Rasa pahit sebenarnya merupakan reaksi yang normal ketika Moms makan makanan yang pedas atau asam. Akan tetapi, apabila rasa tersebut bertahan lama atau terjadi secara tidak terduga maka Moms harus waspada. Lalu, apa penyebab lidah terasa pahit? Bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini yuk, Moms!

Gejala Lidah Terasa Pahit

Melansir Medical News Today, rasa yang berubah secara terus menerus dalam istilah medis dikenal dengan dysgeusia. Ini merupakan penggambaran tentang rasa yang tidak enak dan dapat bertahan lama sampai penyebab utamanya diobati.

Orang yang mengalami dysgeusia sering menggambarkan rasa yang dirasakan seperti dibawah ini, antara lain:

  • pahit
  • metalik/besi
  • tengik/busuk
  • asin

Hal ini dapat mengganggu bahkan sulit untuk mencicipi rasa makanan lain ketika sedang makan atau minum. Dalam beberapa kasus bahkan seseorang dapat merasakan rasa tersebut ketika sedang menyikat gigi.

Penyebab Lidah Terasa Pahit

Rasa tidak enak atau pahit dapat mengganggu pola makan yang teratur, berikut beberapa kondisi yang menjadi penyebab lidah Moms terasa pahit, antara lain:

Mulut kering

Mulut kering atau yang dikenal dengan istilah xerostomia terjadi ketika mulut tidak menghasilkan cukup air liur. Air liur dapat membantu mengurangi bakteri di mulut, apabila jumlah air liur berkurang maka akan lebih banyak bakteri yang dapat bertahan hidup.

Orang yang mengalami xerostomia akan merasakan rasa lengket dan kering pada mulut mereka. Hal ini dapat diakibatkan oleh faktor-faktor seperti obat-obatan, gangguan yang sudah ada sebelumnya, atau penggunaan tembakau. Seseorang juga dapat mengalami mulut kering apabila hidungnya sedang tersumbat dan bernapas melalui mulut. Bernapas melalui mulut dapat membuat mulut menjadi kering.

Apabila Moms mengalami mulut kering secara terus menerus, segera konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui diagnosis yang tepat.

Masalah gigi

Kebersihan gigi yang buruk juga dapat menyebabkan lidah terasa pahit. Tidak hanya itu, hal ini juga dapat mengakibatkan gigi berlubang, infeksi, dan penyakit gusi atau radang gusi.

Moms dapat menghindari masalah gigi dengan rajin menyikat dan membersihkan gigi dengan benang (dental floss) secara teratur. Moms juga dapat menggunakan obat kumur antibakteri di sela-sela menyikat gigi untuk membantu meminimalkan bakteri yang menyebabkan bau busuk.

Kehamilan

Rasa pahit atau metalik di mulut merupakan keluhan yang umum dirasakan selama trimester pertama kehamilan.

Hormon yang ada di dalam tubuh berfluktuasi selama kehamilan. Variasi ini dapat memengaruhi indera, yang dapat mengakibatkan beberapa makanan atau bau terlihat menjijikkan.

Ibu hamil yang merasakan rasa logam, pahit, atau busuk di mulut mereka dapat mengganggu, namun umumnya akan hilang di akhir kehamilan atau setelah melahirkan.

Burning mouth syndrome

Burning mouth syndrome merupakan sebuah kondisi yang mengakibatkan mulut terasa terbakar. Perasaannya bisa bermacam-macam, namun banyak orang yang mengalami hal ini mendeskripsikannya seperti makan cabai pedas. Bersamaan dengan itu, beberapa orang mungkin juga akan merasakan rasa pahit atau tengik pada mulut mereka.

Gejala sindrom mulut terbakar dapat menjadi parah apabila berlangsung lama dan tidak segera diatasi.

Menopause merupakan penyebab lidah terasa pahit

Wanita yang mengalami menopause mungkin juga akan mengalami lidah terasa pahit pada mulutnya. Hal ini terjadi karena kadar estrogen yang lebih rendah dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kondisi sekunder, seperti sindrom mulut terbakar atau karena mulut yang terus-menerus kering.

Baca Juga: Mencegah Menopause Dini Sebelum Terlambat dengan Beberapa Cara Ini

Penyebab lidah terasa pahit adalah GERD

Penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) atau refluks asam dapat menjadi sumber lidah terasa pahit yang tidak diinginkan di mulut.

Kondisi ini terjadi ketika otot atau sfingter di bagian atas lambung menjadi lemah dan memungkinkan asam atau empedu naik menuju pipa makanan.

GERD cenderung mengiritasi pipa makanan, mengakibatkan sensasi terbakar di dada atau perut. Kondisi ini juga bisa mengakibatkan rasa tidak enak atau pahit pada mulut.

Infeksi jamur

Infeksi jamur di mulut sering kali menyebabkan munculnya bercak putih di lidah, mulut, atau tenggorokan. Kondisi ini yang dapat menyebabkan rasa pahit atau tidak enak yang akan bertahan sampai infeksi diobati..

Stress dan cemas

Stress dan cemas dapat menyebabkan rasa pahit pada lidah

Tingkat stres dan kecemasan yang tinggi mampu merangsang respons stres dalam tubuh, yang seringkali dapat mengubah indera perasa seseorang. Rasa cemas dapat mengakibatkan mulut kering, sehingga menyebabkan lidah terasa pahit.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Terdapat beberapa cara yang dapat Moms coba dirumah jika lidah terasa pahit, berikut beberapa caranya.

  • Perbanyak minum air putih
  • Berhenti merokok
  • Membersihkan mulut dan gigi sampai tuntas
  • Cegah asam lambung untuk tidak naik
  • Mengunyah permen karet yang tidak mengandung gula

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi lidah terasa pahit, apabila hal ini berlangsung lama sebaiknya Moms segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Penyebab Anak Bau Mulut yang Perlu Moms Perhatikan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like