Ketahui Cara Mengobati Asam Lambung dengan Kunyit

Kunyit Asam Lambung

Kunyit sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satunya yaitu sebagai obat penyakit asam lambung alami. Lalu, apa saja manfaat kunyit yang dapat Moms peroleh untuk mengatasi asam lambung? Simak penjelasan berikut.

Manfaat kunyit untuk asam lambung 

Kunyit mengandung banyak senyawa antiperadangan dan antioksidan. Dalam pengobatan tradisional China dan Ayurveda, kunyit digunakan untuk mengatasi nyeri haid, radang sendi, serta meningkatkan fungsi pencernaan dan hati. Kunyit juga umum dimanfaatkan untuk mengatasi gejala heartburn karena asam lambung naik, radang, dan sakit perut. Bahan aktif curcumin memiliki peran besar dalam memberikan berbagai manfaat kunyit untuk kesehatan. Curcumin merupakan antioksidan polifenol. Antioksidan tersebut berperan sebagai agen antivirus, antibakteri, dan potensial sebagai antikanker.

Walaupun banyak orang menggunakan obat tradisional kunyit, akan tetapi belum ada studi khusus pada manusia yang menguji efektivitasnya untuk penyakit asam lambung. Meski begitu, terdapat studi yang mengaitkan manfaat tak langsung kunyit untuk mengatasi penyakit asam lambung naik atau gastroesophageal reflux disease (GERD). 

Penelitian pada 2007 menunjukkan, GERD dan penyakit asam lambung diakibatkan peradangan dan stres oksidatif. Dari studi tersebut, cara mengobati asam lambung dan GERD memerlukan penggunaan zat dengan kandungan antioksidan dan antiinflamasi. Studi laboratorium terpisah pada 2011 juga menunjukkan, zat antiinflamasi curcumin dapat mencegah peradangan esofagus. Dengan begitu, kunyit dan ekstrak curcumin potensial digunakan sebagai obat asam lambung alami.

Cara membuat kunyit untuk asam lambung cukup mudah. Moms cukup gunakan batang atau rimpang kunyit yang telah dikeringkan kemudian ditumbuk menjadi bubuk. Gunakan bubuk kunyit tersebut untuk membuat minuman atau campuran memasak. Menurut Web MD, dosis kunyit yang dianjurkan untuk mengobati asam lambung adalah 500 miligram curcumin, atau setara dengan 1/2 sendok teh bubuk kunyit per hari. Hal yang perlu Moms ingat bahwa tubuh manusia tidak mudah menyerap kunyit. Kunyit diekstrak dengan cepat oleh hati dan dinding usus.

Salah satu cara untuk meningkatkan penyerapan kunyit dapat Moms campurkan dengan lada hitam. Akan tetapi jangan berlebihan dalam menggunakan lada hitam. Hal ini karena, beberapa penderita asam lambung sensitif dengan lada dan asupan pedas lainnya. Konsumsi kunyit berlebihan sampai 1.500 miligram curcumin atau 1,5 sendok teh bubuk kunyit dapat menimbulkan berbagai efek samping. Efek samping penggunaan kunyit berlebihan dapat mengakibatkan mual, diare, dan alergi pada kulit.

Risiko dan peringatan

Sebelum Moms menggunakan kunyit, pastikan Moms sudah berkonsultasi dengan dokter, terutama bagi pemilik penyakit penyerta. Kunyit adalah zat pengencer darah alami. Moms tidak disarankan mengonsumsi kunyit jika sedang minum obat pengencer darah atau akan menjalani operasi. Kunyit juga dapat menurunkan gula darah, menurunkan tekanan darah, dan terkadang menyebabkan efek samping pada penderita kandung empedu. Bagi ibu hamil dan menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi kunyit secara berlebihan. Apabila Moms sedang menjalani pengobatan apapun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengobati asam lambung dengan kunyit.

Nah, itu dia beberapa manfaat kunyit. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Baca Juga: Tenggorokan Gatal Terus Menerus, Apa Penyebabnya?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x