Ada hal sederhana yang bisa Moms lakukan agar menjadi sehat selain mengurangi konsumsi makanan cepat saji dan berolahraga, yaitu dengan minum air putih. Berikut ini waktu tepat minum air putih yang wajib diketahui.

Kapan waktu tepat untuk minum air putih?

Setiap wanita sebenarnya butuh 2,6 liter air per harinya sedangkan pria sekitar 3,7 liter per harinya. Demi mendapatkan kadar air tersebut, Moms bisa minum air putih dan juga dengan mengonsumsi sup, minuman ringan, dan juga buah serta sayuran yang mengandung air.

Tetapi, mau berapapun kadar air yang wajib diminum, intinya yaitu Moms harus memenuhi cairan di dalam tubuh karena apabila konsumsi air dalam tubuh tidak cukup, Moms akan mengalami dehidrasi yang kemudian akan mengganggu kesehatan tubuh.

Berikut ini 7 waktu tepat minum air putih.

1. Setelah bangun di pagi hari 

Waktu tepat minum air putih adalah setelah bangun di pagi hari. Tubuh akan mengalami dehidrasi ketika bangun tidur di pagi hari. Meskipun Moms sudah banyak mengonsumsi air putih sehari sebelumnya, Moms tetap harus mengisi tubuh kembali dengan cairan pada pagi hari.

Dengan minum satu atau dua gelas setelah bangun di pagi hari, dapat membuang racun di dalam tubuh serta membakar metabolisme.

Baca juga: Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun di Pagi Hari

2. Sebelum mandi

Sebelum mandi ternyata merupakan waktu tepat minum air putih. Kehangatan dari air putih dan air ketika mandi mampu melebarkan pembuluh darah yang kemudian akan menyebabkan tekanan darah menjadi turun. Dengan meminum segelas air putih sebelum mandi, Moms mampu mencarikan tingkat natrium dalam tubuh sehingga tekanan darah akan turun.

3. Setengah jam sebelum makan

Setengah jam sebelum makan merupakan waktu tepat minum air putih karena mampu membantu pencernaan untuk bekerja lebih baik. Ketika Moms minum air putih saat sedang makan, tepat sebelum atau sesudah makan akan melemahkan cairan pencernaan serta membuat kinerja pencernaan menjadi kurang efektif.

Namun, terlalu banyak menerima asupan air malah justru akan merusak pencernaan karena kadar alami asam dan empedu yang dibutuhkan di perut untuk mencerna makanan akan terganggu.

4. Saat merasa lelah

Saat merasa lelah juga merupakan waktu tepat minum air putih. Air mampu membantu otak untuk bekerja lebih baik. Apabila Moms kekurangan asupan air pada otak, maka hal ini akan membuat Moms jadi kelelahan, hilangnya fokus, sakit kepala, dan masalah lainnya.

5. Sebelum dan setelah berolahraga

Air mampu mencegah Moms dari rasa lelah. Itulah mengapa sebelum dan setelah berolahraga menjadi waktu tepat minum air putih. Selain itu, minum air sebelum dan setelah olahraga bisa meningkatkan daya otot tubuh juga.

6. Sebelum tidur

Dengan minum segelas air putih sebelum tidur, Moms bisa membuang racun dan membantu tubuh mengisi cairan yang hilang setelah beraktivitas seharian. Ditambah, minum segelas air putih sebelum tidur akan membuat Moms tidur lebih nyenyak.

7. Saat sedang sakit

Dengan mengonsumsi banyak air putih, maka dapat membantu Moms dalam memperbaiki daya tahan tubuh menjadi lebih cepat.

Baca juga: Apa Saja Efek Samping Ketika Moms Terlalu Banyak Minum Teh?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like