Jalan cepat memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya dapat menekan risiko mengalami obesitas, jalan cepat juga sangat baik untuk metabolisme tubuh. Yuk ketahui manfaat lainnya dibawah ini.

Manfaat Jalan Cepat

Moms tidak perlu melakukan berbagai aktivitas fisik yang rumit. Moms dapat melakukan sesuatu hal yang cukup sederhana untuk menjaga pola hidup yang sehat seperti jalan cepat. Seperti yang dilansir dari Mayo Clinic, berikut beberapa manfaat jalan cepat jika dilakukan dengan rutin, antara lain:

Menjaga berat badan tetap sehat dan ideal

Jalan cepat bermanfaat dalam membakar kalori. Membakar kalori dapat membantu Moms dalam mempertahankan atau menurunkan berat badan.

Mencegah berbagai penyakit 

Manfaat lain yang dapat Moms rasakan dari jalan cepat yaitu terhindar dari berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Perlu Moms ketahui bahwa jalan kaki setidaknya 30 menit sehari dan lima hari seminggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner sekitar 19 persen.

Baca Juga: Jenis Latihan Kebugaran Jasmani yang Bisa Dilakukan di Rumah!

Memperkuat tulang dan otot

Jalan kaki dapat memperkuat tulang dan otot. Untuk menambah kekuatan, Moms dapat berjalan di area perbukitan atau jalan yang menanjak.

Manfaat jalan cepat dapat meningkatkan mood

Manfaat selanjutnya dari jalan cepat yaitu dapat meningkatkan kesehatan mental. Perlu Moms ketahui bahwa jalan cepat dapat mengurangi kecemasan, depresi, dan suasana hati yang tidak baik. Agar dapat merasakan manfaat yang satu ini, usahakan untuk melakukan aktivitas ini selama 30 menit.

Manfaat jalan cepat dapat meningkatkan energi

Jalan-jalan ketika Moms sedang lelah dapat menjadi pendorong energi yang lebih efektif daripada minum secangkir kopi.

Berjalan dapat meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh. Berjalan juga dapat meningkatkan kadar kortisol, epinefrin, dan norepinefrin. Itu merupakan hormon yang membantu meningkatkan tingkat energi.

Berjalan dapat membantu Moms dalam berpikir kreatif

Berjalan bisa membuat Moms berpikir secara jernih dan kreatif. Jika Moms melakukan dengan rutin, maka manfaat jalan cepat akan semakin dapat Moms rasakan.

Tips Melakukan Jalan Cepat

Setelah Moms mengetahui berbagai manfaat dari jalan cepat, ketahui beberapa tips untuk melakukan jalan cepat seperti berikut ini.

Gunakan sepatu yang tepat

Sepatu yang nyaman untuk mengurangi risiko cedera

Moms sebaiknya menggunakan sepatu yang memiliki sol tebal dan fleksibel agar kaki dapat tetap terlindungi. Tidak hanya itu, Moms juga dapat terhindar dari risiko cedera maupun terluka.

Pilih pakaian yang nyaman

Gunakan pakaian yang nyaman untuk jalan cepat dan sesuaikan dengan kondisi cuaca. Apabila Moms melakukan jalan cepat pada malam hari, Moms dapat menggunakan pakaian yang terdapat reflektor nya agar pengguna jalan lain dapat mengetahui keberadaan Moms.

Gunakan rute yang aman dan nyaman

Sebaiknya Moms menghindari melakukan jalan cepat pada jalan yang tidak rata, rusak atau berlubang. Tujuannya agar Moms tidak terluka atau cedera.

Lakukan pemanasan terlebih dahulu

Sebelum melakukan jalan cepat, wajib bagi Moms untuk melakukan pemanasan. Moms dapat berjalan secara perlahan selama 5 sampai 10 menit agar otot-otot tidak tegang dan mengurangi risiko cedera. Manfaat jalan cepat pun dapat Moms rasakan.

Lakukan pendinginan

Ketika Moms ingin berhenti atau istirahat melakukan jalan cepat, kurangi intensitas nya dengan berjalan secara santai. Moms dapat melakukan jalan santai selama 5 sampai 10 menit agar otot yang awalnya panas, perlahan mendingin.

Lakukan peregangan otot

Moms dapat melakukan peregangan setelah selesai pendinginan. Moms tetap bisa melakukan peregangan di awal, namun tetap melakukan pemanasan terlebih dahulu ya, Moms!

Manfaat jalan cepat akan jauh lebih Moms rasakan khususnya jika Moms ingin mencapai berat badan ideal. Akan tetapi, penting untuk Moms ingat bahwa konsistensi merupakan kuncinya. Apabila Moms melakukan aktivitas ini tanpa komitmen, tentu manfaat yang akan diperoleh hanya sekadar angan-angan.

Baca  Juga: Manfaat Yoga Untuk Diet yang Wajib Moms Ketahui!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like