Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang umumnya digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis makanan. Selain menambah rasa dan memiliki aroma yang sedap, ternyata ada banyak manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh.

Apa saja manfaat yang bisa Moms peroleh dari kayu manis?

Mengontrol gula darah

Kayu manis dipercaya mampu mengontrol gula darah. Hal ini disebabkan kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah.

Lalu, kayu manis juga membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe 2. Satu gram kayu manis saja diketahui dapat menurunkan tingkat gula darah, trigliserida, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes.

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Sebuah penelitian menyatakan bahwa manfaat kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Selain itu, kayu manis juga menjadi salah satu rempah yang dapat menyembuhkan kanker.

Sebagai penghangat 

Kayu manis umumnya digunakan oleh pengobatan tradisional China pada orang yang terkena demam atau influenza. Hal ini disebabkan karena kayu manis memiliki zat yang membuat tubuh lebih hangat dan nyaman.

Baca juga: Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Moms

Meringankan sakit pada penderita rematik

Manfaat selanjutnya dari kayu manis untuk kesehatan adalah mampu mengatasi rematik. Kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat mengakibatkan rematik.

Menyeimbangkan kadar hormon

Kandungan cinnamaldehyde digadang-gadang dapat menyeimbangkan hormon, meningkatkan hormon progesteron, dan mengurangi hormon testosteron pada wanita.

Mengatasi Peradangan pada Wajah

Sifat antibiotik dan antimikroba yang dimiliki oleh kayu manis dapat membantu mengatasi peradangan pada wajah. Cara pengaplikasiannya cukup mudah, oleskan minyak esensial kayu manis apabila kulit mengalami peradangan, nyeri, atau kemerahan. Mencampurkan kayu putih dan madu juga dapat mencegah timbulnya jerawat pada wajah.

Mendukung Kesehatan Jantung

Selanjutnya, manfaat kayu manis lainnya juga bisa diperoleh untuk menjaga kesehatan jantung. Konsumsi kayu manis juga berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung, termasuk mencegah berbagai macam gangguan jantung lainnya seperti kadar kolesterol tinggi, tingkat trigliserida tinggi, dan tekanan darah tinggi. Kandungan antioksidan kayu manis yang dapat mencegah pembekuan darah.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat kayu manis selanjutnya adalah membantu menurunkan berat badan. Bagian ini tentu banyak disukai oleh para pejuang diet yang ingin menurunkan berat badan, ya Moms. Kayu manis memiliki kandungan zat yang disebut dengan Cinnamaldehyde. Zat ini berguna untuk membantu pembakaran lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Wah, ternyata banyak sekali manfaat yang bisa Moms peroleh dari kayu manis ya!

Baca Juga: Virgin Oil dengan Segudang Manfaat

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like