Asam jawa adalah buah yang memiliki rasa masam. Buah ini umumnya digunakan sebagai campuran bumbu dalam masakan. Selain dikenal sebagai campuran bumbu, buah dengan nama ilmiah Tamarindus indica ini juga digunakan sebagai campuran dalam pembuatan jamu tradisional. Selain itu, asam jawa juga baik untuk kesehatan tubuh. Keunggulan ini didapat karena asam jawa memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Lalu, apa saja manfaat yang bisa Moms peroleh dari asam jawa? Berikut penjelasannya.

Manfaat Asam Jawa bagi Kesehatan

Menaga Kesehatan Jantung

Manfaat asam jawa bagi kesehatan yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa asam berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat. Hal ini dikarenakan adanya kandungan flavonoid di dalam asam. Sedangkan kandungan potasiumnya baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

Mencegah Kanker

Manfaat asam jawa bagi kesehatan berikutnya adalah dapat mencegah kanker. Manfaat ini dikarenakan tingginya zat antioksidan dalam asam yang dapat membantu mengurangi tingkat keparahan gagal ginjal akut dan kanker ginjal.

Baik bagi Penderita Diabetes

Di dalam asam jawa terdapat enzim alfa-amilase yang berfungsi mengurangi kadar glukosa darah serta menstabilkannya.

Melindungi Lever

Asam jawa dapat mengatasi kondisi bagi seseorang yang mengalami kerusakan lever karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan penelitian juga sudah membuktikan bahwa minum air asam jawa secara tertarur bermanfaat untuk mengobati kondisi lever.

Menurunkan Berat Badan

Asam jawa merupakan makanan yang baik untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan asam mengandung asam hidroksi sirat atau HCA yang dapat menghambat penyimpanan lemak, sehingga berfungsi membantu menurunkan berat badan.

Mengobati Luka Usus

Luka usus atau ulkus peptic merupakan luka menyakitkan yang biasanya muncul di usus halus. Senyawa polifenol di dalam asam jawa ini memiliki efek protektif dan mengobati luka yang muncul.

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Manfaat asam jawa selanjutnya adalah membantu mengatasi sistem pencernaan yang bermasalah. Mengonsumsi asam jawa secara teratur baik untuk mendukung lancarnya sistem pencernaan.

Mengobati Flu dan Batuk

Asam jawa mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengobati flu, dan meringankan kondisi batuk. Moms bisa mengonsumsi secangkir air asam ketika sedang flu untuk alternatif obat alami.

Mengobati Asma

Manfaat asam jawa berikutnya adalah sebagai obat untuk penderita asma. Penelitian telah membuktikan bahwa asam memiliki anti histamin yang efektif untuk mengobati penyakit asma.

Menyembuhkan Luka

Selain buah asamnya, daun dan biji asam juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka. Hal ini dikarenakan di dalam bagian buah asam tersebut terdapat sifat anti-bakteri dan anti-septik yang membantu untuk menyembuhkan luka.

Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat asam jawa berikutnya adalah menjaga kesehatan otak. Manfaat ini dikarenakan adanya kandungan vitamin B di dalamnya. Vitamin B sangat penting untuk setiap aspek fungsi otak, termasuk sintesis dan perbaikan DNA/RNA, regulasi gen, dan sintesis berbagai molekul pensinyalan.

Berdasarkan sebuah penelitian, peran aktif vitamin B dalam kesehatan otak ditunjukkan oleh kemampuannya untuk diangkut melintasi penghalang darah otak, di mana melakukan sintesis neurokimiawi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat asam jawa lainnya dikarenakan adanya antioksidan di dalamnya yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Antioksidan akan bekerja melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas yang merupakan produk sampingan yang dibentuk oleh metabolisme tubuh normal seperti pencernaan serta dari faktor lingkungan seperti polutan.

Selain itu, asam jawa juga mengandung polifenol yang merupakan senyawa tanaman dengan sifat antioksidan kuat yang bisa mengurangi stres oksidatif dan dapat berpotensi menurunkan risiko kondisi tertentu seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, osteoporosis, dan penyakit neurodegeneratif.

Nah, sudah tau kan Moms berbagai macam manfaat dari asam jawa? Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat, ya!

Baca Juga: Manfaat Kayu Secang yang Wajib Moms Ketahui

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like