Untuk mengatasi nyeri sendi karena rematik, biasanya Moms akan diberikan obat pereda nyeri, anti radang serta obat-obatan lainnya oleh dokter guna menghambat atau menghentikan penyakit. Moms juga biasanya harus minum lebih dari satu jenis obat.

Untuk mendukung pengobatan yang didapatkan dari dokter, Moms dapat melengkapinya dengan mengonsumsi obat rematik alami yang mungkin ada di dapur rumah. Simak ulasannya berikut ini. 

Bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi nyeri sendi 

Rheumatoid arthritis atau yang biasa kita sebut rematik ini ditandai dengan sendi yang kaku, khususnya pada pagi hari. Tanda-tanda paling terasa pada bagian pergelangan tangan, tangan, atau lutut. Selain itu, peradangan ini juga dibarengi dengan nyeri, panas, hingga pembengkakan pada area yang terkena.

Di bawah ini merupakan beberapa bahan alami yang dapat Moms gunakan untuk mengatasi nyeri sendi karena rematik, diantaranya:

1. Minyak ikan

Terdapat komponen utama ada di dalam minyak ikan yang diperlukan oleh tubuh, yaitu omega 3. Komponen ini paling banyak ditemukan pada mackerel serta ikan tuna. Nah, omega 3 ini ternyata dapat mengatasi nyeri sendi dengan mengurangi gejala yang berhubungan dengan nyeri sendi serta mampu mencegah peradangan kronis. 

Selain itu, asam lemak omega 3 dalam bentuk suplemen ini mempunyai beberapa efek sama yang diberikan dengan obat antiradang non steroidal atau NSAID. Orang yang mengonsumsi minyak ikan akan mengalami penurunan tingkat rematik lebih besar dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi minyak ikan.  Moms disarankan untuk mengonsumsi 2,6 gram minyak ikan dua kali dalam sehari.

Tapi, ada beberapa minyak ikan yang memiliki kandungan merkuri yang tinggi, sehingga Moms disarankan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu apabila ingin memilih suplemen ini. Ditambah, asam lemak omega 3 ternyata juga mampu menghambat penggumpalan darah, lho.

Oleh karena itu, bicarakan soal pemakaian suplemen ini jika Moms sudah memakai obat pengencer darah lainnya.

2. Kunyit

Kurkumin adalah bahan aktif pada kunyit yang dipercaya dapat atasi nyeri sendi karena rematik. Produk yang terbuat dari kunyit disebut dengan BCM-95, efektif untuk meminimalisir rasa sakit serta pembengkakan yang terjadi pada pasien penderita rematik dibanding menggunakan obat anti radang atau obat diklonefak yang biasa digunakan untuk mengatasi nyeri sendiri. 

3. Jahe

Jahe memang sudah sering digunakan untuk mengobati keluhan seperti hipertensi, migrain, pile, hingga masalah pencernaan. Selain itu, jahe juga mempunyai efek anti peradangan sama seperti ibuprofen. Apabila Moms mengalami mual atau muntah yang disebabkan oleh pengobatan ini, Moms dapat menggunakan jahe sebagai obat rematik alami guna meringankan efek samping yang terjadi. 

4. Ekstrak teh hijau

Bahan alami lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri sendi yaitu ekstrak teh hijau. Teh hijau mengandung senyawa katekin yang penting dalam melawan penyakit rematik. Penderita rematik yang mengonsumsi teh hijau selama enam bulan dan juga mengikuti program latihan intensif dengan berjalan di atas treadmill selama 45-65 menit tiga kali dalam sehari terbukti mengalami penurunan gejala rematik. 

Baca juga: Apa Saja Efek Samping Ketika Moms Terlalu Banyak Minum Teh?

Namun, Moms jangan mengonsumsi teh hijau sebagai obat rematik alami di luar pengawasan dokter karena bahan alami yang satu ini dapat bereaksi atau mengurangi kinerja obat-obatan tertentu. 

5. Kayu manis

Kayu manis juga ternyata dapat digunakan untuk mengatasi nyeri sendi karena dapat melawan peradangan. Pada umumnya, kulit kayu manis dicampur ke dalam makanan atau dibuat menjadi teh. Bahan alami ini dapat mengobati rasa nyeri khususnya saat cuaca dingin. 

Kayu manis dapat membantu Moms dalam mengurangi peradangan apabila dikonsumsi dengan dosis tepat. Penggunaan kayu manis yang berlebihan akan menyebabkan darah menjadi bergumpal serta mengganggu kerja obat pengencer darah.

6. Bawang putih

Bawang putih mempunyai efek anti radang yang cukup baik karena mampu menghambat produksi sitokin atau zat yang berperan saat terjadinya peradangan, sehingga bahan alami ini dapat Moms manfaatkan untuk mengatasi nyeri sendi. 

7. Lada hitam

Bahan alami terakhir yang dapat digunakan untuk mengatasi nyeri sendi adalah lada hitam. Lada hitam mampu mengurangi rasa nyeri serta pembengkakan secara alami. Selain itu,zat capsaicin yang ditemukan dalam lada hitam dan cabai dapat digunakan sebagai pengobatan radang sendi. 

Yang harus Moms ingat sebelum menggunakan obat rematik alami

Perlu diingat bahwa Moms tidak boleh mengonsumsi semua obat rematik alami di atas apabila belum berkonsultasi dengan dokter. Hal ini disebabkan karena ada beberapa bahan alami yang mempunyai efek samping apabila dikonsumsi secara bersamaan dengan obat-obatan lainnya.

Selain itu, tidak semua obat alami cocok dikonsumsi untuk tubuh Moms. Maka dari itu, sebaiknya mintalah saran dari dokter sebelum mencoba obat rematik alami guna memastikan bahan alami tersebut aman atau tidak untuk Moms. 

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like