Menjaga kesehatan mata merupakan hal penting yang harus Moms lakukan. Karena, bagian tubuh yang satu ini termasuk ke dalam golongan penting untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Namun sayangnya tidak banyak orang yang mempunyai kesadaran tinggi untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini nantinya dapat meningkatkan resiko terjadinya gangguan pada penglihatan, lho. 

Ketika mata sudah mulai mengalami gangguan, tidak mudah untuk mengatasinya. Bahkan ada beberapa jenis kerusakan mata yang memiliki dampak negatif. Padahal, mudah untuk menjaga kesehatan mata. Penasaran apa saja yang bisa Moms lakukan? Simak penjelasannya berikut ini. 

Beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata 

  1. Mengonsumsi makanan sehat 

Mengonsumsi makanan sehat sehari-hari dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata, lho. Moms bisa rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, E, asam lemak omega-3, lutein dan zink. Moms bisa mendapatkan vitamin-vitamin tersebut dari sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, tuna, jeruk, dan juga blackberry

  1. Berhenti merokok

Bukan hanya mengganggu kesehatan paru-paru dan jantung, kebiasaan merokok ternyata juga dapat memicu gangguan pada mata. Asap rokok yang mengenai mata dapat meningkatkan resiko terjadinya katarak, degenerasi makula, hingga kerusakan saraf optik yang bisa menyebabkan terjadinya kebutaan serta merusak retina mata. 

  1. Menggunakan kacamata pelindung

Menjaga kesehatan mata selanjutnya yang bisa Moms lakukan yaitu dengan menggunakan kacamata ketika sedang beraktivitas di depan komputer atau di luar ruangan. Moms bisa menggunakan kacamata anti-radiasi apabila harus bekerja dalam waktu lama di depan komputer. Dan jika sedang beraktivitas di bawah terik matahari, usahakan untuk selalu menggunakan kacamata hitam. Karena, menggunakan kacamata hitam dapat membantu menghambat paparan sinar ultraviolet dari matahari. 

  1. Istirahat dari komputer

Terlalu lama menatap layar laptop atau komputer mampu meningkatkan resiko kerusakan mata. Karena mata akan menjadi kering, tegang, pandangan menjadi kabur, sakit kepala, nyeri leher, sakit pada punggung dan bahu, hingga sulit fokus saat menatap kejauhan. Cara untuk menjaga kesehatan mata yang bisa dilakukan adalah dengan mengalihkan pandangan setiap 20 menit. Cobalah untuk menatap objek yang jauh, bertujuan untuk mengurangi ketegangan pada mata. 

  1. Rutin melakukan pemeriksaan mata 

Cara untuk menjaga kesehatan mata yang terakhir yaitu dengan rutin melakukan pemeriksaan mata. Hal ini dilakukan untuk memeriksa kondisi mata sehingga jika terdapat gangguan yang muncul dapat segera dideteksi. Moms disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin setidaknya 2 tahun sekali. 

Selain itu, ada juga tips tambahan lainnya. Apabila mata berubah merah atau terasa gatal, segera atasi dengan mengompres air dingin atau dengan obat tetes mata. Apabila Moms merasa ada butiran pasir di mata, segera bilas menggunakan air bersih. 

Baca juga: Tanda-tanda Mata Minus Pada Orang Dewasa dan Anak-anak

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like