Senam lantai memiliki banyak sekali manfaat yang wajib Moms tahu. Apa yang terlintas di pikiran Moms ketika mendengar senam lantai? Mungkin akan sulit dan malas dilakukan. Akan tetapi, sebenarnya itu hanya ada di pikiran saja apabila belum dicoba. Lalu, apa saja manfaat yang dapat Moms peroleh dari senam lantai? Simak penjelasan berikut ya Moms!

Manfaat Senam Lantai

Meningkatkan Fleksibilitas

Senam lantai terlihat sulit dilakukan. Akan tetapi, apabila sudah ‘terjun’ ke dalamnya maka bisa membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh Moms.

Otot akan menjadi lebih kencang dibandingkan melakukan olahraga lainnya. Hal tersebut diungkap oleh Macauley Carruthers, seorang calisthenics maestro, yang menyarankan Moms menambahkan jadwal rutin melakukan senam lantai setiap minggunya.

“Sebagian besar latihan membutuhkan fleksibilitas dan kamu akan melihat beberapa otot menjadi lebih kencang. Dengan melatih otot melalui gerakan senam lantai, tubuh akan beradaptasi untuk melakukan latihan secara benar. Mulailah dengan peregangan dan pemanasan yang dinamis sebelum melakukan senam lantai,” ujar Macauley.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat senam lantai untuk kesehatan lainnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, Moms tidak perlu ragu untuk menambah rutinitas senam lantai ke dalam jadwal olahraga setiap minggunya.

“Melakukan senam lantai tiga sampai lima kali dengan istirahat sejenak dapat membangun daya tahan tubuh Anda terhadap kelelahan seperti latihan kardiovaskular,” ujar Macauley lagi.

Bagus untuk Tulang

Manfaat lain dari senam lantai untuk kesehatan yaitu bagus untuk tulang. Jika sudah menguasai gerakan senam lantai maka Moms tidak perlu takut lagi untuk mengalami cedera.

“Senam lantai tidak hanya meningkatkan kekuatan otot tapi juga tulang dan sendi sehingga mengurangi risiko cedera saat olahraga,” tambahnya.

Menurunkan Berat Badan

Moms ingin menurunkan berat badan? Senam lantai dapat menjadi pilihan olahraga yang tepat. Manfaat senam lantai lainnya yaitu untuk menurunkan berat badan.

“Karena banyak melibatkan otot saat latihan, kamu akan membakar lebih banyak kalori dengan latihan ini daripada latihan kardio pada umumnya,” ujar Macauley.

Memperbaiki Postur Tubuh

Senam lantai juga mempunyai manfaat kesehatan yang dapat memperbaiki postur tubuh tubuh. Ketika latihan mulai meningkat dan tubuh menjadi lebih kuat. Latihan ini tidak hanya membantu meningkatkan kekuatan tubuh namun juga keseimbangan dalam kontrol diri sehingga postur tubuh akan lebih baik.

“Ini akan meningkatkan keseimbangan dan kontrol tubuh yang berpaku pada kaki,” pesannya.

Penelitian yang melibatkan 6 atlet senam lantai dan dari cabang lainnya menunjukkan kalau atlet senam lantai mempunyai keseimbangan tubuh lebih baik dibanding olahraga lain.

’Mengobati’ Depresi

Penelitian membuktikan bahwa manfaat senam lantai untuk kesehatan tak hanya bagus secara fisik tapi juga mental. Senam lantai bisa mengurangi depresi karena meningkatkan endorfin (hormon bahagia).

Tidur Berkualitas Bagi Ibu Hamil

Apabila Moms sedang hamil, Moms tentu menjadi sering lelah dan kurang tidur karena perubahan bentuk tubuh dan hormon. Menurut studi terbaru, peserta yang melakukan senam lantai mendapatkan manfaat kesehatan dari olahraga tersebut.

Selain kualitas tidur yang lebih baik, studi lain juga menunjukkan bahwa senam lantai membantu ibu hamil mengatasi depresi, mood swing, atau gangguan makan.

Rutin lakukan senam lantai untuk mendapatkan manfaatnya

Beberapa senam lantai yang bisa Moms coba di rumah

Jika sudah mengetahui manfaatnya, ayo segera mulai rutin melakukan senam lantai yang akan membuat Moms menjadi lebih sehat. Terdapat beberapa senam lantai yang bisa Moms lakukan sendiri di rumah, seperti dilansir dari wellandgood.com berikut ini:

  • Glute Bridge + Crunch

Gerakan ini dimulai dengan Moms terlentang dan menekuk kaki, lalu angkat pinggul Moms hingga posisi perut terangkat ke sudut sekitar 45 derajat. Lalu turunkan lagi posisi perut, diikuti dengan gerakan crunch. Lakukan crunch sebanyak tiga kali untuk tiap kali Moms melakukan Glute Bridge untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Lift and Lower

Gerakan ini dimulai dengan Moms memposisikan diri seperti melakukan plank menyamping, namun posisi lutut menyentuh lantai. Jika lutut kanan yang menyentuh, maka sesudah itu Moms harus mengangkat kaki kiri hingga mencapai posisi lurus antara pundak dengan kaki. Begitu juga sebaliknya, jika lutut kiri yang menyentuh lantai, maka kaki kanan yang diangkat.

  • Plank Up and Down

Gerakan yang satu ini cukup mudah untuk diikuti, namun jika dilakukan berulang kali akan menimbulkan tantangan tersendiri dan hasil yang maksimal untuk Moms. Pertama-tama Moms lakukan posisi plank dengan tangan lurus sepenuhnya, lalu tekuk satu tangan diikuti tangan yang satunya. Sesudah itu rubah lagi posisi tangan menjadi lurus seperti semula.

Lakukan repetisi yang Moms rasa cukup memberikan ketegangan pada otot dan akan melatih tubuh Moms menjadi lebih kuat.

Baca Juga: Cara Meninggikan Badan Secara Alami yang Bisa Dicoba

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like