Manfaat minyak tawon biasanya dikenal dengan penggunaannya saat pijat. Minyak ini banyak digunakan oleh tukang pijat karena dapat menimbulkan rasa panas pada kulit dan membuat otot menjadi lebih rileks. Selain untuk pijat, Manfaat minyak tawon ampuh untuk luka luar dan persendian serta berbagai penyakit lainnya. Lalu, apa saja manfaat minyak tawon untuk kesehatan? Simak penjelasannya yuk, Moms!

Manfaat Minyak Tawon

Manfaat Minyak Tawon untuk Pijat 

Minyak tawon berfungsi sebagai pelumas agar tangan lebih lincah dalam memijat. Saat tubuh pegal, minyak tawon menjadi pilhan utama di masyarakat.

Minyak ini aman dioleskan ke kulit. Tapi, sebaiknya berhati-hati mengoles minyak tawon pada area kulit yang terluka karena sensasi panasnya memberi efek perih pada beberapa orang.

Minyak Tawon memiliki kandungan capujut dan mengandung senyawa aktif cinole yang berfungsi untuk meredakan nyeri dan pegal.

Manfaat Minyak Tawon untuk Meredakan Sakit Kepala 

Apabila Moms mengalami sakit kepala karena flu, minyak tawon bisa meredakannya. Hanya dengan gosokkan minyak tawon pada bagian samping kepala secara perlahan disertai pijatan kepala akan terasa lebih baik.

Manfaat Minyak Tawon untuk Mengobati Sakit Perut dan Diare

Bagi Moms yang memiliki masalah pada pencernaan, kandungan pada minyak tawon ini sangat bermanfaat. Hanya dengan menggosokkan minyak tawon pada bagian perut secara perlahan, pencernaan Moms akan terasa lebih baik dan lancar.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Minyak tawon juga bermanfaat untuk membantu melancarkan sirkulasi darah. Hal ini membuat minyak tawon berguna untuk menghangatkan dan meredakan rasa capek atau pegal-pegal. Moms dapat menggunakannya dengan cara dioleskan dan lakukan pemijatan pada area tertentu yang terasa capek atau pegal.

Menghangatkan Tubuh dan Melegakan Pernafasan

Bau minyak tawon sangat khas dan dapat membantu melegakan pernapasan Moms dari hidung tersumbat. Aroma cajuput oil yang bersifat aromaterapi ditambah dengan bau yang khas bawang, minyak serai, dan kunyit inilah yang melancarkan sirkulasi udara di hidung.

Tidak hanya itu, kandungan cajuput oil juga dapat menghangatkan tubuh. Kemudian, bawang merah yang memberikan efek vasodilatasi, ketika digosokkan ke kulit, peredaran darah akan lebih lancar sehingga baik untuk mengatasi masuk angin jika digunakan untuk minyak kerokan.

Manfaat Minyak Tawon untuk Mencegah Gigitan Nyamuk

Moms juga bisa memanfaatkan minyak tawon dari gigitan nyamuk. Agar terhindar dari gigitan nyamuk, Moms bisa mengoleskan minyak tawon pada tubuh tipis-tipis.

Karena nyamuk tidak menyukai bau minyak tawon yang cukup menyengat dan cenderung menjauhi bau tersebut, Moms bisa kembali beraktivitas.

Tidak hanya itu, minyak tawon yang dibuat dari ekstrak kunyit mengandung senyawa aktif curcumin yang dapat menurunkan risiko peradangan di kulit.

Bekas gigitan nyamuk membuat kulit terasa gatal. Bila kulit terus Moms garuk, kulit bisa membengkak dan meradang. Maka dari itu, untuk memulihkan peradangan Moms dapat mengoleskan minyak tawon pada kulit yang digigit nyamuk.

Baca Juga: Manfaat Asam Jawa yang Perlu Moms Ketahui

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like