Minyak zaitun merupakan lemak yang diambil dari buah pohon zaitun yang berasal dari daerah Mediterania. Minyak zaitun dianggap sebagai minyak sehat yang dapat dijadikan alternatif mentega, margarin, ataupun minyak sayur. Minyak zaitun bisa dibilang sebagai minyak yang serbaguna.

Khasiat minyak zaitun beragam, mulai dari untuk menjaga kesehatan sampai memberikan nutrisi bagi kulit.

Apa saja khasiat lain dari minyak zaitun yang belum Moms ketahui?

Melindungi organ jantung

Jantung adalah organ yang memiliki peran dalam memompa darah ke seluruh tubuh dan merupakan organ tubuh yang penting. Diet Mediterania yang sering menambahkan minyak zaitun dalam hidangan ditemukan mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

Khasiat minyak zaitun dalam melindungi organ jantung dikarenakan efeknya yang menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah, menjaga dinding pembuluh darah, menurunkan peradangan, dan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Mengurangi risiko diabetes tipe 2 

Mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin juga bisa memiliki khasiat yang dapat mengontrol kadar gula darah dan sensitivitas insulin di tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi minyak zaitun bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga lebih dari 40 persen.

Berpotensi menanggulangi penyakit Alzheimer

Khasiat minyak zaitun tidak tanggung-tanggung, karena salah satu manfaat minyak zaitun adalah menanggulangi penyakit Alzheimer.

Minyak zaitun mampu menghilangkan plak beta-amyloid yang dicurigai sebagai pemicu penyakit Alzheimer. Akan tetapi, hal tersebut baru ditemukan pada tikus dan belum diteliti lebih lanjut pada manusia.

Mencegah penyakit stroke

Khasiat minyak zaitun lainnya adalah untuk mencegah stroke. Riset membuktikan bahwa konsumsi minyak zaitun yang tinggi berhubungan dengan risiko stroke yang rendah.

Akan tetapi, manfaat minyak zaitun dalam mencegah stroke masih memerlukan studi lebih lanjut.

Khasiat minyak zaitun yang satu ini tentunya sudah cukup dikenal. Minyak zaitun adalah salah satu daftar makanan sehat yang bisa Moms konsumsi untuk menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan.

Konsumsi minyak zaitun ditemukan tidak memicu peningkatan berat badan ataupun obesitas, justru manfaat dari minyak zaitun salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan.

Kandungan antioksidan yang tinggi

Manfaat minyak zaitun dalam menurunkan peluang terkena penyakit kronis dikarenakan tingkat antioksidannya yang tinggi. Minyak zaitun memiliki kandungan berbagai macam antioksidan, seperti vitamin K dan vitamin E.

Melembabkan Kulit 

Khasiat minyak zaitun juga terkenal sebagai pelembab alami yang sering dipakai untuk melembutkan kulit dan rambut. Cara menggunakannya bisa dengan mengoleskan di kulit serta wajah seperti lotion, atau melembutkan rambut dengan mencampurnya di bilasan sampo.

Nah, bagaimana Moms? Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari minyak zaitun. Akan tetapi, jangan mengkonsumsi minyak zaitun secara berlebihan. Hal itu karena, minyak zaitun tetap memiliki kandungan lemak. So, tetap konsumsi secukupnya ya!

Baca Juga: Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan Moms

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like