Mengatasi Keringat yang Berlebih dengan 10 Cara Ini

Mengatasi Keringat yang Berlebih

Apakah Moms termasuk tipe orang yang mudah berkeringat? Moms mungkin mempunyai masalah kesehatan tertentu, misalnya seperti hiperhidrosis. Atau bisa juga disebabkan karena Moms mudah gugup serta stres. Apapun penyebabnya, keringat berlebih tentu sangat mengganggu serta membuat Moms tidak percaya diri.

Moms tidak perlu khawatir, ada 10 cara yang dapat dicoba untuk mengatasi keringat yang berlebih. 

Cara mengatasi keringat yang berlebih  

1. Menggunakan antiperspirant yang kuat

Jika memakai deodoran tidak mampu mengatasi keringat yang berlebih, cobalah menggunakan deodoran dengan kandungan antiperspirant yang lebih kuat. Moms juga bisa mendapatkan produk khusus dari resep dokter jika membutuhkan deodoran dengan formula yang lebih ampuh.

Pastikan Moms selalu membawa antiperspirant di dalam tas. Selain itu, jangan lupa juga untuk memakainya sebelum tidur. Produksi keringat pada malam hari tidak sebanyak siang hari. Dengan begini, antiperspirant pun akan lebih cepat menyerap ke kulit serta kelenjar keringat sehingga akan lebih manjur. 

2. Menghindari makanan pedas

Batasi mengonsumsi makanan pedas untuk mengatasi keringat yang berlebih. Karena makanan pedas dapat meningkatkan produksi keringat berlebih. Terutama saat Moms sedang cemas atau stres.

3. Memakai baju tipis serta menyerap keringat

Pastikan Moms memakai baju yang mudah untuk menyerap keringat, entah untuk bepergian, tidur, atau berolahraga guna mengatasi keringat yang berlebih. Usahakan Moms memilih baju yang berbahan 100% katun asli karena kemampuan menyerap keringatnya lebih baik. Hindarilah memakai pakaian yang berbahan polyester atau sintetis karena tidak dapat menyerap kelembaban. 

4. Memilih pakaian longgar

Menggunakan pakaian ketat hanya akan membuat tubuh serta kulit jadi sulit untuk “bernapas”. Oleh karena itu, untuk mengatasi keringat yang berlebih, pilihlah pakaian yang agak longgar atau pas di badan Moms. Khususnya jika Moms harus menggunakan beberapa lapis baju. 

5. Memakai kaos kaki

Kaki Moms juga dapat menghasilkan keringat berlebihan, lho. Ini akan mengakibatkan bau tidak sedap pada kaki. Untuk mengatasi keringat yang berlebih serta bau tidak sedap ini, pastikan Moms memakai kaos kaki yang berbahan menyerap keringat jika sedang menggunakan sepatu yang tertutup. 

Jangan lupa juga untuk tidak memakai kaos kaki yang sama selama dua hari berturut-turut. Selain itu, gantilah kaos kaki yang sudah basah karena keringat dengan yang baru. 

6. Mengganti sepatu setiap hari

Usahakan untuk tidak memakai sepatu yang sama selama dua atau tiga hari. “Istirahatkan” sepatu agar mendapat sirkulasi udara setidaknya sehari. Sehingga sepatu yang sudah terkena keringat dari kaki Moms tidak menjadi sarang bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap pada kaki. 

7. Kendalikan stres

Stres dapat membuat Moms mengalami keringat yang berlebih. Oleh karena itu, Moms perlu belajar teknik untuk mengendalikan stres dan emosi negatif. Misalnya seperti yoga, meditasi, menikmati suasana alam, ataupun konsultasi dengan terapis psikologi. 

Baca juga: Cara Mengendalikan Emosi Saat Pikiran Sedang Kalut

8. Berhenti merokok

Aktivitas merokok akan memaksa tubuh Moms bekerja lebih keras untuk membuang zat-zat beracun seperti nikotin. Nah, hal ini akan menyebabkan kelenjar keringat menghasilkan keringat berlebihan. Maka, berhenti merokok merupakan cara ampuh untuk mengatasi keringat yang berlebih. 

Baca juga: Cara Mudah Berhenti Merokok yang Bisa Dilakukan

9. Menjaga berat badan ideal

Orang yang obesitas atau kelebihan berat badan akan membutuhkan energi yang lebih besar untuk beraktivitas. Akibatnya, suhu tubuh pun akan naik dengan cepat sehingga Moms berkeringat secara berlebihan. Oleh karena itu, dengan menjaga berat badan ideal Moms dapat mengatasi keringat yang berlebih. 

Baca juga: Nyeri Otot Setelah Olahraga? Begini Cara Mengatasinya

10. Periksa ke dokter

Apabila Moms sudah mencoba berbagai cara di atas untuk mengatasi keringat yang berlebihan namun tidak kunjung berhasil, mungkin Moms memerlukan penanganan dokter seperti botox, operasi, atau minum obat khusus yang diresepkan dokter. 

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x