Pada dasarnya setiap orang dewasa memiliki libido atau nafsu seks. Namun terkadang kita mengalami gairah seks yang menurun. Jika gairah seks Moms menurun dan terjadi dalam waktu yang cukup lama, hal tersebut bisa menunjukan adanya beberapa masalah yang Moms miliki. Penasaran ingin tahu kenapa gairah seks menurun?

Jika Moms mengalami penurunan gairah seks, bukan berarti Moms tidak memiliki libido. Saat libido sedang rendah, Moms biasanya tidak tertarik untuk melakukan hubungan seks dengan pasangan. 

Perlu dicatat bahwa penurunan libido yang berlangsung dalam waktu lama atau terus berulang, bisa menandakan adanya masalah kesehatan, gaya hidup, masalah pribadi, atau masalah dalam hubungan.

Ciri-ciri gairah seks menurun

Sebelum mengetahui kenapa gairah seks menurun, baiknya kita mengetahui ciri-ciri adanya penurunan libido  di bawah ini:

  1. Tidak mempunyai keinginan untuk melakukan hubungan seksual, ataupun masturbasi.
  2. Tidak mempunyai atau jarang merasakan adanya hasrat atau fantasi seksual.
  3. Terganggu dengan kondisi kurangnya hasrat atau fantasi seksual yang dirasakan.

Jika Moms mengalami salah satu atau ketiga tanda tersebut, ada kemungkinan Moms memang mengalami penurunan libido. Lalu pertanyaan berikutnya adalah, kenapa gairah seks menurun?

Yang menyebabkan libido wanita menurun

Ada 4 faktor utama penyebab libido wanita bisa menurun, yaitu adanya perubahan hormon, penyebab dari sisi psikologis, penyebab dari sisi fisik, dan adanya masalah dalam hubungan.

1. Adanya perubahan hormon

Salah satu penyebab kenapa gairah seks menurun adalah berubahnya tingkat hormon dalam tubuh, seperti:

  • Memasuki masa menopause

Memasuki masa menopause biasanya berakibat dalam menurunnya kadar estrogen yang dapat menyebabkan penurunan minat dalam berhubungan seks, juga membuat vagina menjadi kering yang berujung pada rasa tidak nyaman saat berhubungan seks. Namun, banyak wanita yang tetap bisa menikmati seks yang memuaskan meski sudah memasuki masa menopause.

  • Masa kehamilan dan menyusui 

Selama masa masa kehamilan, melahirkan, dan menyusui kadar hormon wanita juga berubah. Namun hal itu bukan satu-satunya penurun libido wanita pada masa tersebut. Stres, kelelahan, adanya perubahan bentuk tubuh, pada masa kehamilan dan sesudah melahirkan juga dapat mempengaruhi gairah seksual.

2. Penyebab dari sisi psikologis

Sisi psikologis juga dapat menjadi penyebab kenapa gairah seks menurun, termasuk:

  • Stres karena masalah pribadi seperti keuangan atau pekerjaan
  • Adanya kecemasan berlebihan atau depresi
  • Menurunnya tingkat kepercayaan diri
  • Trauma pada pengalaman seksual seperti kekerasan fisik atau kekerasan seksual

3. Penyebab dari sisi fisik

Berbagai macam perubahan fisik, penyakit, dan obat-obatan dapat menyebabkan turunnya hasrat seks, yaitu:

  • Masalah yang berkaitan dengan aktivitas seksual. 

Jika Moms mengalami rasa sakit saat berhubungan seks atau kesulitan untuk orgasme, hal tersebut bisa menurunkan gairah untuk melakukan seks lagi.

  • Adanya penyakit medis 

Terdapat beberapa penyakit non-seksual yang dapat memengaruhi keinginan untuk melakukan seks, seperti tekanan darah tinggi, kanker, diabetes, artritis, penyakit saraf, atau penyakit arteri koroner.

  • Konsumsi obat-obatan tertentu 

Beberapa resep obat-obatan dapat menimbulkan efek samping turunnya libido, contohnya adalah obat antidepresan dan anti kejang.

  • Penggunaan alat kontrasepsi 

Terdapat beberapa kasus dimana wanita merasakan penurunan nafsu seks sesudah menggunakan alat kontrasepsi. Beberapa kontrasepsi yang bisa mempengaruhi gairah seks adalah pil gabungan, cincin vagina, injeksi Depo-Provera, pil progestogen, atau kontrasepsi implan.

  • Pengaruh gaya hidup 

Gaya hidup tidak sehat juga dapat menjadi penyebab kenapa gairah seks menurun. Misalnya jika Moms banyak mengonsumsi alkohol, atau menggunakan narkoba. Merokok juga dapat dapat menurunkan tingkat kelancaran aliran darah dan meredam libido.

  • Habis melakukan operasi 

Tindakan operasi yang berkaitan dengan bagian dada dan alat kelamin, dapat menimbulkan efek menurunnya fungsi seksual, juga hasrat untuk berhubungan seks.

  • Kelelahan pada tubuh 

Rasa lelah juga dapat berpengaruh terhadap rendahnya libido. Baik itu adalah rasa capek sesudah beraktivitas seharian, atau yang disebabkan oleh penyakit atau sesudah melakukan operasi besar.

4. Adanya masalah dalam hubungan

Kebanyakan wanita perlu mempunyai kedekatan secara emosional dengan pasangan sebelum melakukan hubungan seksual. Oleh karena itu, adanya masalah dalam hubungan juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan rendahnya gairah seks.

Penyebab kenapa gairah seks menurun bisa jadi merupakan hasil dari adanya masalah dalam hubungan yang sedang berlangsung, seperti:

  • Pasangan yang berselingkuh
  • Adanya masalah yang belum diselesaikan secara tuntas
  • Komunikasi yang buruk
  • Preferensi seksual yang berbeda

Jika Moms mengalami penurunan gairah seks meskipun tidak memiliki penyebab seperti yang telah dijelaskan di atas, sebaiknya Moms segera menghubungi dokter.

Baca juga: Bagaimana Agar Bisa Orgasme Berkali-kali?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like