Ketahui Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Bersepeda

Menikmati pemandangan alam sambil bersepeda merupakan suatu hal yang menyenangkan. Selain memberi kesenangan, manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh juga terbilang sangat banyak, lho. 

Selain sebagai alat rekreasi, bersepeda juga akan membuat tubuh menjadi aktif. Tubuh yang aktif merupakan salah satu syarat penting dalam menjaga kualitas kesehatan. Bersepeda yang dilakukan selama 30 menit setiap hari dengan rutin akan memiliki dampak positif untuk kesehatan tubuh. Ingin tahu lengkapnya? Berikut penjelasannya. 

Apa saja manfaat bersepeda? 

Berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa Moms peroleh jika bersepeda secara rutin, diantaranya: 

  • Dapat memperbaiki kardiovaskular
    Bersepeda merupakan salah satu olahraga kardio, karena dengan bersepeda kinerja jantung, paru-paru, serta sistem sirkulasi darah menjadi meningkat. Selain itu, manfaat bersepeda secara teratur juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah, menurunkan tekanan darah, serta menguatkan otot jantung. Dengan menurunnya kadar kolesterol jahat akan mengurangi resiko menyempitnya pembuluh darah. Otot jantung yang sudah biasa terlatih menjadi lebih efektif sehingga proses pengantaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh menjadi semakin optimal. Semakin baik kinerja sistem peredarah darah, maka semakin rendah Moms terkena resiko tekanan darah tinggi, serangan jantung, serta stroke. 
  • Meningkatkan kekuatan otot
    Manfaat bersepeda secara rutin yaitu akan meningkatkan kekuatan otot serta membuat otot menjadi fleksibel. Keseimbangan serta koordinasi tubuh pun juga akan terlatih. 
  • Merawat sendi
    Bersepeda juga akan membuat sendi-sendi tangan dan kaki menjadi aktif. Siku, lutut, pergelangan tangan, serta kaki merupakan beberapa sendi yang akan bekerja ketika Moms bersepeda. Persendian pun kan menjadi fleksibel. 
  • Menjaga berat badan
    Manfaat bersepeda yang selanjutnya yaitu meningkatkan metabolisme tubuh serta pembakaran kalori. Terbakarnya kalori tentu baik guna menjaga berat badan agar tetap ideal. Kombinasikan kebiasaan bersepeda dengan pola makan dengan gizi yang seimbang untuk mengatasi serta mencegah kegemukan. 
  • Menurunkan tingkat stres
    Ketika bersepeda, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin, yang mana adalah hormon yang memicu rasa nyaman dan suasana hati menjadi positif. Hormon endorfin juga dapat mengurangi rasa sakit. Rasa nyaman yang muncul akan mengurangi beban di pikiran Moms. Oleh karena itu, menurunkan tingkat stres merupakan salah satu manfaat bersepeda. 
  • Menurunkan risiko terkena penyakit-penyakit lain
    Manfaat bersepeda yang terakhir yaitu menurunkan resiko terkena penyakit. Salah satunya yaitu terhindar dari resiko terkena diabetes. Hal ini berhubungan dengan produksi insulin yang stabil oleh tubuh yang aktif. Selain itu, bersepeda juga dapat mengurangi resiko terkena kanker, khususnya kanker usus besar. 

Baca juga: Renang Gaya Dada, Apa Manfaat dan Teknik Melakukannya?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x