Salah satu tanda daya tahan tubuh lemah yaitu tubuh yang mudah terserang oleh berbagai penyakit. Sistem imun merupakan pelindung tubuh dari berbagai serangan virus dan juga penyakit. Maka dari itu, Moms perlu menerapkan gaya hidup yang sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi serta rajin berolahraga. 

Selain rentan sakit dan mudah merasa lelah, ada beberapa tanda yang perlu Moms ketahui. Berikut ini informasi selengkapnya. 

Beberapa tanda daya tahan tubuh lemah

Hingga sekarang, diketahui ada sekitar 80 penyakit yang disebabkan karena adanya masalah sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, sangat penting bagi Moms untuk mengenali beberapa tandanya berikut ini:

1. Mudah lelah

Moms merasa sangat lelah seperti saat mengalami flu? Kondisi ini bisa saja menjadi tanda bahwa sesuatu terjadi dengan sistem kekebalan tubuh. Dengan tidur atau istirahat saja tidaklah membantu.  

Tanda-tanda lain yang menyertai yaitu otot atau sendi yang terasa sakit. Bahkan mungkin saja ada beberapa alasan lain dibalik tubuh Moms yang terasa lelah. 

2. Demam ringan

Tanda daya tahan tubuh lemah selanjutnya yaitu demam ringan. Apabila suhu tubuh Moms lebih tinggi daripada biasanya, maka kemungkinan sistem kekebalan tubuh sudah mulai bekerja terlalu keras. Hal ini dapat terjadi karena tubuh akan mengembangkan infeksi. 

3. Tangan dingin

Awal dari tanda daya tahan tubuh lemah bisa saja dengan beberapa anggota tubuh Moms seperti telinga, hidung, jari tangan, dan kaki yang terasa hangat karena pembuluh darah yang meradang. Lalu kulit pada area tersebut bisa berubah menjadi pucat, membiru, dan terasa dingin. Kulit akan memerah kembali ketika aliran darah sudah kembali normal. 

4. Infeksi yang berulang

Apabila Moms mewajibkan minum antibiotik lebih dari dua kali dalam setahun dan empat kali untuk anak-anak, maka kemungkinan tubuh Moms tidak dapat menyerang kuman secara baik. 

Masalah kesehatan yang lain yaitu infeksi sinus kronis, infeksi telinga sebanyak empat kali atau lebih dalam satu tahun (bagi siapa saja yang berusia lebih dari 4 tahun), ataupun menderita pneumonia lebih dari sekali. 

Baca juga: Apakah Detak Jantung Moms Normal? Bagaimana Cara Mengukurnya?

5. Ruam pada kulit 

Kulit merupakan pertahanan pertama tubuh dalam melawan kuman. Kondisi kulit Moms bisa mencerminkan baik atau tidaknya sistem kekebalan tubuh dalam melakukan fungsinya dalam mencegah berbagai ancaman penyakit. 

Jika kulit terasa kering, gatal, dan juga merah ini merupakan pertanda daya tahan tubuh lemah. Ruam kulit ini akan terasa menyakitkan dan mungkin saja tidak kunjung sembuh. 

6. Sakit kepala

Bukan hanya disebabkan karena migrain atau telat makan, pada beberapa kasus, sakit kepala bisa dihubungkan dengan tanda daya tahan tubuh lemah. 

7. Sering mengalami pilek

Mengalami pilek sebanyak dua atau tiga kali dalam setahun merupakan hal yang sangat normal untuk orang dewasa. Kebanyakan akan sembuh dalam kurun waktu 7-10 hari.

Selama kurun waktu tersebut, diperlukan tiga sampai empat hari bagi sistem kekebalan tubuh untuk mengembangkan antibodi serta melawan kuman. 

Namun, jika Moms terus-terusan mengalami pilek atau flu dan tidak kunjung sembuh, itu merupakan salah satu tanda daya tahan tubuh lemah. 

Baca juga: Obat Sakit Kepala Alami yang Efektif Redakan Nyeri

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like