Masih ada beberapa masyarakat Indonesia yang asing dengan daun binahong. Daun binahong merupakan salah satu tanaman obat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui apa saja manfaat daun binahong. 

Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan

1. Dapat mengatasi masalah kulit

Manfaat daun binahong sangat baik untuk kulit wajah karena mampu mengatasi jerawat. Kandungan zat yang ada pada daun binahong efektif untuk membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat. Selain itu, daun binahong juga mampu mengatasi flek hitam dan komedo dengan cara menggunakannya sebagai masker. 

Kandungan kolagen yang tinggi pada daun binahong juga bisa membantu Moms mencerahkan wajah secara cepat. Caranya cukup mudah, cukup haluskan daun binahong muda lalu haluskan pada seluruh bagian wajah setelah Moms mandi selama sekitar 30 menit. 

Lakukan cara ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

2. Dapat mengobati maag

Manfaat daun binahong yang berikutnya yaitu bisa mengobati maag. Penyakit yang satu ini disebabkan karena produksi asam lambung yang berlebih. 

Jika Moms mengonsumsi daun binahong, asam lambung pun dapat normal kembali. Ditambah, daun binahong juga efektif untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh Moms. Dengan adanya kandungan antioksidan, tubuh pun akan menjadi lebih sehat serta terhindar dari jenis-jenis penyakit berbahaya. 

3. Dapat mengatasi asam urat

Mengatasi asam urat merupakan salah satu manfaat daun binahong yang bisa Moms peroleh. Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian tubuh. Moms yang menderita asam urat akan merasakan nyeri hebat di bagian persendiannya sehingga membuat Moms tidak nyaman untuk beraktivitas. 

Daun binahong dipercaya mampu mengatasi asam pada persendian tubuh. Kandungan zat di dalam daun binahong akan menetralisir asam urat yang tinggi. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsilah rebusan dari daun binahong secara rutin. 

4. Dapat mengatasi kolesterol

Manfaat daun binahong yang selanjutnya yaitu mengatasi kolesterol jahat di dalam tubuh. Daun binahong dapat menetralisir kolesterol jahat yang ada di dalam pembuluh darah. 

Kolesterol yang ada di dalam pembuluh darah dapat mengakibatkan munculnya plak pada pembuluh darah. Ini akan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah sehingga aliran darah menuju jantung pun menjadi terhambat. 

Jika kolesterol tinggi dibiarkan, hal ini akan memicu penyakit seperti stroke dan juga jantung. Moms bisa mendapatkan manfaat dari daun binahong dengan mengonsumsi air rebusannya secara rutin sampai kolesterol jahat di dalam tubuh menghilang. 

Baca juga: Menurunkan Kadar Kolesterol dengan Cara Mudah

5. Dapat mencegah diabetes

Walaupun bukan termasuk ke dalam salah satu penyakit ganas, diabetes masih sangat berbahaya, lho. Hingga sekarang, masih belum ada obat yang dapat menyembuhkan diabetes dengan sepenuhnya. Jika Moms menderita diabetes, Moms hanya bisa mengendalikan kadar gula darah menjadi normal agar tidak menyebabkan komplikasi yang serius. 

Daun binahong memiliki senyawa alkaloid yang bersifat hipoglikemik. Karena sifatnya ini, manfaat daun binahong mampu membantu Moms menurunkan kadar gula secara maksimal. Selain itu, gula darah juga akan tetap stabil untuk para penderita diabetes mellitus. 

Baca juga: Kenali Gejala Diabetes Pada Wanita Sebelum Terlambat

6. Dapat mengobati sesak napas

Merawat sistem pernapasan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Manfaat daun binahong yang satu ini dapat membersihkan pernapasan khususnya lendir di paru-paru yang menjadi penyebab sesak napas. Selain itu, kandungan antibakteri pada daun binahong juga efektif untuk membunuh bakteri dari penyebab infeksi saluran pernapasan akut.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like