Manfaat Bunga Melati Bagi Kecantikan serta Kesehatan

manfaat bunga melati

Bunga melati sudah terkenal dengan aroma khas yang dimilikinya, oleh karena itu bunga yang satu ini sering dikaitkan dengan hal-hal mistis. Terlepas dari stereotip tersebut, bunga yang satu ini mempunyai beberapa kandungan tertentu yang bermanfaat untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak penjelasan soal manfaat bunga melati berikut ini.

Apa saja manfaatnya untuk kesehatan?

Tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias, bunga melati juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Dari beberapa manfaatnya yang telah diteliti, berikut ini beberapa diantaranya:

  • Dapat meringankan gejala hepatitis, sirosis, serta penyakit hati lainnya
  • Dapat mengatasi sakit perut dan diare yang parah
  • Dapat mencegah stroke
  • Dapat mengurangi keluarnya ASI yang berlebihan
  • Dapat mengobati penyakit kulit serta mempercepat proses penyembuhan
  • Dapat mengurangi stres, meningkatkan mood, serta menahan nafsu makan
  • Dapat menjadi penguat aroma dan rasa untuk makanan dan minuman

Di Indonesia sendiri, manfaat bunga melati terkenal dapat menyembuhkan radang mata merah, flu, jerawat, hingga bengkak karena gigitan serangga. Hal ini dikarenakan adanya kandungan saponin, flavonoid, indol, tanin, serta benzil alkohol di dalam daun melati yang diduga mempunyai aktivitas antibakteri. 

Walaupun demikian, manfaat yang diberikan baru sebatas testimoni dari pengguna dan penelitian awal. 

Baca juga: Khasiat Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan

Apa saja bentuk olahan dari bunga melati?

Setelah mengetahui manfaat bunga melati, Moms juga perlu mengetahui bentuk olahan bunga melati yang dijadikan sebagai produk kecantikan dan kesehatan. 

1. Teh melati

Teh melati adalah campuran dari daun melati dan juga teh hijau. Kedua bahan alami ini bisa dicampur ketika pembuatan bubuk teh di pabrik ataupun mencampurnya sendiri saat Moms ingin menyeduhnya sendiri. 

Manfaat bunga melati dari campuran teh ini diantara mampu menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit jantung serta beberapa tipe kanker. Manfaat ini berasal dari kandungan polifenol tinggi yang ada pada teh bunga melati sehingga mempunyai sifat antioksidan. 

2. Lotion

Aroma khas bunga melati sering dijadikan sebagai campuran ke dalam berbagai produk kecantikan, seperti lotion, sabun, dan produk lainnya. Tetapi, manfaat bunga melati di sini tidak hanya dijadikan sebagai parfum alami saja, namun juga untuk mengatasi masalah kulit. Misalnya seperti biang keringat atau terbakar sinar matahari. 

Dengan menggunakan lotion yang mengandung bunga melati di dalamnya dipercaya mampu mengambil elastisitas serta kelembaban kulit, lho. Selain itu, bunga melati juga dipercaya mampu mengurangi kerutan halus pada wajah dan membuat kulit terlihat sehat dan lebih muda. 

3. Aromaterapi

Selain beberapa hal di atas, olahan bunga melati juga sering ditemukan dalam bentuk aromaterapi. Manfaat bunga melati yang diberikan sebagai aromaterapi yaitu dapat mengendurkan urat saraf yang sehingga sehingga Moms akan merasa lebih rileks dan istirahat pun menjadi lebih berkualitas. 

Selain itu, aromaterapi dari bunga yang satu ini juga dipercaya mampu membantu Moms dalam meringankan gejala depresi. Namun, hal ini masih diperlukan penelitian yang lebih lanjut. 

4. Minyak esensial

Minyak esensial yang memiliki kandungan bunga melati di dalamnya disebut-sebut mempunyai sifat afrodisiak atau dapat membangkitkan gairah seksual. Ini sebabnya bunga yang satu ini sering digunakan untuk dekorasi kamar pengantin di malam pertama. 

Baca juga: Ketahui Fakta dan Manfaat dari Minyak Kutus-kutus

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x