Ketika kepala terasa berat, aktivitas sehari-hari Moms pasti akan terganggu. Apabila Moms mengalami kondisi ini, lebih baik konsultasikan dengan dokter agar kegiatan Moms tidak terhalang lagi. Tapi sebelumnya, Moms harus mengetahui apa saja hal yang menyebabkan kondisi ini terjadi sehingga dokter dapat menangani sesuai dengan penyebabnya. 

Apa yang menyebabkan kepala terasa berat?

1. Otot tegang

Ketika otot di leher atau kepala mengalami cedera, Moms akan merasakan nyeri dan tegang. Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab kondisi ini terjadi. Biasa cedera ini diakibatkan karena benturan saat olahraga, mengangkat benda yang berat dengan postur yang salah, hingga kecelakaan. Selain itu, kebiasaan menatap layar laptop seharian juga bisa menjadi penyebabnya, lho. 

2. Sakit kepala sinus

Penyebab kepala terasa berat yang selanjutnya yaitu sinus. Kondisi ini terjadi ketika saluran sinus pada bagian depan wajah mengalami pembengkakan. Pada umumnya, pembengkakan sinus terjadi karena bakteri dan virus yang masuk. 

3. Kelelahan

Jangan pernah memaksakan untuk beraktivitas ketika Moms merasa lelah. Karena, bukan hanya disebabkan karena aktivitas yang berlebihan, kelelahan juga bisa disebabkan oleh anemia, penyakit jantung, malnutrisi, dan dehidrasi. 

Biasanya, saat Moms sedang merasa lelah yang berlebihan, hal ini akan membuat Moms sulit untuk mengangkat kepala. Maka tidak heran jika orang-orang yang kelelahan merasa hanya ingin rebahan. Karena rasa lelah ternyata juga dapat membuat kepala terasa berat. 

4. Gangguan cemas

Bukan hanya penyakit fisik, kepala terasa berat juga bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan mental seperti gangguan kecemasan. Gangguan kecemasan dapat menyebabkan kepala tegang yang mana akan membuat kepala menjadi berat. 

5. Migrain

Penyebab terakhir kepala terasa berat yaitu migrain. Migrain dapat menyebabkan munculnya beberapa gejala seperti leher kaku, rasa lelah, sensitif pada suara dan cahaya, serta mual muntah. Biasanya, gejala leher kaku dan sakit yang disebabkan oleh migrain menjadi salah satu alasan kondisi ini terjadi. 

Bagaimana cara mengobatinya?

Pengobatan yang dilakukan tentunya tergantung dengan penyebabnya. Jika kondisi kepala terasa berat disebabkan karena dehidrasi, kelelahan, dan malnutrisi, dokter akan menyarankan Moms untuk beristirahat, minum air teratur, dan mengonsumsi makan-makanan sehat. 

Selain itu, dokter juga dapat memberikan Mosm resep untuk berbagai macam obat berikut ini: 

  • Obat vertigo 
  • Obat pencegah migrain
  • Obat gangguan kecemasan 
  • Obat anemia 

Dan untuk penyebab seperti tumor otak, dokter akan mendiskusikan soal jenis pengobatan apa yang terbaik, contohnya seperti melakukan operasi pengangkatan tumor. 

Baca juga: 7 Gejala Asam Lambung Naik Agar Dapat Diatasi dengan Tepat

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like