Manfaat kayu secang tidak hanya dari kayunya bisa dibuat menjadi hiasan, namun juga sebagai tanaman obat. Kayu secang atau Caesalpinia sappan L berasal dari pohon kecil dan berduri yang dapat tumbuh hingga 9 m. Tanaman kayu secang banyak tumbuh di India, Cina, serta Indonesia. Untuk mendapatkan kayu secang, bagian dalam batang pohon diambil kemudian dipotong kecil-kecil. Lalu, apa saja manfaat yang bisa Moms peroleh dari kayu secang? Berikut penjelasannya.

Ramuan tradisional kayu secang

Kayu secang sering digunakan oleh orang Indonesia sebagai bahan pembuat minuman rempah penghangat tubuh. Berbeda dalam pengobatan tradisional Cina, kayu secang dengan citarasa manis  campur asin dihubungkan dengan penanganan untuk gangguan jantung, hati, serta limpa. 

Sebagai ramuan herbal tradisional, kayu secang dipercaya memiliki khasiat menyegarkan darah, memperbaiki siklus menstruasi, serta pereda nyeri dan bengkak. Sebagian besar manfaat kayu secang sebagai obat tradisional yaitu mengatasi kondisi yang berkaitan dengan darah. Lalu bagaimana menurut riset-riset ilmiah?

Manfaat kayu secang menurut penelitian medis

Memiliki senyawa antimikroba

Menurut sebuah riset pada hewan, kandungan etanol dalam kayu secang mampu menghambat pertumbuhan berbagai bakteri. Hal ini berarti kayu secang berpotensi untuk mengatasi penyakit akibat infeksi. 

Membantu mengatasi masalah jerawat

Mencuci muka dengan air rebusan kayu secang bisa membantu Moms untuk mengatasi jerawat. Manfaat kayu secang ini diduga muncul berkat kandungan brazilein.

Brazilein merupakan pigmen merah dalam ekstrak kayu secang. Dalam penelitian tertentu, kandungan ini dianggap mampu melawan propionibacterium yang menyebabkan jerawat. 

Sebagai sumber antioksidan

Ekstrak kayu secang memiliki kandungan kadar fenol, flavonoid, dan terpenoid yang tinggi. Ketiga senyawa ini adalah antioksidan yang berfungsi mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas di tubuh.

Kerusakan sel akibat radikal bebas dapat mengakibatkan penuaan dini dan berbagai jenis penyakit. Seperti kanker dan penyakit jantung. 

Mengandung senyawa anti alergi

Bagi mereka yang menderita alergi, manfaat kayu secang mungkin dapat membantu. Moms dapat mengonsumsi minuman secang secara rutin.

Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa senyawa chalcone dalam kayu ini memiliki khasiat untuk mengurangi gejala alergi. 

Membantu dalam mengatasi kejang

Berdasarkan hasil penelitian, ekstrak kayu secang mempunyai potensi sebagai bagian dari pengobatan terhadap kejang-kejang baik karena epilepsy ataupun kelainan lainnya. Sejauh ini beberapa penelitian menemukan bahwa kayu secang memiliki aktivitas anti konvulsan. 

Berpotensi sebagai antijamur

Uji coba ekstrak air kayu secang ternyata menunjukan kemampuan menghambat pertumbuhan jamur Aspergillus niger dan Candida albicans. Kedua jenis jamur ini adalah dalang di balik beberapa infeksi pada manusia. 

Semua klaim khasiat dan manfaat kayu secang tersebut tentu masih membutuhkan penelitian lebih lanjut dan lebih luas. Dengan ini, kita bisa mengetahui apakah efek baik kayu secang pada hewan percobaan akan memberikan dampak yang sama pada manusia. Apabila Moms ingin merasakan manfaat kayu secang, sebaiknya tetap konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Baca Juga: Manfaat Tomat untuk Wajah yang Wajib Moms Ketahui

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like