10 Manfaat Yoga Untuk Wanita Agar Tetap Sehat

Manfaat yoga untuk wanita yang bisa Moms rasakan

Yoga sudah dikenal dapat menghasilkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Memperbaiki postur tubuh, meningkatkan kesehatan mental, dan juga membuat lebih percaya diri adalah beberapa manfaat yoga, namun ada juga manfaat yoga khusus untuk wanita yang bisa Moms rasakan.

  • Membantu kesehatan kehamilan dan juga proses persalinan

Menurut thegoodbody.com salah satu manfaat yoga untuk wanita adalah dapat membantu menjaga kesehatan Moms selama proses kehamilan. Hal ini karena yoga dapat membantu Moms untuk menurunkan tingkat stres yang mungkin dialami selama hamil.

Tidak hanya itu, saat Moms akan menjalankan proses persalinan, yoga juga akan memberikan manfaat lain yaitu dengan menurunkan waktu yang dibutuhkan untuk Moms menjalani persalinan. Namun sebelum melakukan yoga saat hamil, Moms sebaiknya berkonsultasi dengan dokter agar dapat mengetahui gerakan apa yang masih aman untuk dilakukan.

  • Meningkatkan performa seks

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard menunjukan bukti adanya hubungan antara kegiatan yoga dengan tingkat kepuasan seksual wanita. Studi tersebut mengajak 40 wanita yang aktif secara seksual untuk rutin melakukan yoga, 75% peserta mengakui sesudah 12 minggu rutin melakukan yoga, kepuasan seksual mereka meningkat.

Beberapa hal yang mengalami peningkatan termasuk gairah yang dirasakan oleh wanita, pelumasan vagina yang lebih baik, dan juga kemampuan untuk mencapai orgasme. Manfaat yoga untuk wanita yang satu ini pasti terdengar menyenangkan untuk Moms bukan?

  • Menurunkan sakit selama PMS

Khasiat yoga untuk Moms berikutnya adalah kemampuan untuk membantu wanita melewati masa PMS. Dengan melakukan yoga, maka masalah yang berkaitan dengan perilaku, emosi, dan fisik selama masa PMS dapat lebih dihadapi.

Yoga akan membuat hidup Moms menjadi lebih ringan selama PMS karena dapat mencegah rasa sakit dan juga emosi yang bisa menjadi kurang stabil.

  • Mengurangi gejala-gejala yang bisa timbul sesudah menopause

Untuk Moms yang sedang menghadapi gejala-gejala menopause seperti hot flashes, yoga dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh gejala tersebut. Sebuah studi yang dilakukan di India berhasil membuktikan bahwa yoga memang terbukti efektif mengurangi efek menopause, dan dianjurkan menjadi salah satu gaya hidup yang harus dilakukan oleh wanita yang sudah mengalaminya.

  • Membantu wanita yang mengalami kanker payudara
Yoga dapat membantu menurunkan stres dan rasa cemas

Manfaat yoga untuk wanita lainnya adalah kemampuannya untuk meredakan stres dan juga rasa cemas yang dialami oleh mereka yang terkena kanker payudara. Dengan melakukan yoga, maka kualitas hidup pasien kanker payudara dapat meningkat menjadi lebih baik.

  • Mencegah terjadinya diabetes gestasional

Tingkat terjadinya diabetes gestasional pada wanita hamil di seluruh dunia telah meningkat selama beberapa tahun terakhir ini. Khasiat yoga juga dapat membantu wanita untuk menjadi lebih aktif selama masa kehamilan dan akan bermanfaat untuk Moms yang sedang mengalami masa kehamilan agar terhindar dari kemungkinan terkena diabetes gestasional. Namun, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan ya Moms sebelum melakukan yoga saat hamil.

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Wanita juga harus senantiasa menjaga kesehatan jantung, nah yoga ternyata juga dapat memberikan manfaat tersebut. Dengan rutin melakukan yoga, maka peredaran darah Moms akan menjadi lebih lancar.

Tingkat stres pun dapat menurun pada mereka yang rutin melakukan yoga. Tentunya hal ini harus diimbangi dengan gaya hidup yang sehat juga ya Moms seperti makan makanan yang sehat dan tidak merokok atau minum alkohol.

  • Menurunkan resiko terkena penyakit Alzheimer

Rutin melakukan yoga akan memberikan manfaat untuk menurunkan resiko Moms terserang penyakit Alzheimer. Gerakan yoga yang menenangkan dan menurunkan stres, akan membantu menjaga kesehatan otak Moms.

  • Menghilangkan sakit punggung dan pinggang

Menurut statistik, ternyata wanita lebih sering mengalami sakit pada bagian belakang tubuh loh Moms. Untungnya manfaat yoga untuk wanita yang juga bisa Moms rasakan adalah untuk menghilangkan sakit tersebut.

Ada beberapa gerakan yoga yang memang ditujukan untuk meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot pada bagian belakang tubuh. Sebaiknya Moms rutin melakukan gerakan tersebut jika memang mengalami masalah punggung dan pinggang.

  • Mengatasi gangguan kecemasan

Sebagai salah satu hal yang mengganggu kesehatan mental, gangguan kecemasan memang dapat menyerang siapa saja. Yoga sudah terbukti dapat menurunkan tingkat kecemasan tinggi yang mungkin sedang Moms alami, atau bahkan depresi.

Jangan ragu lagi untuk mulai melakukan yoga ya Moms, ajaklah orang-orang di sekeliling Moms untuk yoga bersama-sama agar mendapatkan suntikan motivasi untuk rutin melakukannya.

Baca juga: Atasi Sakit Kepala dengan Gerakan Yoga Berikut!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x