Asam lambung menjadi salah satu penyakit yang sering dialami oleh seseorang. Penyakit yang sering disebut sebagai astroesophageal reflux disease (GERD) ini umumnya ditandai dengan gejala sakit dada atau nyeri ulu hati, sulit menelan, sampai perut terasa tidak nyaman. Kondisi ini dapat diakibatkan oleh beberapa faktor. Lalu, bagaimana cara mengatasi asam lambung naik dengan alami? Simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Asam Lambung Naik

Asam lambung dapat naik ke kerongkongan akibat katup antara kerongkongan dan lambung mengalami gangguan. Kondisi ini dapat mengakibatkan penderita merasakan sakit perut atau ulu hati terasa terbakar (mulas). Bagaimana cara mengatasi asam lambung naik? Simak terlebih dahulu beberapa penyebab asam lambung yang sering dialami oleh penderita, antara lain:

Usia

Penyebab asam lambung naik yang pertama yaitu faktor usia. Semakin bertambahnya usia, semakin tinggi pula risiko naiknya asam lambung. Hal ini karena tubuh tidak bisa lagi memproduksi kadar asam dengan seimbang.

Merokok

Kebiasaan merokok menjadi salah satu penyebab asam lambung naik yang paling umum dialami penderita. Merokok dapat mengganggu fungsi LES dan mengurangi produksi air ludah. Oleh sebab itu, bagi Moms yang menderita asam lambung, sebaiknya mengurangi kebiasaan merokok.

Stres

Stres juga dapat menjadi pemicu asam lambung naik, karena kondisi ini akan merangsang area tertentu pada otak sehingga meningkatkan sensitivitas rasa nyeri ulu hati. Tidak hanya itu, kondisi ini juga dapat menurunkan hormon prostaglandin, sehingga lapisan lambung dapat mengalami gangguan.

Makan Terlalu Banyak

Penyebab asam lambung naik selanjutnya adalah faktor makanan. Apabila Moms mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung gas, seperti kubis, kacang polong, dan apel dapat meningkatkan risiko asam lambung naik. Dengan tidak mengonsumsi minuman yang bersoda juga dapat mengatasi Moms menghindari asam lambung naik.

Kekurangan Nutrisi

Kekurangan asupan nutrisi juga dapat mengakibatkan asam lambung naik. Tubuh yang kekurangan nutrisi tidak bisa memproduksi enzim dengan baik sehingga pencernaan organ akan terganggu. Hal inilah yang dapat meningkatkan gas dan mengakibatkan asam lambung naik.

Baca juga: Makanan untuk Gejala Tipes yang Wajib Moms Ketahui

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Secara Alami

Asam lambung merupakan salah satu jenis gangguan pencernaan yang kerap dialami seseorang. Hal ini menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut, bahkan dapat memicu datangnya berbagai macam penyakit. Sehingga jika Moms mengalami kondisi seperti ini sebaiknya segera diatasi.

Cara mengatasi asam lambung naik dapat dilakukan secara alami, salah satunya yaitu dengan menghindari mengonsumsi makanan penyebab asam lambung, seperti alkohol, soda, kopi, atau teh secara berlebihan. Tidak hanya itu, terdapat beberapa cara mengatasi asam lambung naik lainnya, antara lain:

1. Makan lebih teratur

2. Perhatikan porsi makan

3. Mengunyah makanan dengan benar

4. Hindari minum air terlalu banyak ketika makan

5. Hindari makanan asam, pedas, dan berlemak

6. Batasi asupan cokelat

7. Kurangi minum-minuman berkarbonasi

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi asam lambung dengan alami. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Baca Juga: Mengatasi Perut Kembung dengan Cara Berikut Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like