Vitamin C adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan untuk merawat kulit agar tetap sehat dan terlindung dari kerusakan. Manfaat vitamin C untuk kulit dapat Moms peroleh dengan cara mengonsumsi makanan atau menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan vitamin C. 

Kulit memiliki fungsi yang sangat penting untuk tubuh. Organ yang satu ini berfungsi untuk mengatur suhu serta keseimbang cairan tubuh, menghasilkan vitamin D, dan juga membantu tubuh untuk merasakan sensasi sentuhan, suhu dingin dan panas. Selain itu, kulit juga bertugas untuk melindungi tubuh dari infeksi, cedera, serta paparan radiasi seperti sinar ultraviolet. 

Agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik, kulit memerlukan nutrisi yang seimbang. Nutrisi tersebut meliputi air, protein, vitamin, dan lemak sehat. Nah, diantara berbagai nutrisi tersebut, vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang penting untuk kesehatan kulit. 

Baca juga: Selain Jeruk, Berikut Ini 10 Buah yang Mengandung Vitamin C

Apa saja manfaat vitamin C untuk kulit?

Berikut ini beberapa manfaatnya untuk kesehatan kulit:

  • Mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas
    Manfaat vitamin C yang pertama yaitu mencegah kerusakan karena radikal bebas. Zat tersebut mampu mencegah serta melindungi kerusakan sel dan juga jaringan kulit karena paparan radikal bebas yang akan menyebabkan penuaan dini. 
  • Menghasilkan kolagen
    Menunjang produksi kolagen adalah salah satu manfaat vitamin C yang bisa Moms peroleh. Kolagen merupakan jenis protein yang memiliki peran penting dalam memberi elastisitas serta kelenturan kulit dan mendukung proses penyembuhan luka pada kulit.
  • Melindungi kulit dari kerusakan yang terjadi akibat paparan sinar matahari
    Moms bisa mencegah kerusakan dan peradangan yang terjadi karena paparan sinar matahari karena sifat antioksidan dan anti radang pada vitamin yang satu ini. Manfaat lainnya yaitu bisa membantu mencegah terbentuknya flek hitam pada kulit. 
  • Mengurangi risiko kanker kulit
    Manfaat vitamin C yang terakhir yaitu dapat mengurangi resiko kanker kulit yang diakibatkan karena faktor terlalu sering terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang panjang.

Berdasarkan riset kesehatan, efek anti radang dan antioksidan pada vitamin C ternyata baik untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Selain itu, efek tersebut juga diduga mampu mencegah terjadinya kanker kulit. 

Karena banyak manfaat yang bisa Moms dapatkan dari vitamin yang satu ini, maka penting bagi Moms untuk mengonsumsi makanan atau menggunakan produk yang mengandung vitamin C di dalamnya.

Baca juga: Penyakit Kulit Berbahaya Ini Jangan Moms Sepelekan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like