Masalah kram perut bisa dialami oleh siapapun. Kondisi ini terjadi karena ada tanda dari kondisi penyakit tertentu seperti otot tegang, dehidrasi, irritable bowel syndrome, gastritis, atau sembelit. Beberapa wanita ada yang mengalami kram perut ketika atau menjelang menstruasi.

Biasanya, kondisi kram perut bukanlah kondisi yang mengkhawatirkan, namun Moms harus melakukan sesuatu untuk menanganinya, apalagi kalau kram perut tidak kunjung hilang. Berikut ini beberapa cara mengatasi kram perut secara alami dan juga dengan obat-obatan. 

Bagaimana mengatasi kram perut secara alami?

Ada berbagai cara yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi kram perut menggunakan bahan-bahan alami. Perawatan yang Moms lakukan di rumah ini dapat mengobati penyebab kram perut serta mengendurkan otot perut yang mengencang.

Apabila Moms mengalami kram perut ketika sedang hamil, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan perawatan di rumah karena ada beberapa perawatan yang mungkin saja tidak aman untuk kehamilan.

Di bawah ini merupakan beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kram perut. 

1. Kayu manis

Kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang mampu membantu mengurangi resiko iritasi serta kerusakan pada saluran pencernaan. Beberapa kandungan antioksidan yang ada pada kayu manis yaitu cinnamaldehyde, linalool, dan juga eugenol.

Selain itu, kayu manis juga bisa mengurangi perut kram, begah, kembung, dan sendawa. Bahan alami ini mampu menetralisir asam lambung sehingga dapat mengurangi mulas dan gangguan pencernaan.

Caranya, Moms dapat menambahkan kayu manis utuh atau bubuknya ke dalam masakan. Apabila Moms suka minum teh, Moms dapat mencampurkan bahan alami ini dengan air mendidih yang akan digunakan untuk membuat teh. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari guna mengatasi kram perut. 

2. Cengkeh

Bahan alami lain yang dapat Moms gunakan untuk mengatasi kram perut yaitu cengkeh. Cengkeh memiliki zat yang dapat membantu mengurangi gas di dalam lambung serta meningkatkan sekresi lambung. Ini bisa mempercepat pencernaan yang lambat sehingga tekanan dan kram perut pun berkurang. 

Moms dapat memanfaatkannya dengan mencampur 1-2 sendok teh bubuk cengkeh dan 1 sendok teh madu sehari sekali sebelum tidur. 

3. Air kelapa

Dengan mengonsumsi 2 gelas air kelapa setiap 4-6 jam bisa menjadi cara Moms mengatasi kram perut. Hal ini disebabkan karena kandungan kalium serta magnesium tinggi pada air kelapa yang bisa meredakan gejala sakit perut, termasuk kejang otot dan juga kram perut. 

4. Perawatan lain

  • Mengompres dengan air panas dapat melemaskan otot perut
  • Memijat otot perut mampu menenangkan otot yang kram
  • Minum teh chamomile
  • Apabila kram perut disebabkan karena dehidrasi, penuhi kebutuhan elektrolit dengan makan pisang atau minum minuman olahraga. Tapi, konsultasikan dengan dokter jika Moms mempunyai riwayat penyakit gagal ginjal. 
  • Kurangi aktivitas fisik bila kram perut disebabkan karena otot perut yang tegang

Baca juga: 7 Penyakit yang Bisa Menyebabkan Perut Bagian Bawah Moms Sakit

Mengatasi dengan obat-obatan

Apabila perawatan rumah tidak berpengaruh atau justru semakin parah, Moms dapat meminum obat penghilang rasa sakit yang dijual di pasaran seperti acetaminophen (paracetamol) atau ibuprofen.

Untuk mengatasi kram perut, minumlah obat-obatan tersebut sesuai dengan dosis yang ada pada kemasan obat. Moms juga harus mengetahui efek samping yang ditimbulkan obat-obat tersebut. Ibuprofen serta obat-obatan sejenisnya mampu menyebabkan kerusakan ginjal serta tukak lambung apabila diminum secara berlebihan.

Sementara acetaminophen bisa menyebabkan kerusakan bahkan gagal hati jika diminum berlebihan. Konsultasikan dengan dokter apabila Moms merasa perlu minum obat-obatan ini lebih dari dosis yang dianjurkan. 

Terkadang, kram perut disebabkan karena asam lambung yang menimbulkan gastritis. Moms bisa menggunakan proton pump inhibitor atau antasid untuk mengatasi kram perut serta mengurangi asam lambung. 

Apabila cara-cara di atas tidak bisa mengurangi kram perut yang Moms derita, segeralah periksa ke dokter guna mendapatkan diagnosis serta perawatan yang tepat.

Baca juga: Apa Saja Efek Samping Ketika Moms Terlalu Banyak Minum Teh?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like