Kalau Moms mulai merasa bosan minum jus buah-buahan, Moms bisa coba beralih ke jus sayuran lho. Tidak perlu khawatir membayangkannya. Ada banyak berbagai macam sayuran yang dapat dibuat jus nikmat dan menyegarkan. Contohnya adalah seledri, sayuran hijau yang biasa digunakan sebagai hiasan untuk mempercantik tampilan makanan, ternyata mempunyai banyak manfaat jika Moms meminum jus seledri.

Seledri mempunyai kandungan nutrisi yang cukup beragam, dan dipercaya bila rajin minum jus seledri bisa memperoleh banyak manfaat dan membantu menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan nutrisi seledri

Seledri kaya akan berbagai nutrisi yang membantu menjaga kesehatan tubuh, diantaranya yaitu serat, asam folat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, zat besi, magnesium, flavonoid, hingga antioksidan.

Seledri juga rendah kalori, jadi jus seledri sering dijadikan sebagai pengganti minuman olahraga oleh para atlet sebelum latihan karena terbukti dapat membantu meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh selama berolahraga.

Manfaat yang didapat dari minum jus seledri

Umumnya orang yang tidak memasukkan seledri dalam makanannya atau tidak mengonsusmsinya karena tidak suka dengan rasanya. Padahal, kalau tidak suka rasa seledri dalam bentuk aslinya, bisa dicoba untuk dibuat menjadi jus.

Berikut lima manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari seledri.

Penelitian mengemukakan bahwa biji seledri bersifat antihipertensi. Seledri memiliki kandungan senyawa fitokimia yang berfungsi untuk memperbaiki kerja dinding arteri untuk mengendalikan tekanan darah. Alhasil, tekanan darah pun menurun dan lebih terkontrol.

Mencegah penyakit kronis

Seledri adalah salah satu sumber flavonoid yang merupakan salah satu jenis antioksidan. Studi di tahun 2014 menemukan hasil bahwa flavonoid dalam sayur seledri memiliki potensi mencegah penyakit kronis, khususnya penyakit jantung, hati, dan ginjal. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memperkuat penelitian ini.

Meminimalisir efek samping kemoterapi

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa saat jus seledri dikonsumsi bersama obat kemoterapi doxorubicin, hal tersebut memiliki manfaat yaitu mampu mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh serangan radikal bebas dari sel kanker. Akan tetapi, ada baiknya tetap konsultasikan dulu ke dokter apabila Moms ingin minum jus seledri selama menjalani kemoterapi.

Melawan peradangan dalam tubuh

Kandungan flavonoid yang ada dalam seledri juga mampu membantu sistem imun tubuh melawan peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas. Apabila terus dibiarkan, radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada DNA dan sel-sel yang sehat sehingga menyebabkan kesehatan dalam tubuh terganggu.

Selain menangkal risiko penyakit kronis, flavonoid juga membantu tubuh lebih baik dalam menyerap vitamin C sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Asupan flavonoid juga mampu membantu mencegah dan/atau mengobati alergi, infeksi virus, arthritis, dan kondisi peradangan tertentu.

Meminimalisir stres oksidatif

Sebuah studi yang meneliti tentang manfaat jus seledri pada tikus lab, mengemukakan hasilnya yaitu membuktikan bahwa flavonoid dalam seledri juga bisa bantu untuk mengurangi efek stres oksidatif dalam tubuh yang menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti stroke, kanker, hingga penyakit jantung koroner.

Baca juga: Menu Diet Sehat yang Wajib Dikonsumsi Saat Diet

Selingi konsumsi jus dengan makan seledri utuh untuk mendapatkan khasiat maksimal

Walaupun memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, akan tetapi tidak ada salahnya untuk menyelingi minum jus seledri dengan makan sayur seledri dalam bentuk utuh yang dicampur ke dalam menu makan Moms. Karena beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah dan sayur akan lebih optimal jika bisa dimakan utuh.

Seperti contohnya, kandungan antioksidan pada sumber makanan dari tumbuhan biasanya akan berkurang atau bahkan hilang ketika diolah menjadi jus. Selain itu, jus seledri tetap bisa jadi salah satu pilihan yang baik karena sebagian besar terdiri dari air, sehingga bisa menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Jamu Kunyit Asam yang Harus Moms Ketahui

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like