Ketahui Ciri-ciri Orang Depresi Berikut Ini!

Ciri-ciri Orang Depresi

Rasa depresi dan sedih merupakan dua hal yang berbeda, lho. Secara sekilas, kedua kondisi ini memang terlihat sama, namun ciri-ciri orang depresi berbeda dengan ciri-ciri orang yang mengalami rasa sedih. 

Rasa sedih adalah reaksi normal ketika Moms mengalami sesuatu yang membuat stres atau mengecewakan. Ketika merasa sedih, biasanya Moms akan menyalurkannya lewat tangisan, mengutarakan rasa frustasi, dan lain-lain. 

Apabila rasa sedih ini berlangsung terus-menerus selama lebih dari dua minggu hingga mengganggu aktivitas, hal ini bisa menjadi salah satu ciri-ciri orang depresi. 

Ciri lain yang terlihat yaitu hilangnya minat yang dulu pernah dianggap menyenangkan. 

Ingin tahu lebih tentang cara mengenali orang yang sedang mengalami depresi? Simak ulasannya di bawah ini. 

Berikut ini ciri-ciri orang depresi

Ciri-ciri orang depresi juga bisa dirasakan oleh orang yang sedang merasa sedih, namun  gejala yang dirasakan tidak lebih dari dua minggu. Berikut ini hal-hal yang mungkin terlihat ketika orang mengalami depresi, diantaranya:

  • Merasa kelelahan
  • Perasaan sedih yang terjadi secara terus-menerus
  • Mudah merasa kesal
  • Rasa bersalah yang mendalam dan tanpa alasan
  • Perasaan tidak berguna
  • Sulit untuk berkonsentrasi
  • Kehilangan minat terhadap hal-hal yang membuat senang
  • Mengalami gejala fisik tanpa penyebab, seperti sakit kepala
  • Berpikir tentang kematian secara terus-menerus
  • Pemikiran dan percobaan untuk bunuh diri
  • Perubahan pola makan dan tidur

Perlu Moms ketahui bahwa pemikiran serta percobaan untuk bunuh diri hanya dialami oleh orang dengan depresi yang berat. 

Baca juga: Cara Mengatasi Rasa Kesepian bagi Moms yang Sering Merasa Kesepian

Bagaimana cara mengatasi depresi?

Setelah Moms mengetahui apa saja ciri-ciri orang depresi, Moms bisa mencoba membantu orang sekitar yang mungkin mengalami ciri-ciri di atas. Di beberapa kasus, orang yang sedang mengalami depresi tidak menyadari bahwa mereka mengalami depresi. Oleh karena itu, penting untuk membantunya. 

Berikut ini beberapa hal yang  bisa Moms lakukan untuk membantu:

  • Berbicara dengan orang yang sedang mengalami depresi. Agar bisa menjangkau penderita, hal yang harus dilakukan yaitu dengan berbicara soal kondisinya. 
  • Edukasi orang yang mengalami depresi. Beritahu bahwa kondisi yang dialami merupakan kondisi yang membutuhkan penanganan dan bukanlah sesuatu yang memperlihatkan kelemahan. 
  • Mendukungnya untuk melakukan konsultasi. Merujuk penderita ke dokter serta ahli kesehatan mental lainnya dan membantunya menjadwalkan pertemuan. Moms juga bisa membantu penderita membuat daftar pertanyaan yang akan ditanyakan pada dokter atau ahli kesehatan mental dan menemaninya ketika pertemuan.

Depresi bukanlah kondisi yang bisa hilang dengan sendirinya dan butuh penanganan khusus. Segera lakukan konsultasi dengan psikiater atau psikolog apabila Moms atau orang terdekat mengalami ciri-ciri orang depresi di atas, khususnya jika Moms atau orang terdekat mempunyai pemikiran untuk bunuh diri atau pernah melakukan percobaan bunuh diri. 

Baca juga: Tips Hilangkan Rasa Cemas yang Berlebihan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x