Menangis adalah hal normal yang pasti sudah pernah dilakukan semua orang. Tapi, bagaimana kalau Moms suka menangis secara tiba-tiba? Apakah hal tersebut adalah hal yang normal? Apabila Moms sering mengalami hal tersebut, mungkin Moms mempunyai beberapa kondisi kesehatan yang bisa menjadi penyebabnya. Penasaran apa saja penyebabnya? Simak ulasannya berikut ini.

Kondisi kesehatan yang menjadi penyebab Moms sering menangis secara tiba-tiba

1. Stres

Alasan sering menangis secara tiba-tiba yaitu stres. Sebenarnya hubungan dengan pasangan ataupun masalah pekerjaan bisa menjadi salah satu penyebab stres. Hal ini normal terjadi dan malah baik untuk Moms di situasi tertentu. Ketika stres jadi memuncak, biasanya reaksi pertama yang ditunjukkan adalah menangis. 

Jika sedang merasa stres, Moms bisa menarik napas dalam-dalam perlahan hingga merasa rileks. Konsultasi dengan psikolog tentunya juga dapat membantu untuk mengurangi stres yang dirasakan..

2.  Depresi

Apabila terus-terusan merasa stres, ini akan memicu kondisi depresi. Sebenarnya, depresi juga bisa ada meskipun tidak didahului dengan merasa stres. Ketika stres memuncak, pasti akan sering membuat Moms menangis secara tiba-tiba, dan depresi juga dapat menjadi penyebab sering menangis tanpa Moms sadari.

Stres yang memicu munculnya depresi bisa terjadi dalam waktu yang lama, hingga beberapa minggu. Hal tersebut bisa mempengaruhi aktivitas fisik misalnya seperti kurangnya nafsu makan, sulit untuk tidur, gampang lelah, dan suasana hati yang kian memburuk.

Orang depresi yang tidak menerima perawatan dari terapis biasanya melampiaskan depresinya dengan mengonsumsi alkohol dan juga obat-obatan.

Jika Moms selalu merasa stres hingga mempengaruhi aktivitas sehari-hari, disarankan untuk memeriksakan ke dokter sehingga mudah untuk mendapatkan pengobatan.

Baca juga: Orang Yang Sering Menangis Justru Menunjukan Mental yang Kuat, Masa Sih?

3. Gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan tentunya berbeda dengan rasa cemas seperti biasanya. Gangguan cemas dapat menimbulkan rasa cemas yang luar biasa sehingga bisa menjadi penyebab menangis secara tiba-tiba. 

Gangguan cemas bahkan bisa terjadi kapan saja, meskipun penderita tidak sedang mengalami rasa panik atau cemas sama sekali. Biasanya, orang yang menderita gangguan kecemasan akan menangis sebelum, selama, ataupun setelah serangan kecemasan ini terjadi. Cemas yang luar biasa ini membuat tubuh merespon dengan tangisan.

Tetapi, beberapa orang yang tidak menderita gangguan kecemasan pun sering menangis secara tiba-tiba saat dilanda rasa cemas. Karena itu, apabila Moms merasakan hal seperti ini, disarankan untuk melakukan pemeriksaan dokter guna mengetahui diagnosis yang tepat apakah Moms menderita gangguan kecemasan atau tidak.

4. Gejala PMS

Apabila Moms suka menangis secara tiba-tiba, gejala PMS ini bisa jadi penyebabnya, lho. Sindrom pramenstruasi atau yang biasa disebut dengan PMS biasa terjadi pada kebanyakan wanita ketika menstruasi tiba. Ini dapat membuat Moms menjadi gampang tersinggung, kelelahan, sulit untuk berkonsentrasi, nyeri perut, payudara, serta gejala lainnya.

Gejala-gejala yang dirasakan tentunya membuat wanita menjadi gampang stress dan mengeluarkan air mata. Resiko menangis akan bertambah ketika Moms sedang dalam keadaan stres.

Hal ini disebabkan karena ketika PMS, kadar esterogen dan progesteron tidak seimbang. Dan kondisi ini dapat mempengaruhi zat kimia di dalam otak yang bertanggung jawab pada suasana hati.

Tidak seimbangnya hormon juga terjadi saat sedang hamil. Hal ini memungkinkan Moms yang sedang hamil menjadi lebih emosional dan mudah menangis secara tiba-tiba.

Baca juga: Suka Marah Tanpa Sebab? 4 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like