Ada waktu tertentu dimana wanita ingin mempercepat datangnya haid saat kondisi tertentu. Beberapa cara dapat mempercepat jadwal datangnya menstruasi dengan lebih cepat tanpa harus mengonsumsi obat-obatan. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan. Lalu, makanan apa saja yang dapat mempercepat datangnya menstruasi?

Makanan Untuk Mempercepat Datangnya Menstruasi 

Berikut adalah daftar makanan yang dapat membantu Moms mempercepat datang bulan:

  • Pepaya
  • Vitamin C
  • Nanas
  • Wortel
  • Kunyit
  • Jahe

Untuk mengetahui manfaat lengkapnya, Moms bisa baca penjelasan di bawah ini.

Pepaya

Pepaya merupakan salah satu makanan untuk mempercepat datangnya menstruasi. Moms cukup mengonsumsi 1 mangkuk buah pepaya atau jus pepaya segar.

Buah pepaya menginduksi kontraksi pada otot uterus, hal ini terutama karena terdapat karoten yang merangsang hormon estrogen sehingga menyebabkan menstruasi datang lebih cepat.

Vitamin C

Mengonsumsi lebih banyak vitamin C dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Estrogen adalah hormon yang bekerja mengatur siklus menstruasi pada wanita.

Vitamin C juga mampu mengurangi tingkat progesteron yang dapat mempercepat datangnya menstruasi lebih awal. Untuk mengonsumsi suplemen vitamin C ada baiknya Moms melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Nanas

Moms dapat mengonsumsi 1 mangkuk buah nanas setiap sore, buah nanas menghasilkan panas didalam tubuh khususnya pada tubuh bagian panggul.

Hal ini dapat menginduksi kontraksi uterus dan pelepasan lapisan rahim sehingga dapat mempercepat datang bulan atau haid lebih awal.

Wortel

Semangkuk wortel rebus yang dikonsumsi 1-2 kali sehari dapat membantu melebarkan pembuluh darah pada rahim sehingga dapat membantu mempercepat datangnya haid lebih awal. Sumber betakaroten pada wortel juga dapat membantu merilekskan otot perut.

Kunyit

Kunyit sejak dulu dipercaya menjadi salah satu cara untuk mempercepat datangnya menstruasi..

Kunyit dapat meningkatkan panas dalam rahim yang membantu merangsang aliran darah ke rahim. Moms bisa mengonsumsi segelas minuman kunyit hangat agar haid datang lebih awal.

Jahe

Satu sendok ekstrak jahe dan campuran madu juga dapat mempercepat haid seminggu lebih awal.

Jahe meningkatkan panas dalam tubuh dan menginduksi periode menstruasi lebih awal. Sifat antispasmodic pada jahe memberikan bantuan dari rasa kram dan sakit selama menstruasi terjadi.

Jadi, ketika dalam kondisi tertentu apakah Moms ingin mencoba untuk mempercepat siklus haid? Akan tetapi, sebaiknya Moms tetap konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mencobanya ya!

Baca Juga: Cara Mempercepat Haid yang Aman dan Alami

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like