Manfaat Ikan Tongkol yang Baik untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Tongkol

Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan yang dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan yang nikmat. Ikan tongkol menjadi makanan favorit untuk orang Indonesia. Kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya bisa menjaga kesehatan tubuh. Manfaat ikan tongkol untuk kesehatan bisa Moms peroleh dengan mengonsumsinya secara rutin. Akan tetapi, jangan terlalu berlebihan dan tetap atur asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya. Nah, apa saja manfaat ikan tongkol yang baik untuk kesehatan?

Manfaat Ikan Tongkol

Mencegah Hipertensi

Kandungan kadar asam lemak omega 3 pada ikan tongkol dapat mencegah kenaikan tekanan darah sekaligus juga bisa menurunkan risiko terkena hipertensi. Tidak hanya itu, ikan tongkol juga memiliki kandungan berbagai nutrisi lain seperti potassium serta vasodilator yang sangat efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah. Dengan terkendalinya tekanan darah karena kandungan ikan tongkol ini, maka hal tersebut akan mendukung sistem kardiovaskular agar menjadi lebih sehat pula. Serangan jantung, stroke serta penerasan pembuluh darah dapat diatasi karena kandungan kandungan yang terdapat pada ikan tongkol ini. 

Akan tetapi, manfaat manfaat ikan tongkol ini tidak bisa didapatkan bila sembarangan mengolahnya. Penggunaan garam terlalu banyak tetap dapat mengakibatkan peningkatan tekanan darah. Tidak hanya itu, menggoreng atau mengolahnya dengan santan harus diperhatikan pula, karena dikhawatirkan bisa memberikan efek kesehatan yang kurang baik bagi tubuh.

Mencegah Penyakit Jantung

Kadar asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan tongkol dapat mencegah terjadinya penyakit jantung koroner. Ikan tongkol memang mengandung kadar asam lemak omega 3 yang sangat tinggi yang juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam pembuluh darah arteri. Dengan fungsinya tersebut, mengonsumsi ikan tongkol dapat mencegah penumpukan plak yang mengakibatkan datangnya berbagai macam penyakit kronis.

Mencegah Peradangan

Manfaat ikan tongkol selanjutnya yaitu dapat mencegah peradangan. Kandungan kolesterol baik dan zat anti peradangan dalam ikan tongkol dapat membuat tubuh Moms tidak mudah terkena stres fisik dan psikis. Mengonsumsi ikan tongkol dapat membuat Moms tidak mudah jatuh sakit dan mendukung semua sistem tubuh berjalan dengan baik. ikan tongkol juga efektif untuk mencegah asam urat dan nyeri akibat arthritis.

Menurunkan Berat Badan

Sebenarnya hanya dengan menerapkan pola makan sehat dengan rajin makan ikan, masalah kelebihan berat badan ini tidak akan muncul lagi. Oleh sebab itu, ikan tongkol sangat cocok untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini diakibatkan karena kandungan kalori ikan tongkol yang rendah akan tetapi kaya akan protein. Selain itu, kandungan asam lemak omega 3 didalamnya akan membuat tubuh memproduksi leptin yang membantu kamu untuk menahan keinginan makan berlebihan.

Memperbaiki Sirkulasi Darah

Manfaat ikan tongkol untuk kesehatan selanjutnya yaitu memperbaiki sirkulasi darah. Ikan tongkol memang sudah terkenal sebagai makanan yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kandungan zat besi dan vitamin B dalam ikan tongkol yang tinggi membuat proses pembentukan sel darah merah tetap terjaga. Jadi Moms bisa menghindari terkena anemia dengan konsumsi ikan tongkol.

Ternyata ikan tongkol memiliki segudang manfaat ya Moms! So, perbanyak konsumsi ikan tongkol agar bisa merasakan manfaatnya ya.

Baca Juga: Manfaat Bunga Telang yang Baik untuk Tubuh

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Lia andani

iya bunda bener banget ini salah satu makanan buat menurunkan badan saya dan ternyata bener 🤗🤗🤗

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x