Leci merupakan salah satu buah tropis yang cukup familiar di Indonesia. Leci ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan yang mengagumkan. Leci mengandung banyak mineral dan nutrisi yang baik untuk kulit. Selain itu, apa saja manfaat buah leci untuk kesehatan? Berikut penjelasannya.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah leci ini cukup terkenal dalam pengobatan tradisional China yang menggunakan leci sebagai obat untuk mengatasi sembelit. Hal ini didapatkan karena leci bersifat astringent yang artinya dapat membersihkan saluran pencernaan dari berbagai racun dan bakteri penyebab gangguan pencernaan. Serat pada buah leci juga dapat membantu dalam melancarkan proses pengenceran feses agar mudah keluar dari dalam tubuh.

Memelihara Kesehatan Jantung

Salah satu kandungan yang terdapat pada leci yaitu polifenol dan flavonoid. Kandungan tersebut dapat membantu dalam menstabilkan tekanan darah dan detak jantung yang nantinya akan memperkecil risiko terkena stroke dan jenis penyakit jantung coroner lainnya.

Selain kedua jenis kandungan tersebut, leci sendiri mengandung oligonol yang merupakan suplemen makanan berfungsi untuk meningkatkan produksi oksida nitrat dan berperan penting sebagai vasodilator agar aliran darah lebih lancar.

Mencegah Kanker

Manfaat buah leci selanjutnya yaitu mampu dalam mencegah kanker. Berbagai kandungan baik yang terdapat pada leci seperti flavonoid, quercetin, dan kaempferol akan sangat efektif dalam memerangi kanker serta mengurangi penyebaran sel kanker di dalam tubuh. Bahkan leci dapat sangat berguna dalam mencegah kanker payudara lho, Moms.

Mencegah Anemia

Kondisi darah merah yang menurun seringkali memberi dampak yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi tubuh yang mengalami anemia umumnya akan mengakibatkan dampak seperti lemah, letih, dan lesu.

Salah satu kandungan pada leci yang sangat membantu dalam mengatasi kondisi tersebut adalah kandungan tembaga, yaitu kandungan yang berperan sangat penting dalam meningkatkan jumlah sel darah merah di dalam aliran darah, dimana jumlah sel darah merah yang rendah tersebut menjadi penyebab dari anemia.

Meningkatkan Metabolisme

Buah leci mempunyai kandungan berupa vitamin B kompleks antara lain thiamin, niasin, folat, serta riboflavin. Kandungan vitamin B kompleks tersebut dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh untuk mencerna karbohidrat, protein, serta lemak.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi buah leci memiliki manfaat dalam memberi tubuh asupan vitamin C yang sangat besar. Saat tubuh memperoleh asupan vitamin C yang cukup, maka akan berguna dalam menangkal penyakit seperti flu yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Oleh karena itu, sistem kekebalan tubuh pada orang yang mengonsumsi buah leci akan meningkat dan semakin kebal terhadap risiko terpapar berbagai penyakit yang menyerang sistem imun.

Mencegah Osteoporosis

Buah leci mengandung fosfor dan magnesium yang mampu dalam memperkuat tulang. Kandungan fosfor tersebut akan membantu kinerja tembaga dan mangan untuk memperkuat tulang yang rapuh. Dengan mengonsumsi buah leci secara teratur, maka bukan tidak mungkin Moms akan memperoleh tulang yang lebih kuat dan terhindar dari tulang keropos atau osteoporosis yang dapat menyerang tidak hanya usia lanjut namun usia yang masih terhitung muda.

Mencegah Penuaan Dini

Selain berbagai manfaat bagian dalam tubuh, buah leci ternyata bermanfaat bagi penampilan, terutama dalam menjaga kulit. Mengonsumsi buah leci secara rutin ternyata dapat menghilangkan jerawat serta mampu memperlancar aliran darah di bawah kulit sehingga berdampak pada kulit yang terlihat lebih muda.

Manfaat antioksidan pada buah leci tersebut akan sangat baik dalam mencegah radikal bebas yang dapat mengakibatkan kulit terlihat lebih tua. 

Nah sudah tau berbagai manfaatnya kan Moms? Mulai sekarang jangan lupa memasukkan buah leci ke dalam menu harian Moms, karena sayang apabila Moms melewatkan manfaat leci tersebut. 

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Plum yang Mungkin Belum Moms Ketahui

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like