Darah adalah salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Keputusan Moms dalam menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan, atau bahkan mungkin beberapa nyawa sekaligus. Akan tetapi, selain menguntungkan bagi penerima darah, donor darah juga bisa dirasakan manfaatnya bagi pendonor.

Manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari donor darah?

Mengurangi penyakit jantung

Manfaat donor darah bagi pendonor adalah membuat jantung senantiasa sehat. Hal ini akan meningkatkan zat besi dalam darah dan juga mengurangi kemungkinan menderita penyakit jantung.

Membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan

Manfaat donor darah bagi pendonor yang teratur lainnya adalah membantu membakar kalori dalam tubuh dan menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat memberikan 450 ml darahnya.

Selain membantu membakar kalori, manfaat donor darah bagi pendonor adalah dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Seperti kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan kanker tenggorokan. Hal ini diakibatkan oleh berkurangnya zat besi yang berlebih dalam tubuh saat melakukan donor darah.

Kadar zat besi dalam darah yang terlalu berlebihan dianggap sebagai salah satu penyebab meningkatnya radikal bebas dalam tubuh yang dapat menjadi faktor risiko terjadinya kanker dan penuaan. 

Meningkatkan produksi darah

Manfaat donor darah bagi pendonor yang teratur dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Proses mendonorkan darah ini akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efektif.

Membuat pikiran lebih stabil

Dengan donor darah, manfaat yang diperoleh yaitu akan merasa lebih bahagia dan damai. Bahagia karena dapat menolong sesama dan damai dengan tubuh sendiri.

Suatu penelitian dalam bidang psikologi menunjukkan bahwa orang yang mendonorkan darahnya dengan tujuan menolong orang lain mempunyai risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang melakukan donor darah untuk kepentingan sendiri atau bahkan tidak mendonorkan darahnya sama sekali.

Manfaat donor darah secara rutin adalah akan membantu untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa donor darah dapat mengurangi kekentalan darah sehingga dapat membantu dalam menurunkan kadar LDL.

LDL adalah kolesterol yang dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti sumbatan di peredaran darah. Kondisi tersebut umumnya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan penyakit lain yang berkaitan dengan pembuluh darah. 

Memperpanjang usia

Berbuat baik dapat membuat seseorang hidup lebih lama. Menurut suatu penelitian, umur orang yang suka menolong dan tidak mementingkan diri sendiri mempunyai usia yang lebih panjang sekitar empat tahun.

Baca Juga: Komplikasi Setelah Operasi yang Mungkin Saja Terjadi

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like