Pohon kelor merupakan tanaman asli Indonesia yang biasa dikenal sebagai pohon obat. Pada dasarnya, tumbuhan ini rupanya menawarkan berbagai zat dan kandungan yang mujarab untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan. Bagian yang paling sering dimanfaatkan untuk berobat atau mencegah penyakit adalah daunnya.

Tidak hanya mitos, beragam manfaat daun kelor telah berhasil dibuktikan dalam sejumlah penelitian. Lalu, apa saja khasiat yang bisa Moms peroleh dari daun kelor? Ini penjelasannya.

Agen antioksidan

Daun kelor mempunyai sifat antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Sifat antioksidan yang tinggi mampu meningkatkan daya tahan tubuh lebih kuat sehingga mampu menangkal berbagai penyakit, seperti serangan penyakit kronis.

Mengonsumsi daun kelor mampu menurunkan risiko terjangkit penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Mengatasi stres

Kandungan asam amino triptofan yang ada dalam daun kelor bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks. Apabila Moms mengalami stres, otomatis imunitas tubuh turun.

Agen Antibakteri

Selain mempunyai sifat antioksidan, daun kelor juga mempunyai sifat antibakteri. Sifat antibakteri yang ada dalam daun kelor mampu menghambat perkembangan mikroorganisme berbahaya yang ada dalam tubuh.

Mikroorganisme yang berkembang dalam tubuh mampu merusak jaringan dalam tubuh dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Mengatasi peradangan

Mengkonsumsi daun kelor mampu meredakan peradangan yang ada di dalam tubuh. Kandungan isotiosianat yang berperan sebagai zat anti inflamasi.

Mengatur kadar kolesterol

Khasiat selanjutnya dari mengonsumsi daun kelor mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kandungan zat thiocarbamate glikosida dan nitrile yang ada dalam daun kelor juga berperan sebagai menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

Mengatasi diabetes

Daun kelor dipercaya mampu atasi diabetes karena kandungan insulin alami yang ada di dalamnya. Mengonsumsi daun kelor bisa mencegah penyakit gula dan mengurangi kadar gula dalam darah menjadi stabil.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain berguna untuk mengatasi stres, kandungan asam amino pada daun kelor juga berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh. Kandungan nutrisi yang ada dalam daun kelor berfungsi efektif memperbaiki segala kerusakan pada jaringan tubuh dan proses pertumbuhan.

Rutin mengkonsumsi daun kelor, Moms akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat dan terhindar dari risiko terjangkit berbagai penyakit.

Khasiat daun kelor untuk kecantikan

Mencegah penuaan pada wajah

Tinggal di negara tropis membuat kulit wajah sering terpapar sinar matahari sehingga mempercepat penuaan kulit. Sinar ultraviolet dalam matahari menyebabkan kolagen rusak dan elastisitas kulit menurun. Pada akhirnya, muncul kerutan di wajah yang sering disebut sebagai keriput.

Dalam suatu penelitian, para ilmuwan telah meneliti khasiat kelor dalam mencegah penuaan dini. Biji kelor diambil minyak atsirinya dan diformulasikan dalam bentuk krim. Dari hasil penelitian tersebut terbukti bahwa minyak biji kelor mengandung antioksidan yang tinggi.

Kandungan antioksidan dalam daun kelor mampu mencegah munculnya keriput karena dapat membantu melawan radikal bebas yang dihasilkan dari sinar UV. Kelor dapat melindungi keutuhan elastin pada kulit yang berfungsi untuk menjaga kekencangan kulit.

Selain itu minyak kelor juga dapat melembabkan kulit. Kombinasi dari berbagai khasiat tersebut lantas dapat mencegah munculnya keriput di muka. 

Melembabkan bibir

Minyak daun kelor juga sering digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan bibir seperti lip balm atau masker bibir. Dalam suatu jurnal penelitian disebutkan bahwa minyak kelor memiliki kualitas yang sangat baik, mirip dengan minyak zaitun.

Meski terpapar udara, kualitas minyak daun kelor lebih tahan lama. Kandungan asam lemak dari kelor yang paling banyak adalah asam oleat yang dipercaya menjadi alasan kenapa banyak industri kecantikan memasukkan daun kelor sebagai bahan baku produk perawatan bibir mereka.

Dari kandungan tersebut, daun kelor memiliki kemampuan untuk melembabkan bibir yang kering dan dapat mempertahankan kelembutan bibir. 

Memperbaiki warna dan tekstur kulit 

Khasiat daun kelor untuk wajah lainnya adalah daun kelor terbukti dapat membantu mencerahkan warna kulit secara merata dan mencegah noda hitam muncul. Untuk mendapatkan efek ini, Moms bisa membuat maskernya sendiri.

Tumbuk daun kelor dan oleskan pada kulit yang memiliki noda hitam atau bintik gelap di wajah. Kulit akan senantiasa bersih dan memiliki tekstur yang kenyal dan kencang. 

Mengatasi jerawat dan komedo

 Banyak penelitian yang telah mengamati efek daun kelor sebagai pengobatan jerawat yang efektif. Salah satunya menyatakan bahwa minyak kelor terdaftar sebagai salah satu minyak alami dengan kandungan asam linoleat lebih dari 10% yang diperlukan untuk mengobati jerawat secara efektif.

Selain itu, daun kelor juga memiliki efek antimikroba yang dapat membasmi jerawat karena bakteri. Jurnal lainnya menyatakan bahwa minyak kelor dapat menghambat produksi minyak berlebih pada kulit penyebab jerawat dan komedo.

Oleh sebab itu, minyak daun kelor dianggap efektif untuk mengobati jerawat dan menghilangkan komedo.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan Berikut Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like