Makanan yang memiliki kandungan protein tinggi tentu sangat baik bagi kesehatan tubuh. Protein memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Protein dibutuhkan manusia karena berfungsi untuk memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh. Yuk ketahui beberapa makanan sumber protein tinggi berikut ini!

Makanan Sumber Protein Tinggi

Telur

Telur utuh merupakan salah satu pilihan makanan sehat dan bergizi. Kandungan protein yang terdapat dalam satu butir telur besar mencapai sekitar 6 gram dan 78 kalori. Selain memiliki kandungan protein dan kalori, bahan makanan ini juga memiliki berbagai kandungan vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan, dan termasuk nutrisi yang baik untuk otak.

Dada ayam adalah salah satu makanan sumber protein tinggi

Apakah Moms penggemar ayam? Dada ayam merupakan salah satu makanan paling populer yang memiliki kandungan protein tinggi. Apabila Moms mengonsumsinya tanpa kulit, sebagian besar kalori berasal dari protein. Memasak dada ayam juga bukan merupakan hal yang sulit. Dada ayam dapat Moms sajikan dengan berbagai resep. Kandungan protein yang terletak dalam satu potong dada ayam rata-rata mencapai 53 gram dan hanya terdiri dari 284 kalori.

Kacang almond

Makanan sumber protein tinggi yang berikutnya adalah almond. Kacang almond memiliki kandungan protein 6 gram dan 164 kalori per 1 ons atau 28 gram bahan. Kacang almond juga memiliki banyak nutrisi penting, termasuk serat, vitamin E, mangan, dan magnesium.

Oat

Oat merupakan salah satu makanan biji-bijian yang memiliki sumber protein tinggi dan sangat baik bagi kesehatan. Oat memiliki kandungan serat sehat, magnesium, mangan, tiamin (vitamin B1), dan beberapa nutrisi lainnya. Kandungan protein yang terdapat dalam oat sendiri mencapai 11 gram dalam takaran satu mangkuk (236 ml).

Greek yoghurt

Greek yoghurt merupakan salah satu jenis yogurt yang sangat kental. Greek yogurt mempunyai tekstur yang lembut dan kaya akan nutrisi. Kandungan protein yang terdapat dalam greek yogurt mencapai 17 gram per 6 ons (170 gram) bahan. Ketika membeli greek yogurt, sebaiknya Moms pilih yang tanpa tambahan gula untuk mengurangi asupan kalori atau gula dalam tubuh.

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran sehat yang memiliki kandungan vitamin C, vitamin K, serat, dan kalium. Sayuran hijau yang satu ini juga menyediakan nutrisi bioaktif yang bisa membantu tubuh dari serangan kanker. Protein yang terkandung pada brokoli sendiri mencapai 3 gram per 96 gram bahan.

Baca Juga: 5 Sayuran Tinggi Protein yang Baik untuk Kesehatan

Susu merupakan makanan sumber protein tinggi

Susu merupakan produk pangan sumber protein berkualitas tinggi. Susu juga memiliki kandungan kalsium, fosfor, dan riboflavin (vitamin B2) yang tinggi. Akan tetapi, apabila Moms khawatir dengan asupan lemak dalam susu, Moms dapat memilih mengonsumsi susu rendah atau nol lemak. Bagi Moms yang ingin minum susu namun tidak dapat mentolerir atau mengikuti diet nabati murni, Moms dapat mengonsumsi susu kedelai sebagai alternatif. Kandungan protein yang terdapat dalam susu sapi umumnya dapat mencapai 8 gram dalam satu cangkir (236 ml). Berbeda dengan susu kedelai, kandungan protein pada susu kedelai dapat mencapai 6,3 gram per cangkir (236 ml).

Tuna

Makanan yang memiliki sumber protein tinggi berikutnya adalah ikan tuna. Banyak orang yang gemar dengan ikan yang satu ini. Hal ini karena, ikan ini dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, baik dipanggang atau menjadi bahan campuran salad. Protein yang terkandung pada ikan tuna mencapai 27 gram per 142 gram bahan (ikan tuna yang dalam kemasan kaleng). Tidak hanya mengandung banyak protein, ikan tuna juga merupakan salah satu makanan yang rendah lemak dan kalori. Sama dengan ikan lainnya, tuna juga menjadi makanan sumber nutrisi yang baik dan memiliki kandungan lemak omega-3. Nah, makin semangat untuk konsumsi ikan yang satu ini Moms?

Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak termasuk bahan makanan yang memiliki kandungan sumber protein tinggi. Daging sapi juga merupakan sumber zat besi, vitamin B12, dan beberapa nutrisi penting lainnya. Daging sapi tanpa lemak memiliki kandungan protein sebesar 25 gram per 3 ons (85 gram) gram bahan. Pada steak sirloin tanpa lemak, kandungan protein yang terdapat didalamnya mencapai 186 kalori per 85 gram bahan. Dengan demikian, daging sapi cocok dikonsumsi bagi Moms yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat.

Udang merupakan makanan sumber protein tinggi

Perlu Moms ketahui bahwa udang termasuk bahan makanan sumber protein tinggi. Protein yang terdapat pada udang mencapai 20 gram per 3 ons atau 85 gram bahan. Tidak hanya protein, udang juga banyak mengandung nutrisi lain, seperti selenium dan vitamin B12. Selain itu, seperti ikan, udang juga memiliki kandungan asam lemak omega-3.

Itulah berbagai makanan yang memiliki sumber protein tinggi yang baik bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Protein Harian dengan Mengonsumsi Makanan Berikut

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like