Menjaga kebersihan mulut dan gigi adalah hal yang utama. Karena jika dibiarkan kotor, maka dapat muncul berbagai macam masalah kesehatan. Bukan hanya karang gigi, noda putih yang ada di lidah merupakan salah satu gangguan kebersihan yang sering ditemui di kesehatan mulut dan gigi. Penyebab munculnya lapisan putih ini bisa dari jamur, obat-obatan, merokok, hingga alkohol. Jika dibiarkan, lapisan putih ini bisa mengakibatkan tumbuhnya bakteri dan bau mulut. Lalu, apa saja cara membersihkan lidah putih? Simak penjelasannya, yuk Moms!

Garam

Garam merupakan scrub alami yang berfungsi membersihkan noda putih pada lidah. Taburkan garam di atas lidah Moms lalu gosokkan dengan sikat gigi.

Stroberi

Buah ini banyak digunakan untuk memutihkan gigi. Tetapi, Moms juga bisa menggunakannya untuk membersihkan noda putih di lidah.

Lemon dengan baking soda

Cara membersihkan lidah putih yang selanjutnya dengan menggunakan lemon dan baking soda. Oleskan campuran ini di lidah Moms agar mengurangi bau mulut serta memutihkan gigi.

Yogurt

Yogurt merupakan salah satu makanan yang berfungsi untuk membunuh jamur penyebab noda putih di lidah. Tidak hanya itu, yogurt  juga bermanfaat untuk menguatkan gigi Moms.

Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah yang bisa Moms gunakan sebagai obat alami. Campurkan bubuk kunyit dengan jus lemon, kemudian oleskan pada lidah Moms.

Apel

Mengunyah apel sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan gigi dan gusi Moms. Selain itu, apel mampu membuat gigi putih dan mengurangi bau mulut, apel juga mampu membersihkan lidah putih. 

Ekstrak lidah buaya

Ekstrak lidah buaya memiliki sifat anti jamur, antibakteri dan anti radang. Alangkah baiknya jika menggunakan jus lidah buaya alami yang baru saja diekstraksi, bukan yang telah dikemas di pasaran. Gunakan dua sendok makan jus lidah buaya untuk membilas mulut Moms. Lakukan ini dalam waktu secukupnya kemudian bilas dan sikat dengan pasta gigi biasa Moms.

Nah, itu dia cara membersihkan lidah putih. Semoga bermanfaat, ya Moms!

Baca Juga : Manfaat Minyak Tawon yang Baik untuk Kesehatan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like