Kelebihan Dari Menstrual Cup Dibandingkan dengan Pembalut

Kelebihan Dari Menstrual Cup

Di Indonesia sendiri, masih jarang wanita yang menggunakan menstrual cup. Selain penggunaannya yang simple, ternyata masih banyak kelebihan dari menstrual cup yang mungkin masih belum Moms ketahui. Nah, sebenarnya apa saja kelebihan dari menstrual cup jika dibandingkan dengan pembalut biasa?

Apa itu menstrual cup dan apa saja kelebihannya? 

Sebelum Moms mengetahui kelebihan dari menstrual cup, sebaiknya cari tahu dulu apa itu menstrual cup dan bagaimana cara memakainya.

Menstrual cup merupakan alat kesehatan berbentuk seperti corong minyak berukuran kecil dan dibuat dari silikon yang aman untuk tubuh. Alat ini berfungsi sama seperti pembalut yaitu untuk menampung darah selama Moms haid. 

Ada 2 ukuran menstrual cup yaitu ukuran untuk Moms yang sudah melahirkan dan ukuran untuk Moms yang belum pernah melahirkan. Tidak seperti pembalut atau tampon yang harus beli baru, penggunaan menstrual cup hanya cukup membeli satu kali dan dapat dipakai dalam jangka waktu panjang yaitu sekitar 10 tahun. Penggunaannya pun dapat dipakai berkali-kali.

Lalu bagaimana cara memakainya? Mudah sekali. Moms hanya perlu memposisikan diri senyaman mungkin, pegang ujung menstrual cup dan lipat hingga berbentuk huruf U, lalu masukkan ke dalam vagina secara perlahan sampai ujungnya.

Kelebihan dari menstrual cup

1. Aman digunakan dan tidak menjadi sampah

Kelebihan dari menstrual cup yang pertama adalah aman untuk digunakan dan tidak akan menjadi sampah yang menumpuk. Tidak sama dengan pembalut, menstrual cup ternyata tidak mengandung bahan pemutih seperti yang ada pada pembalut.

Ditambah, alat kesehatan yang satu ini juga bebas dari pewangi buat yang terbuat dari bahan kimia. Organ intim wanita akan rentan mengalami iritasi dan gatal pada permukaan vagina karena sering terpapar oleh bahan-bahan kimia.

Selain itu, menstrual cup juga dibuat dari bahan silikon aman sehingga dapat Moms gunakan berulang kali. Pemakaiannya yang dapat dipakai lebih dari sekali tentunya akan mengurangi produksi sampah setiap bulannya. Moms pun ikut membantu dalam mengurangi sampah di bumi.

2. Dapat menyesuaikan ukuran sesuai dengan kenyamanan

Kebanyakan orang menganggap bahwa dengan memakai menstrual cup saat sedang haid akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Mungkin pada awal pemakaian Moms akan merasa sedikit sulit, tapi bukan berarti Moms sama sekali tidak bisa memakainya. Moms hanya perlu latihan untuk memakainya.

Soal kenyamanan, kelebihan dari menstrual cup yang bisa Moms rasakan yaitu dapat mengubah ujungnya sesuai dengan kenyamanan. Panjang ujung menstrual cup dapat ditentukan sesuai kenyamanan Moms saat menggunakannya.

Hal ini berfungsi agar Moms merasa nyaman saat beraktivitas seperti berjalan, berenang, atau duduk. Caranya hanya dengan memotong ujung menstrual cup sesuai dengan ukuran serta kenyamanan saat memakainya.

3. Hanya membutuhkan air untuk membersihkannya

Moms akan membutuhkan sabun dan air untuk membersihkan pembalut agar bersih serta tidak meninggalkan noda darah. Moms pun membutuhkan waktu dan sedikit usaha saat membersihkannya. Nah, kelebihan dari menstrual cup yaitu Moms cukup menggunakan air untuk membersihkannya. Sehingga akan lebih mudah untuk membersihkannya.

Baca juga: Hindari Melakukan Hal Ini Saat Sedang Menstruasi

4. Tidak perlu sering menggantinya

Berbeda dengan memakai tampon atau pembalut, saat menggunakan menstrual cup Moms tidak perlu repot untuk mengganti cup-nya. Ini merupakan salah satu kelebihan dari menstrual cup. 

Moms pasti sering merasa cemas soal darah yang keluar secara berlebihan sehingga menimbulkan noda di celana atau rok. Namun, Moms tidak perlu khawatir saat memakai menstrual cup. Karena alat ini bersifat menampung dan bukan menyerap.

Masa untuk menampung darah juga bisa dibilang cukup lama yaitu 5-9 jam dan tergantung sebanyak apa darah yang keluar. Moms hanya perlu mengeluarkan menstrual cup, mengosongkannya, membersihkan dengan air, kemudian memasukkannya kembali ke vagina.

Di hari pertama Moms dapat membersihkan menstrual cup maksimal selama 4 jam sekali yang kemudian akan semakin berkurang saat darah haid yang keluar semakin sedikit.

Baca juga: Konsumsi Obat untuk Darah Rendah Berikut Bagi Moms Penderita Hipotensi

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x