Sangat penting untuk melakukan persiapan sebelum Moms mulai olahraga. Tapi, melakukan ritual setelah selesai olahraga tidak kalah pentingnya, lho. Sehabis olahraga Moms jangan terburu-buru mengganti baju lalu berangkat ke kantor atau mencari makan.

Ada beberapa hal penting yang wajib Moms lakukan agar olahraga menjadi efektif serta tubuh pun terhindar dari cedera. Berikut ini hal-hal penting yang harus dilakukan setelah Moms berolahraga.

Apa saja hal penting yang harus dilakukan setelah Moms berolahraga?

1. Melakukan pendinginan

Jika sebelum memulai olahraga Moms tidak melewatkan pemanasan, tentunya pendinginan pun wajib dilakukan setelah Moms berolahraga. Sebaiknya Moms melakukan pendinginan segera setelah olahraga saat otot-otot masih dalam keadaan panas.

Untuk merilekskan otot-otot, Moms membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit saat melakukan pendinginan. Otot yang mulai dingin akan menegang dan Moms akan beresiko mengalami cedera jika melemaskan otot pada kondisi tersebut. Maka sebaiknya lakukanlah peregangan sebelum otot-otot tubuh dingin serta menegang.  

Selain itu, melakukan pendinginan yang paling sebentar yaitu selama 10 menit. Moms dapat melakukan peregangan yang sederhana selama 5 menit kemudian dilanjutkan dengan melakukan peregangan menggunakan busa rolling.

2. Mandi dan ganti pakaian

Setelah Moms berolahraga, jangan terlalu lama memakai baju olahraga yang sudah basah karena keringat. Segera ganti baju Moms dengan yang kering dan bersih. Karena, pakaian yang lembab oleh keringat dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman, bakteri, dan juga jamur sehingga Moms rentan terkena jerawat serta infeksi kulit.

Waktu paling lama untuk Moms mengganti baju yaitu setengah jam setelah olahraga guna mencegah tumbuhnya bakteri, jamur, atau kuman.

Moms juga disarankan untuk mandi terlebih dahulu dengan air dingin dan bukan air panas ataupun hangat. Karena air dingin dapat mengurangi peradangan serta mempercepat pemulihan sehabis berolahraga.

3. Minum air yang cukup

Setelah Moms Berolahraga

Demi mengganti cairan yang hilang, janganlah lupa untuk minum air yang cukup setelah Moms berolahraga. Saat melakukan olahraga, jantung Moms akan bekerja lebih keras dari biasanya dan juga membutuhkan banyak oksigen sehingga Moms harus mengisi asupan oksigen ini dengan minum air.

Minumlah air secara perlahan dan bertahap. Misalnya dengan minum segelas air putih sebelum melakukan peregangan, segelas air sehabis peregangan, dan segelas air setelah Moms mengganti baju atau mandi.

Baca juga: Ini 7 Waktu Tepat Minum Air Putih yang Perlu Moms Ketahui

4. Mengisi perut

Mengisi perut setelah Moms olahraga merupakan hal yang sering dilewatkan karena alasan belum lapar atau tidak punya waktu. Padahal, makan setelah olahraga sangatlah penting untuk memperbaiki serta membangun otot-otot setelah Moms olahraga.

Isilah perut sekitar setengah jam setelah Moms berolahraga karena pada waktu ini tubuh akan membutuhkan asupan protein dan karbohidrat guna memulihkan otot-otot tubuh. Tubuh pun akan langsung mengolah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Moms dapat memilih menu makanan kaya protein seperti telur, yoghurt, susu, daging ikan, keju, atau daging ayam.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like