Makanan untuk penderita diabetes harus mulai Moms perhatikan agar tidak bertambah parah dan memunculkan komplikasi atau memunculkan penyakit lainnya. Memilih makanan untuk penderita diabetes mempunyai peran penting untuk menjaga kadar gula di dalam darah. Untuk itu penting memperhatikan makanan untuk penderita diabetes sebelum dikonsumsi. Lalu, apa saja makanan yang boleh dikonsumsi dan harus dihindari oleh penderita diabetes? Berikut penjelasannya.

Makanan untuk Penderita Diabetes

Oatmeal

Makanan untuk penderita diabetes yang pertama adalah oatmeal. Oatmeal adalah salah satu makanan yang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh penderita diabetes.

Untuk tambahan-tambahannya lainnya, Moms dapat menambahkan buah-buahan segar seperti pisang, blueberry, dan strawberry. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak boleh menambahkan gula ke dalamnya.

Nasi Merah

Bagi penderita diabetes, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi nasi putih dan lebih dianjurkan untuk mengonsumsi nasi merah. Hal ini karena nasi putih memiliki kadar gula yang cukup tinggi sehingga tidak dianjurkan. Makanan untuk penderita diabetes satu ini dapat dijadikan makanan wajib untuk penderita diabetes.

Bayam

Sayur hijau berikut ini merupakan makanan untuk penderita diabetes yang baik untuk dikonsumsi. Berdasarkan penelitian, sayur bayam memiliki kandungan nutrisi lutein yang baik untuk penderita diabetes, terutama untuk bagian mata. Sayur bayam dapat diolah menjadi sayur bening atau hanya sekedar lalapan.

Brokoli

Tidak hanya bayam, sayur hijau satu ini dapat menjadi pilihan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Brokoli memiliki kandungan senyawa sulforaphane yang bisa memperbaiki dan melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular akibat diabetes. Makanan untuk penderita diabetes satu ini dapat diolah menjadi lalapan atau makanan yang sesuai dengan anjuran dokter.

Daging Tanpa Lemak

Makanan untuk penderita diabetes selanjutnya yaitu daging tanpa lemak. Penderita diabetes tetap dapat mengonsumsi daging, namun perlu diingat bahwa hilangkan bagian lemaknya dan jangan digoreng dengan minyak. Akan lebih sehat jika daging diolah dengan cara direbus, dipanggang, atau dibakar.

Ikan Laut

Penderita diabetes tetap bisa mengonsumsi ikan laut, asalkan tetap memperhatikan cara pengolahan ikan tersebut.

Sama seperti daging, ikan laut dapat diolah dengan cara dipanggang atau dibakar dan tidak diperbolehkan untuk digoreng. Tidak hanya itu, penderita diabetes harus pandai memilih ikan. Pilihlah ikan-ikan yang memiliki kandungan omega 3, seperti tuna, salmon, dan sarden. Hindari ikan dengan kadar merkuri tinggi, seperti tongkol.

Tomat

Tomat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan khususnya untuk penderita diabetes.

Tomat memiliki kandungan likopen dan lutein yang berguna melindungi ginjal serta pembuluh darah akibat diabetes. Mengonsumsi segelas jus tomat setiap hari juga dapat mengurangi risiko penggumpalan darah akibat diabetes.

Ubi Jalar

Ubi jalar mempunyai indeks glukosa lebih rendah, sehingga membuatnya aman jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Mengonsumsi ubi jalar dapat membantu penderita diabetes untuk mendapatkan karbohidrat yang manis tanpa perlu khawatir gula darah naik. Berdasarkan penelitian, makanan untuk penderita diabetes satu ini bisa mengurangi HbA1c sebanyak 0,3 hingga 0,57 persen dan mempercepat proses glukosa darah.

Dark Chocolate

Penderita diabetes tetap dapat merasakan kenikmatan coklat dan menciptakan mood dengan mengonsumsi coklat. Akan tetapi, penderita diabetes wajib memperhatikan coklat yang dikonsumsi.

Berdasarkan penelitian, dark chocolate memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaatnya antara lain mempercepat pengolahan glukosa darah, mengurangi resistensi insulin, dan yang paling penting mengurangi nafsu makan berlebih.

Popcorn Tawar

Makanan untuk penderita diabetes selanjutnya adalah popcorn tawar. Penderita diabetes tetap dapat menonton film sambil menikmati popcorn, asalkan popcorn nya tidak ditambahkan rasa apapun.

Makanan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Diabetes

Beberapa makanan yang harus dihindari, diantaranya :

1. Roti tawar putih

2. Daging berlemak

3. Produk susu tinggi lemak

4. Makanan yang terbuat dari tepung terigu

5. Kulit ayam

6. Sayuran kaleng yang mengandung garam tinggi

7. Sayuran yang dimasak dengan tambahan garam, keju, mentega, dan saus dalam jumlah yang banyak

8. Popcorn kaya rasa

Apabila Moms menderita diabetes, ada baiknya Moms mengolah sendiri makanan yang akan dikonsumsi agar dapat memperhatikan bahan-bahan yang digunakan ataupun kandungan-kandungan yang terkandung di dalamnya. Nah, mulai sekarang perhatikan makanan yang akan dikonsumsi ya Moms!

Baca Juga: Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Bahan Alami

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like