Keuntungan Bersepeda Untuk Kesehatan yang Perlu Moms Ketahui

Keuntungan Bersepeda Untuk Kesehatan

Sepeda adalah kendaraan beroda dua yang pastinya sering Moms temui saat Car Free Day. Apakah Moms sudah tahu keuntungan bersepeda untuk kesehatan? Apabila belum, simak beberapa manfaat dari bersepeda di bawah ini.

Keuntungan bersepeda untuk kesehatan

1. Dapat mengendalikan berat badan

Keuntungan bersepeda untuk kesehatan yaitu mampu mengendalikan berat badan. Dengan bersepeda, moms dapat meningkatkan metabolisme, membakar lemak di tubuh, serta membangun otot. Selain itu, Moms juga dapat memastikan energi yang keluar lebih besar dari asupan energi karena saat bersepeda Moms akan membakar kalori.

Apabila Moms sedang dalam program menurunkan berat badan, Moms bisa mengombinasikan mengonsumsi makanan sehat dengan bersepeda. Banyaknya kalori yang terbakar akan tergantung dengan berapa jauh, berapa cepat, dan berapa lama Moms bersepeda. Yang perlu Moms ketahui, bersepeda selama setengah jam setiap harinya mampu membakar hampir 5 kg lemak lebih dari setahun.

2. Dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah

Mengurangi resiko terkena penyakit jantung serta pembuluh darah merupakan salah satu keuntungan bersepeda yang bisa Moms dapatkan.

Dengan bersepeda secara rutin, Moms dapat merangsang serta memperbaiki jantung, sirkulasi darah, paru-paru dan juga mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular. Selain itu, Moms juga dapat mengurangi kadar lemak di dalam darah dan memperkuat otot jantung. 

3. Dapat mengurangi resiko penyakit kanker

Mempertahankan konsumsi makanan sehat dan bersepeda dengan rutin mampu mengurangi resiko penyakit kanker. Keuntungan bersepeda untuk kesehatan membuat seseorang yang mempunyai tubuh bugar bahkan di usia tua sekalipun beresiko rendah untuk terkena kanker kolorektal, kanker payudara, kanker usus, serta kanker paru-paru. 

4. Dapat mengurangi resiko diabetes

Salah satu penyebab dari diabetes yaitu kurangnya aktivitas fisik. Keuntungan bersepeda bagi kesehatan yaitu mampu mengurangi resiko diabetes. Seseorang yang bersepeda lebih dari 30 menit dalam sehari akan memiliki resiko lebih rendah terserang diabetes.

5. Dapat meningkatkan keseimbangan, kekuatan, serta koordinasi otot tubuh

Mencegah terjadi patah tulang saat jatuh ternyata merupakan salah satu keuntungan bersepeda untuk kesehatan, lho. Walaupun bersepeda secara khusus tidak dapat membantu osteoporosis, tetapi kegiatan ini dapat menjadi bentuk latihan ideal untuk penderita osteoporosis. Karena dengan bersepeda Moms akan memberi sedikit tekanan untuk sendi.

6. Dapat mengurangi stres

Dengan beraktivitas fisik salah satunya bersepeda, tubuh Moms akan memproduksi hromon dopamin yang mampu meningkatkan rasa senang sehingga stres pun berkurang.

Baca juga: Perbedaan Stres Dengan Depresi dan Kenali Beberapa Gejalanya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x