baik

Ketika Moms sedang stress, pembuluh darah akan menyempit sehingga aliran darah menjadi terganggu. Mengelola stress dengan baik membantu Moms jika ingin melancarkan peredaran darah. Semua orang memang tidak bisa menghindari stres, namun jika Moms bisa mengelola stres dengan baik, maka hal ini bisa membantu peredaran darah menjadi lancar.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti meditasi, melakukan yoga, menghubungi teman, mendengarkan musik, melatih teknik pernapasan, dan hal-hal lainnya yang Moms sukai.

Faktor yang berperan penting dalam lancarnya peredaran darah yaitu berasal dari pola makan serta gaya hidup yang sehat. Nah, apakah Moms sudah menjalani salah satu tips di atas? 

Baca juga: Badan Moms Terasa Lesu? Mungkin 6 Hal Ini Penyebabnya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like