Ketika demam, tubuh membakar kalori dan kehilangan cairan lebih banyak. Oleh karena itu, Moms disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman lebih banyak ketika sedang demam, sehingga dapat menurunkan demam lebih cepat.

Menjaga keseimbangan cairan dan ion, mampu mencegah dehidrasi yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Makanan dan minuman yang Moms makan ini akan memproduksi energi yang diperlukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga lebih efektif dalam menurunkan demam.

Apa saja makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi untuk menurunkan demam lebih cepat?

Makan banyak buah segar

Selain memiliki banyak kandungan cairan, buah-buahan, seperti jeruk, stroberi, semangka, nanas, kiwi, dan blewah, juga memiliki kandungan nutrisi yang banyak dan diperlukan oleh tubuh saat demam.

Pilihlah buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C, vitamin E, dan betakaroten (vitamin A). Nutrisi-nutrisi ini memiliki kandungan antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Sehingga dapat menurunkan demam secara optimal.

Buah-buahan juga banyak mengandung ion yang dibutuhkan bagi tubuh saat demam. Misalnya pisang yang mengandung kalium. Kalium merupakan salah satu ion yang hilang melalui keringat saat demam.

Konsumsi makanan yang mengandung probiotik

Makanan berprobiotik adalah makanan yang dapat menurunkan demam. Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat menjaga keseimbangan bakteri di usus. Hal tersebut selanjutnya dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Mengonsumsi makanan probiotik secara teratur, yang memiliki kandungan bakteri hidup bermanfaat, dapat menurunkan demam pada anak. Beberapa contoh makanan yang mengandung probiotik yaitu yogurt, kimchi, sauerkraut (acar kubis), dan tempe.

Konsumsi makanan sumber protein

Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat demam. Protein dapat mensuplai energi untuk membantu kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Jadi, banyak mengonsumsi makanan sumber protein saat demam dapat membantu mempercepat pemulihan.

Moms juga dapat dengan mudah menemukan makanan sumber protein, seperti ayam, daging, ikan, tahu, tempe, susu, telur, keju, dan lainnya.

Baca juga: Sedang Menderita Demam? Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Agar Cepat Pulih

Cairan sangat diperlukan untuk menurunkan demam

Demam membuat suhu tubuh meningkat, sehingga Moms mungkin akan mengeluarkan keringat lebih banyak dari biasanya. Demam juga meningkatkan insensible water loss atau kehilangan cairan yang berkelanjutan akan tetapi tidak disadari, dari kulit (evaporasi), paru-paru (respirasi), dan metabolisme.

Hal tersebut membuat tubuh kehilangan banyak cairan dan ion, sehingga risiko mengalami dehidrasi akan meningkat. Apabila terjadi dehidrasi, demam akan semakin memburuk.

Sehingga Moms disarankan untuk mengonsumsi banyak cairan saat demam agar tidak mengalami dehidrasi. Konsumsi banyak cairan dapat membantu menjaga hidrasi tubuh saat demam, sehingga juga dapat menurunkan demam dengan cepat. Banyak minum ketika demam juga dapat membantu Moms tetap nyaman, walaupun suhu tubuh meningkat.

Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa bukan hanya jumlah cairan yang dikonsumsi melainkan juga jenis minuman yang dipilih. Ketika demam, tubuh tidak hanya kehilangan cairan melainkan juga ion di tubuh yang hilang akibat berkeringat saat tubuh sedang demam.

Agar ion yang hilang bisa kembali, Moms bisa mengonsumsi minuman yang memiliki kandungan  ion, sehingga keseimbangan ion di dalam tubuh tetap terjaga. Menjaga hidrasi dan keseimbangan ion tubuh dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit.

Baca Juga: Apa Saja Penyebab Sistem Imun Lemah serta Mudah Sakit?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like