Olahraga harus dilakukan secara rutin agar tubuh Moms tetap sehat. Salah satu hal yang bisa Moms lakukan yaitu dengan latihan kebugaran jasmani. Ada jenis-jenis latihan untuk kebugaran jasmani yang bisa dilakukan di rumah. Penasaran apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

Berikut jenis latihan kebugaran jasmani yang dapat Moms lakukan 

1. Latihan kekuatan

Salah satu faktor yang penting saat melakukan olahraga yaitu kekuatan yang dialami tubuh. Ini bertujuan untuk mengatasi tahanan yang sedang dihadapi. Kekuatan juga merupakan faktor yang diperlukan tubuh untuk melakukan latihan kebugaran yang lainnya.

Latihan kekuatan yang bisa Moms lakukan untuk meningkatkan kekuatan tubuh diantaranya sit up, push up, jogging, atau dengan latihan angkat beban. 

2. Latihan kecepatan 

Salah satu latihan kebugaran jasmani selanjutnya yaitu latihan kecepatan. Latihan ini memungkinkan Moms untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu cepat. 

Ada tiga macam latihan kecepatan yaitu kecepatan bergerak, kecepatan bergerak, serta kecepatan sprint

Latihan kecepatan yang dapat Moms lakukan yaitu berlari dengan durasi dan jarak yang akan meningkat secara bertahap. 

3. Latihan kelenturan

Latihan kebugaran jasmani yang selanjutnya yaitu latihan kelenturan. Latihan ini berguna agar otot tubuh tidak kaku sehingga tubuh dapat bergerak secara leluasa. Selain itu, latihan kelenturan dapat mengurangi resiko cedera saat berolahraga. 

Moms bisa melakukan latihan kelenturan seperti yoga dan juga senam. 

4. Latihan keseimbangan

Latihan keseimbangan akan membuat tubuh Moms selalu berada di posisi yang seimbang sehingga tidak mudah untuk terjatuh. Cara mudah bagi Moms untuk melakukannya yaitu dengan berdiri dengan satu kaki dalam waktu yang ditetapkan. 

5. Latihan daya tahan

Latihan kebugaran jasmani dilakukan agar tubuh dapat menjadi lebih kuat saat melakukan aktivitas. Nah, Moms melatihnya dengan melakukan latihan daya tahan. 

Latihan daya tahan akan membuat kemampuan tubuh menjadi tidak gampang lelah ketika melakukan aktivitas dalam waktu yang lama dan masih memiliki energi untuk melakukan aktivitas lainnya. 

Moms dapat melakukan senam dan latihan angkat beban untuk melatih daya tahan tubuh. 

6. Latihan kelincahan

Latihan kebugaran jasmani yang terakhir yaitu latihan kelincahan. Kelincahan dapat diperoleh dari kecepatan, keseimbangan, serta kekuatan. Beberapa latihan yang bisa dilakukan diantaranya dengan lari dengan pola zig zag atau lari naik turun tangga. 

Itulah 6 jenis latihan yang dapat Moms lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh agar tetap sehat. 

Baca juga: Kebiasaan yang Perlu Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like