Kencur telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu bumbu dapur sebagai penyedap masakan. Selain itu, kencur yang mempunyai nama latin Kaempferia galanga L. ini juga kerap digunakan sebagai bahan baku membuat jamu kesehatan. Kencur memang merupakan jenis empon yang kaya akan kandungan minyak atsiri dan senyawa alkaloid yang berkhasiat obat. Apa saja manfaat kencur untuk kesehatan? Simak penjelasan berikut.

Dalam rimpang kencur terkandung beragam senyawa kimia yang penting sebagai obat herbal. Kandungan senyawa itu diantaranya berupa unsur mineral 13,73 persen, zat tepung atau pati 4,14 persen, dan minyak atsiri sekitar 0,02 persen. Senyawa dalam minyak atsiri kencur bahkan ada cukup banyak, antara lain asam metil kanil dan penta dekaan, asam sinamat, asam anisat, sineol, etil ester, paraeumorin, borneol, kamphene, gom, dan unsur alkaloid. Selain itu, ekstrak kencur juga dapat memberikan efek antiinflamasi, antioksidan, dan bersifat analgesik (pereda nyeri). Banyaknya senyawa aktif atau bahan yang terkandung, membuat kencur kaya akan manfaat kesehatan.

Mencegah kanker 

Melansir Buku 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan (2018) oleh Yusuf CK Arianto, rimpang kencur juga memiliki kandungan etil p-metoksisinamat yang mampu menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler yang berfungsi sebagai antikanker. Aroma kencur yang berasal dari kandungan etil p-metoksisinamat dan etil cinnamate juga mampu memberikan efek menenangkan.

Mengobati penyakit akibat bakteri

Ekstrak methanol dari kencur sangat efektif dalam menangkal dan mengatasi bakteri, termasuk bakteri yang menyebabkan penyakit sistem saraf pusat yang dinamakan granulomatous amoebic encephalitis. Kencur juga dapat membunuh amoebic keratitis, bakteri yang menjadi penyebab infeksi pada kornea mata, maupun dalam mengatasi cacing parasit penyebab penyakit toksokariasis. 

Mengobati kencing batu 

Kandungan senyawa dalam ekstrak kencur memiliki khasiat dalam mengobati penyakit kencing batu. Untuk memanfaatkannya, Moms tinggal ambil dan cuci dua rimpang kencur, kemudian parut untuk dicampur dengan segelas air hangat. Setelah diaduk rata, hasil parutan kencur disaring dan tambahkan sedikit garam untuk diminum secara teratur sehari sekali saja.

Mengobati diare 

Ekstrak kencur yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan berkhasiat dalam menyembuhkan gangguan pencernaan dan diare. Agar dapat memperoleh manfaat kencur untuk kesehatan ini, Moms hanya tinggal ambil dan bersihkan dua rimpang kencur dan dua siung bawang merah, lalu tumbuk hingga halus. Bungkus ramuan tersebut menggunakan daun pisang, dan letakkan di atas api agar hangat, kemudian taruh atau balurkan pada perut yang sakit. 

Mengobati masuk angin dan flu 

Manfaat kencur untuk kesehatan selanjutnya, yaitu dapat sangat ampuh untuk mengobati masuk angin maupun flu. Moms dapat terlebih dahulu menumbuk halus sebuah rimpang kencur dan dua lembar daun kemukus. Kemudian ditambahkan sedikit air hangat, ramuan ini dapat Moms gunakan sebagai inhaler. Ramuan dapat dioleskan di sekitar hidung atau dibungkus dulu kain agar baunya bisa dihisap hidung.

Melegakan tenggorokan dan mengobati batuk 

Manfaat kencur untuk kesehatan juga bisa mengencerkan dahak, melegakan tenggorokan, dan menyembuhkan batuk, terutama untuk anak-anak. Seperti yang telah diketahui, kencur dapat memberikan efek antiinflamasi, antioksidan, dan bersifat analgesik. Ambillah satu jari rimpang kencur segar, selanjutnya bersihkan dan parut. Kemudian peras hasil parutan kencur dan masukkan ke dalam sendok. Tambahkan sedikit madu dan berikan pada anak atau balita yang sedang mengalami batuk.

Mengatasi muntah-muntah

Kencur memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu dapat mengatasi muntah-muntah. Ambilah 1,5 jari kencur yang masih segar, lalu cuci hingga bersih.   Berikan kencur tersebut kepada orang yang menderita muntah-muntah untuk dikunyah bersama dengan sedikit garam. Setelah dikunyah halus, kencur ditelan. Lakukan langkah ini 2 kali sehari sampai penderita merasa lega. 

Meningkatkan nafsu makan 

Kencur baik diberikan kepada anak-anak yang mempunyai masalah susah makan. Kencur mempunyai manfaat karminatif yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Moms dapat menjadikan kencur sebagai bahan tambahan dalam masakan atau dijadikan minuman jamu. 

Penurun kolesterol 

Manfaat kencur untuk kesehatan lainnya, yaitu mampu menurunkan kolesterol. Hal ini karena ekstrak etanol yang terkandung dalam rimpang kencur dilaporkan dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Namun, manfaat kencur sebagai makanan penurun kolesterol ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. 

Mengatasi infeksi jamur

Tidak hanya dapat mengobati penyakit akibat bakteri, kencur dipercaya dapat juga mengatasi infeksi jamur. Ekstrak kencur terutama dapat membantu menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans yang biasanya hidup di dalam tubuh, seperti saluran pencernaan, mulut, dan vagina.

Baca Juga: Ketahui Cara Mengobati Asam Lambung dengan Kunyit

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like