Perasaan kecewa, sedih, dan marah merupakan hal yang normal untuk dirasakan. Berbagai emosi yang Moms rasakan akan mempengaruhi tindakan yang nantinya Moms lakukan. Apabila Moms tidak mengetahui bagaimana cara mengendalikan emosi sendiri, hal ini bisa saja merugikan diri sendiri dan juga orang lain. Lantas, apa yang bisa Moms lakukan agar dapat mengendalikan emosi? Simak penjelasannya berikut ini!

Lakukan beberapa hal ini sebagai cara mengendalikan emosi 

1. Berpikir dan bersikap positif 

Moms mungkin tidak mampu mengubah situasi buruk yang sedang terjadi, nah salah satu cara mengendalikan emosi yang dapat Moms lakukan yaitu dengan mengubah sudut pandang terhadap situasi yang sedang terjadi. Misalnya saat Moms mendapat banyak kritik dari rekan kerja, sebisa mungkin cobalah pikirkan sisi positif dari kritikan yang Moms terima. Kritikan tersebut akan bermanfaat untuk pertumbuhan karier Moms kedepannya. 

2. Hindari situasi yang dapat memicu emosi negatif 

Cara mengendalikan emosi yang dapat Moms terapkan selanjutnya yaitu dengan menghindari situasi yang mampu memicu emosi negatif. Contohnya, apabila Moms merasa kesal karena terjebak macet saat terburu-buru, cobalah untuk mengatur waktu agar berangkat lebih awal sehingga tidak terjebak macet. 

Contoh lainnya, jika Moms merasa emosi karena melihat media sosial atau saat sedang bersama orang tertentu, sebaiknya Moms beristirahat sejenak dari sosial media atau tidak bertemu dengan orang tersebut. 

3. Melakukan aktivitas yang menyenangkan 

Ada banyak aktivitas yang dapat Moms lakukan agar membawa pengaruh positif kepada diri Moms, diantaranya yaitu: 

  • Berolahraga. Moms bisa melakukan aerobik atau yoga sebagai latihan fisik yang bermanfaat untuk kesehatan mental. 
  • Mempelajari skill baru. Dengan mempelajari kemampuan baru seperti belajar alat musik atau bahasa akan menambah kepercayaan diri Moms. Ini bisa menjadi salah satu cara mengendalikan emosi. 
  • Menjaga komunikasi dengan orang-orang terdekat, seperti sahabat atau keluarga. 
  • Memberikan bantuan atau senyum kepada orang lain. Moms dapat mengikuti aktivitas bakti sosial, donor darah, atau menjadi relawan. 

Apabila emosi Moms sedang terganggu, tubuh pun akan menjadi rentan terhadap berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi. 

Cobalah untuk menerapkan tiga cara mengendalikan emosi di atas ketika Moms sedang merasa marah akan suatu hal atau situasi untuk menjaga kesehatan mental. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Cara Hidup Bahagia yang Bisa Moms Terapkan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like