Pemanfaatan lidah buaya tidak hanya sekadar menjadi tanaman hias di rumah. Lidah buaya juga sering dimanfaatkan sebagai obat dari bahan alami maupun untuk kesehatan. Khasiatnya banyak digunakan sebagai perawatan tubuh bagi manusia ataupun untuk menyembuhkan luka. Tidak hanya itu, masih banyak manfaat lidah buaya yang wajib Moms tahu.

Apa saja manfaat lidah buaya?

Merawat Rambut dan Kulit Kepala

Manfaat lidah buaya yaitu dapat digunakan sebagai perawatan rambut dan kulit kepala. Lidah buaya memiliki kandungan mineral, vitamin, asam amino dan phytonutrient yang mana kandungan-kandungan tersebut sangat baik bagi kesehatan kulit dan rambut.

Gel lidah buaya yang memiliki kandungan mineral dan vitamin itulah yang mampu menghidrasi kulit kepala dan mengurangi peradangan ketombe. Lidah buaya juga dapat dipakai sebagai conditioner, yang selanjutnya dapat memberikan efek halus pada rambut.

Menyembuhkan Luka Bakar

Manfaat lidah buaya lainnya yaitu dapat menyembuhkan luka bakar. Getah dari lidah buaya dapat dengan cepat membantu kulit yang mengalami iritasi. Hal ini karena lidah buaya bersifat antiinflamasi dan juga khasiatnya sebagai penyembuh luka. Manfaat tersebut dapat kita peroleh dengan cara mengoleskan lidah buaya dalam bentuk gel.

Penelitian juga membuktikan jika mengoleskan gel lidah buaya secara rutin di daerah luka bakar, dapat memberikan efek mengurangi waktu penyembuhan hingga 9 hari dari pada memakai salep bakar pada umumnya.

Sebagai Bahan Hand Sanitizer

Manfaat lidah buaya selanjutnya yaitu sebagai bahan untuk membuat hand sanitizer. Cara membuatnya juga tidak sulit. Moms hanya perlu mencampurkan setengah cangkir gel lidah buaya dengan setengah cangkir alkohol dan beberapa tetes minyak esensial. Campuran tersebut selanjutnya dapat membersihkan tangan, melembutkan kulit, dan juga mengharumkan kulit.

Baca juga: Khasiat Buah Naga yang Mungkin Belum Moms Ketahui

Membantu melancarkan pencernaan

Moms bisa memperoleh manfaat lidah buaya dengan mengolahnya sebagai jus, untuk membantu melancarkan pencernaan. Karena bagian luar lidah buaya memiliki kandungan antrakuinon yang memiliki efek pencahar.

Moms tetap disarankan untuk tidak mengkonsumsinya terlalu banyak, serta tetap berhati-hati ketika membersihkan dan mengolahnya.

Sebagai sumber vitamin C

Lidah buaya kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin ini baik untuk kesehatan karena dapat berperan sebagai antioksidan dan membantu melawan inflamasi atau peradangan, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Melembapkan kulit

Gel lidah buaya dapat diserap dengan mudah oleh kulit, sehingga baik untuk kulit yang berminyak. Akan tetapi, ternyata tanaman ini juga baik untuk kulit kering. Moms dapat menggunakan lidah buaya sebagai pelembab, setelah mandi.

Pembersih make up alami

Karena teksturnya yang lembut dan konsistensinya serupa gel, lidah buaya memiliki manfaat sebagai pembersih make up alami. Moms dapat menggunakan bagian daging lidah buaya dan bersihkan, lalu haluskan.

Dengan handuk yang berbahan lembut, oleskan gel lidah buaya ke wajah untuk membersihkan sekaligus melembabkan kulit. Akan tetapi perlu diingat, bahwa ada sebagian orang sensitif terhadap lidah buaya. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menggunakannya.

So, banyak sekali ya manfaat yang bisa Moms peroleh dari lidah buaya!

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like