Teh hijau, telah lama diperbincangkan sebagai jenis teh yang memiliki banyak khasiat. Hal ini karena teh merupakan minuman yang tinggi kandungan zat antioksidan seperti enzim, asam amino, dan polifenol yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, teh hijau juga mengandung vitamin B, folat, mangan, potassium, magnesium, dan kafein.

Apa saja manfaat teh hijau yang belum Moms ketahui?

Manfaat teh hijau yang pertama adalah dapat menurunkan risiko kanker. Teh hijau tinggi akan kandungan zat antioksidan. Hal tersebut memberi manfaat untuk menurunkan risiko berbagai jenis kanker.

Diketahui bahwa kerusakan oksidatif berkontribusi terhadap perkembangan kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, serta kanker usus dan zat antioksidan dalam teh hijau mampu menangkalnya.

Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat teh hijau yang selanjutnya adalah dapat berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak. Bahan aktif dalam teh hijau yakni kafein berfungsi untuk mendukung fungsi otak. Oleh karena itu, saat kafein masuk ke dalam otak, maka kafein akan memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut dengan Adenosine.

Dengan cara ini, terjadi penembakan neuron dan konsentrasi neurotransmitter seperti dopamine dan norepinefrin. Alhasil, fungsi otak akan meningkat.

Baca juga: Ketahui Manfaat Chia Seed yang Baik untuk Kesehatan

Meningkatkan Pembakaran Lemak

Apabila Moms menginginkan lemak Moms mengalami pembakaran dan berkurang secara sempurna terutama pada saat olahraga minumlah teh hijau. Teh hijau memiliki manfaat yaitu mampu meningkatkan jumlah lemak yang dibakar saat Moms sedang olahraga.

Hal ini dapat dilihat dari penelitian yang membuktikan bahwa orang yang minum teh hijau sebelum olahraga membakar 17% lemak lebih banyak daripada mereka yang tidak minum teh hijau.

Mengobati Jerawat

Kandungan katekin dalam teh hijau menjadikan teh ini memiliki manfaat untuk mengobati jerawat. Karena katekin merupakan senyawa yang memiliki sifat anti-bakteri, membantu mengontrol ketidakseimbangan hormone, dan anti inflamasi yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Suatu penelitian di tahun 2012 yang diterbitkan dalam journal of Investigative Dermatology menyatakan bahwa epigallocatechin-3-gallate (EGCG), komponen dalam teh hijau, membantu mengobati jerawat dengan memodulasi target molekuler intraseluler dan menghambat pertumbuhan bakteri jerawat.

Kesehatan Kulit

Masalah kulit tidak hanya terjadi pada kulit di sekujur tubuh saja, akan tetapi bisa juga terjadi pada kulit kepala, seperti ketombe. Menurut sebuah studi teh hijau dapat menjadi pengobatan baru untuk masalah inflamasi kulit, seperti ketombe dan psoriasis.

Psoriasis merupakan penyakit kulit inflamasi  yang menimbulkan bercak kering dan kemerahan pada kulit, serta pengelupasan. Hal ini diakibatkan oleh peradangan dan kelebihan sel-sel tertentu pada kulit. Teh hijau dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab inflamasi kulit dan mengontrol keberadaan gen yang mengatur siklus hidup sel-sel tersebut. 

Ternyata teh hijau memiliki banyak sekali manfaat ya Moms, jadi apakah Moms tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: Berbagai Manfaat Daun Sirsak untuk Mengobati Masalah Kesehatan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like