Salah satu bumbu masak yang wajib tersedia di dapur tiap masyarakat Indonesia yaitu bawang putih. Memasak tidak lengkap rasanya apabila tidak ada bawang putih. Akan tetapi, selain untuk menyedapkan masakan, bawang putih juga ampuh menjaga kesehatan. Terutama apabila dimakan mentah.

Apa saja khasiat bawang putih yang bisa Moms peroleh?

Khasiat bawang putih untuk jantung

Salah satu khasiat bawang putih yang disebutkan adalah baik untuk kesehatan jantung. Dari suatu penelitian, ditemukan data bahwa pemberian suplemen yang memiliki kandungan ekstrak bawang putih berpotensi memberikan efek perlindungan untuk kesehatan jantung. Efek ini terlihat dari kemampuan bawang putih untuk menurunkan kolesterol, dan efek pengencer darah yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

Khasiat bawang putih untuk kesehatan saluran pencernaan

Selain baik untuk jantung, khasiat bawang putih lainnya adalah untuk kesehatan saluran cerna. Bawang putih memiliki kandungan zat allicin yang berfungsi sebagai antibiotik juga antijamur. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat bawang putih juga dapat digunakan untuk melawan infeksi bakteri H.pylori di lambung.

Mencegah kanker

Salah satu khasiat bawang putih yang sedang banyak diteliti adalah efeknya dalam melawan kanker. Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa bawang putih dapat menekan aktivitas sel kanker. Berdasarkan temuan tersebut, bawang putih mempunyai potensi sebagai sumber antikanker.

Studi lain menunjukkan juga bahwa mereka yang terbiasa mengkonsumsi bawang putih memiliki risiko lebih kecil untuk terkena kanker usus besar. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian dalam skala yang lebih besar untuk menerapkannya sebagai pengobatan secara medis.

Baca juga: Manfaat Bunga Melati Bagi Kecantikan serta Kesehatan

Ekstrak bawang putih dipercaya mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Beberapa penelitian membuktikan bahwa bawang putih dapat melebarkan pembuluh darah serta mengendurkan otot halus.

Bawang putih juga dipercaya mampu sedikit menurunkan kolesterol dalam tubuh, namun bukan berarti bawang putih dapat menjadi obat hipertensi maupun kolesterol yang efektif karena masih membutuhkan penelitian yang lebih luas.

Khasiat bawang putih dalam mencegah pilek

Bawang putih dipercaya dapat mencegah pilek karena diduga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus. Penelitian menyatakan bahwa mereka yang terbiasa mengkonsumsi bawang putih lebih jarang mengalami flu dan pilek dan akan lebih cepat sembuh ketika terkena flu dibandingkan mereka yang tidak.

Akan tetapi, bagaimana cara kerja dan penggunaan manfaat bawang putih sebagai pencegahan dan pengobatan untuk flu dan pilek masih perlu diteliti.

Khasiat dan manfaat bawang putih dapat dimaksimalkan apabila dikonsumsi mentah karena memasaknya terlalu matang dapat menghancurkan kandungannya yang penting.

Apabila Moms berniat menggunakan suplemen bawang putih untuk tujuan kesehatan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, terutama apabila Moms mempunyai kondisi medis tertentu atau sedang menggunakan obat pengencer darah.

Mengatasi rambut rontok

Khasiat bawang putih mentah yang tak disangka-sangka adalah mengatasi rambut rontok. Bawang putih mentah dapat memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala bagi penderita alopecia atau kebotakan. Hal ini karena zat sulfur yang memiliki kandungan keratin tinggi di dalamnya. 

Mencegah alzheimer dan demensia

Penyakit Alzheimer dan demensia dapat dipicu oleh stres oksidatif yang terjadi akibat radikal bebas. Nah, bawang putih mengandung antioksidan yang dapat mengatasi masalah tersebut. 

Kemudian, khasiat makan bawang putih untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol juga memiliki peran dalam mengurangi risiko terjadinya penyakit, seperti Alzheimer dan demensia. 

Baca Juga: Khasiat Daun Kelor, Bisa untuk Kecantikan!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like