Kebanyakan orang terlambat mengetahui bahwa dirinya terkena diabetes karena tidak mengetahui atau mengabaikan ciri penyakit gula yang dialami. Padahal, komplikasi diabetes dapat dicegah jika dideteksi lebih cepat. Namun sayangnya, masih banyak yang belum paham apa saja ciri penyakit tersebut. Pada akhirnya, penyakit diabetes pun terabaikan dan tidak dapat diatasi dengan baik sehingga menyebabkan komplikasi yang serius. Penasaran apa saja ciri-cirinya? Simak penjelasannya berikut ini. 

Berikut ciri penyakit gula yang tidak boleh diabaikan 

1. Sering ingin buang air kecil

Selalu merasa ingin buang air kecil adalah ciri penyakit gula yang pertama. Gejala ini semakin kuat menandakan diabetes apabila terjadi pada malam hari, atau bahkan sampai membuat Moms terbangun tengah malam. Dalam dunia medis, ciri-ciri yang satu ini disebut sebagai poliuria. Kondisi ini terjadi karena kadar gula yang sudah terlalu tinggi sehingga ginjal tidak dapat menyerap semuanya. Maka dari itu, kelebihan gula dibuang lewat urin. 

2. Gampang merasa haus 

Ciri penyakit gula yang kedua yaitu gampang merasa haus. Ini disebabkan karena Moms sering buang air kecil sehingga cairan tubuh terus berkurang. Rasa haus yang Moms rasakan berbeda dengan rasa haus seperti biasanya karena rasa haus tidak akan menghilang meskipun sudah banyak minum air. 

3. Cepat merasa lapar

Lapar merupakan hal yang normal. Tetapi, jika Moms merasa cepat lapar walaupun baru makan, hal ini bisa menjadi ciri penyakit gula, lho. Gejala ini terjadi karena hormon insulin yang tidak bekerja secara optimal. Normalnya, makanan yang masuk ke dalam tubuh diubah menjadi glukosa sebagai sumber energi setiap jaringan, sel, serta organ tubuh. Proses tersebut diatur oleh hormon insulin. 

Pada orang dengan penyakit diabetes, hormon insulin gagal diproduksi atau tidak merespon secara baik. Sehingga, kebutuhan energi di dalam tubuh tidak tercukupi walaupun sudah makan. Di dalam dunia medis, ciri penyakit diabetes yang satu ini disebut sebagai polifagia. 

4. Berat badan turun secara drastis 

Secara umum, berat badan ditentukan oleh faktor-faktor seperti asupan kalori, usia, serta kesehatan secara menyeluruh. Saat mengalami diabetes, berat badan Moms akan mengalami penurunan meskipun sedang tidak melakukan diet. Ini terjadi karena produksi insulin di dalam tubuh tidak memadai sehingga tubuh pun mengambil sumber energi yang lain, misalnya seperti lemak, otot, dan juga protein. 

5. Kulit kering

Kulit kering juga bisa menjadi salah satu ciri penyakit gula. Beberapa orang yang mengalami diabetes sering mengalami gejala kulit kering, gatal, pecah-pecah, atau bersisik. Ini terjadi karena tubuh kehilangan banyak cairan melalui urin sehingga kulit pun kehilangan kelembaban alaminya. Selain itu, kulit yang kering juga bisa terjadi karena sensitivitas saraf yang berkurang dan sirkulasi darah yang terhambat. 

6. Luka sembuh dalam waktu lama 

Luka seperti bekas gigitan serangga, memar, infeksi, atau luka yang tidak kunjung sembuh juga dapat menjadi salah satu ciri penyakit gula. Hal ini terjadi karena kadar gula darah yang tinggi yang menyebabkan dinding pembuluh darah arteri menjadi menyempit dan mengeras. Alirand arah yang kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh pun menjadi terhambat. 

Bagian-bagian tubuh yang mengalami luka ini membutuhkan oksigen serta nutrisi yang ada di dalam darah agar bisa cepat sembuh. Inilah yang membuat sel-sel di dalam tubuh kesulitan dalam memperbaiki saraf dan jaringan tubuh yang rusak. Penyembuhan luka pun menjadi lama. 

7. Gangguan penglihatan

Fungsi penglihatan akan semakin menurun seiring bertambahnya usia. Tetapi, jika sering mengeluhkan penglihatan yang buram atau kabur sejak usia muda, ini bisa menjadi ciri penyakit gula, lho. 

CIri-ciri yang satu ini terjadi karena tidak terkontrolnya kadar gula darah. Kadar gula darah yang tinggi mampu menyebabkan kerusakan saraf dan pendarahan di pembuluh darah mata. Untuk kasus yang parah, pengidap diabetes yang mengalami masalah mata mata juga dapat mengalami gejala glaukoma, katarak, hingga kebutaan permanen. 

Itulah 7 ciri penyakit gula yang sering diabaikan. Penting untuk mewaspadai ciri-ciri tersebut agar penyakit diabetes dapat diatasi dengan segera. 

Baca juga: Makanan untuk Diabetes dan Yang Harus Moms Hindari

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like