Seperti yang dilansir dari Health Direct, mata gatal, atau yang disebut sebagai ocular pruritis, merupakan masalah yang sangat umum. Mata gatal umumnya diakibatkan oleh alergi atau kondisi yang disebut sindrom mata kering. Moms mungkin juga mengalami kelopak mata yang gatal, umumnya di dasar bulu mata, mata dan / atau kelopak mata. Lalu, apa penyebab mata sering gatal? Bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Mata Sering Gatal

Alergi

Alergi merupakan salah satu penyebab mata gatal

Penyebab paling umum dari mata yang sering gatal adalah alergi. Hal ini dapat terjadi karena mata terpapar allergen, seperti serbuk sari, bulu binatang, jamur, tungau, debu, atau obat tetes mata.

Tubuh bereaksi terhadap pemicunya dengan melepaskan histamin, yang mengakibatkan pembuluh darah di mata membesar dan mengiritasi ujung saraf sehingga mata berair. Ketika mata Moms berubah menjadi merah karena alergi, itu dikenal sebagai konjungtivitis alergi.

Mata Kering

Penyebab mata sering gatal yang selanjutnya adalah mata kering. Ini merupakan kondisi dimana mata Moms tidak dapat menghasilkan cukup air mata yang sesuai untuk menjaga permukaan mata tetap lembab dan nyaman. 

Mata kering biasanya ditandai dengan gejala mata terasa perih, gatal, dan berair. Kondisi ini dapat diakibatkan oleh penuaan atau penggunaan obat-obatan tertentu, misalnya antidepresan atau pil KB.

Iritasi Merupakan Penyebab Mata Sering Gatal

Beberapa orang ada yang sangat sensitif terhadap iritan di udara, seperti asap rokok, asap kendaraan, asap pembakaran, atau bahkan parfum tertentu. Apabila mengenai mata, iritan dapat mengakibatkan mata merah, berair, bahkan gatal. Untuk mencegah hal ini, Moms dapat menghindari paparan iritasi sebagai solusi yang paling efektif.

Blefaritis

Blefaritis merupakan peradangan pada kelopak mata. Kondisi ini umumnya diakibatkan oleh infeksi. Gejala yang muncul akibat blefaritis diantaranya yaitu kelopak mata bengkak, merah, dan gatal. Tidak hanya itu, blefaritis juga dapat mengakibatkan kelopak mata mengeluarkan banyak kotoran kering dan berminyak. Hal ini dapat memperparah rasa gatal.

Di samping kondisi di atas, penyebab mata gatal juga dapat berasal dari kebiasaan sehari-hari, misalnya menggunakan lensa kontak atau softlens yang jarang dibersihkan atau tidak diganti secara teratur. Tidak hanya itu, menatap layar handphone atau komputer terlalu lama juga dapat memicu mata lelah dan mata menjadi sering gatal.

Lalu Kapan Moms Harus ke Dokter?

Moms dapat segera ke dokter apabila mengalami beberapa hal dibawah ini, antara lain:

  1. Gejala tidak kunjung membaik
  2. Terdapat cairan kental di mata Moms
  3. Mata saling menempel
  4. Moms tidak dapat membuka mata
  5. Penglihatan berubah atau kabur
  6. Moms dapat melihat lingkaran cahaya disekitar lampu
  7. Mata terasa sakit ketika melihat cahaya terang
  8. Ukuran pupil berbeda
  9. Mata bengkak

Bagaimana Cara Mengatasi Mata Gatal?

Sebagian besar kasus mata gatal tidak sulit untuk diobati. Mata gatal yang ringan, seperti yang disebabkan oleh iritasi, bahkan dapat Moms atasi sendiri di rumah dengan kompres dingin atau atau menggunakan obat tetes mata yang dijual bebas.

Akan tetapi, pada kondisi tertentu, mata gatal terkadang memerlukan obat yang diresepkan oleh dokter. Berikut beberapa contoh obat tersebut, antara lain:

Antihistamin

Mata sering gatal yang diakibatkan oleh alergi dapat diatasi dengan antihistamin. Obat ini dapat diresepkan dalam bentuk pil atau obat tetes mata, tergantung pada kondisi mata gatal.

Baca Juga: Tanda-tanda Mata Minus Pada Orang Dewasa dan Anak-anak

Antibiotik atau antivirus

Apabila mata gatal disebabkan oleh infeksi, seperti pada konjungtivitis, dokter akan memberikan obat antibiotik atau antivirus untuk mengendalikan infeksi. Obat antibiotik atau antivirus yang diresepkan dokter dapat berupa salep atau obat tetes mata dengan dosis yang berbeda-beda.

Obat tetes mata steroid

Pada kasus mata gatal yang diakibatkan oleh uveitis atau blefaritis, dokter mungkin akan meresepkan obat tetes mata yang memiliki kandungan steroid. Obat ini bekerja dengan cara menekan kerja sistem kekebalan tubuh untuk mengurangi peradangan yang dapat memicu gatal.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi mata sering gatal. Perlu Moms ketahui bahwa gejala yang dirasakan bisa ringan maupun berat, oleh karena itu segera konsultasikan kepada dokter apabila kondisi Moms tidak kunjung membaik. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Baca Juga: Ketahui Cara Mudah untuk Menjaga Kesehatan Mata

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Lia andani

sangat bermanfaat ini
bundaa terimakasih kemanakan saya juga lagi mengalami gatal gatal mau coba cara yang mom berikan dan saja juga harus menjaga kebersihan lingkungan

sheny

terimakasih utk artikelnya sgt berguna karna mata saya seringkali gatal dan karna pandemi ini masih takut untk ke dokter memeriksa mata

You May Also Like