Terkadang kita membutuhkan tambahan vitamin untuk menjaga stamina tubuh supaya tidak drop. Lalu pertanyaannya adalah, kapan sebaiknya minum vitamin tersebut? Ada yang mengatakan bahwa minum vitamin harus dilakukan di pagi hari agar energi untuk melakukan aktivitas sepanjang hari tetap terjaga. Tapi ada juga beberapa yang mengatakan bahwa minum vitamin harus dilakukan di malam hari, supaya pada pagi harinya Moms akan merasa segar dan bugar.

Jadi, yang manakah yang benar menurut Moms, kapan sebaiknya minum vitamin, pagi atau malam hari? Berikut jawaban dari pertanyaan tersebut.

Tergantung pada jenis vitaminnya

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan kapan sebaiknya minum vitamin sebenarnya tergantung pada jenis vitamin itu sendiri.

Jika yang dikonsumsi adalah multivitamin, yang merupakan satu tablet dengan kandungan banyak jenis vitamin, maka waktu terbaik untuk mengkonsumsinya adalah di pagi hari setelah selesai sarapan atau makan siang. Multivitamin bagus dikonsumsi di pagi hari disebabkan karena vitamin jenis tersebut adalah zat sintesis yang bisa diserap dengan baik oleh tubuh saat dikonsumsi sesudah makan.

Untuk vitamin yang larut dalam lemak, harus dikonsumsi bersamaan dengan beberapa jenis makanan sumber lemak seperti kacang-kacangan, agar mampu diserap dengan baik oleh tubuh. Contoh vitamin yang akan larut dalam lemak adalah vitamin A, E, D, dan K. Jenis vitamin tersebut baiknya dikonsumsi pada pagi hari.

Untuk vitamin yang larut dalam air, seperti vitamin C dan B, waktu yang tepat untuk mengkonsumsinya tidak perlu bersamaan dengan makanan. Vitamin jenis ini akan terserap dengan baik ke dalam tubuh saat dikonsumsi pada waktu pagi, siang, atau malam hari.

Sesuaikan waktu minum vitamin dengan kondisi

Pada beberapa kasus, sebagian orang mungkin merasa tidur mereka terganggu akibat mengkonsumsi multivitamin sebelum tidur. Hal tersebut menyebabkan mereka jadi lebih sering terbangun pada malam hari dan berakibat kurang tidur. Jika Moms merasa bahwa sesudah mengkonsumsi vitamin di malam hari mengganggu waktu dan kualitas tidur, mungkin sebaiknya Moms mengkonsumsi vitamin pada pada pagi hari.

Baca juga: Alasan Moms Mudah Lupa dan Sulit Mengingat Sesuatu

Perhatikan reaksi vitamin dengan makanan dan obat-obatan

Beberapa jenis vitamin bisa berinteraksi dengan senyawa yang terdapat di dalam makanan atau obat-obatan, yang bisa berpotensi mengganggu penyerapan vitamin itu sendiri. Contohnya adalah Moms sebaiknya tidak minum vitamin yang mengandung zat besi dengan kalsium pada waktu bersamaan. Juga sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan berserat tinggi atau minuman seperti kopi dan teh saat Moms mengkonsumsi suplemen multivitamin ataupun zat besi.

Sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum Moms mengonsumsi vitamin. Tanyakan apakah Moms memerlukan tambahan vitamin atau tidak, dan kapan sebaiknya minum vitamin. Hal tersebut karena seseorang yang membutuhkan suplemen vitamin biasanya memiliki asupan gizi yang tidak seimbang dan mengalami kekurangan vitamin tertentu dalam tubuhnya.

Moms juga sebaiknya mengetahui bagaimana reaksi vitamin dan obat yang dikonsumsi, terutama jika Moms saat ini sedang dalam masa pengobatan atau perawatan. Hal tersebut penting untuk mengetahui apakah reaksi vitamin dan obat yang Moms konsumsi bisa menimbulkan efek berbahaya atau tidak.

Sebagian besar makanan yang Moms makan setiap hari juga sebetulnya sudah diperkaya dengan vitamin. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin harian yang dibutuhkan, Moms bisa lakukan dengan mencukupi kebutuhan gizi seimbang pada makanan yang dikonsumsi.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like