Adanya terlalu banyak gas dalam lambung-usus dapat menyebabkan gejala-gejala seperti perasaan penuh atau perut kembung. Kondisi ini seringkali dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Lalu, bagaimana cara mengatasi perut kembung? Simak penjelasan berikut ini. 

Cara Mengatasi Perut Kembung

Makan secara perlahan dan kunyah makanan sampai halus

Melansir Health Line, penyebab perut kembung adalah cara makan yang salah, yaitu makan terlalu cepat tanpa dikunyah dengan sempurna dan menelan banyak udara. Keadaan ini dapat Moms atasi dengan mengubah cara makan, yaitu makan secara perlahan dan mengunyah makanan sampai halus sebelum menelannya. Tidak hanya itu, jangan pula minum ketika sedang makan, namun minum sesudah makan untuk menghindari perut kembung makin parah. 

Hindari makanan yang bisa meningkatkan gas di lambung 

Beberapa makanan dan minuman tertentu bisa meningkatkan produksi gas di dalam perut. Oleh karena itu, beberapa makanan, termasuk minuman berkarbonasi, alkohol, dan makanan tinggi pati, gula, atau serat yang mengakibatkan gas perlu dihindari terlebih dahulu untuk mengatasi perut kembung.

Makanan yang dapat memicu perut kembung antara lain, kacang-kacangan, brokoli, kacang polong, bawang, kubis, bunga kol, pisang, kismis, roti gandum, dan sebagainya.

Hindari makanan yang mengandung lemak 

Menghindari makanan yang mengandung lemak juga perlu Moms lakukan untuk mengatasi perut kembung. Hal ini dikarenakan, konsumsi makanan berlemak hanya akan memperburuk keadaan. Makanan yang mengandung lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan dapat meningkatkan produksi gas di lambung.

Stop merokok 

Melansir Medical News Today, orang yang merokok menelan lebih banyak udara dibandingkan mereka yang tidak. Semakin sering seseorang merokok, maka semakin banyak udara yang ditelannya. Hal ini tentunya juga banyak manfaat kesehatan lainnya untuk berhenti merokok. Orang yang menggunakan rokok elektrik juga menelan lebih banyak udara daripada orang yang tidak, oleh karena itu menghindari rokok elektrik juga dapat membantu ketika seseorang mempunyai kelebihan gas atau perut kembung. 

Tidak bicara saat makan 

Sama halnya dengan merokok, bicara saat makan juga akan mendorong udara masuk ke dalam perut dan mengakibatkan perut kembung. Agar perut kembung tidak semakin parah dan segera mereda, maka hindari bicara saat Moms makan.

Lakukan olahraga ringan 

Olahraga dapat membantu Moms menjaga sistem pencernaan tetap dalam kondisi yang baik. Dengan Moms melakukan olahraga ringan sekalipun, otot-otot perut akan menjadi lebih rileks, sehingga gas berlebih yang terperangkap di lambung-usus diharapkan dapat keluar. Dengan berjalan ringan setelah makan misalnya, juga bisa membantu mendorong sistem pencernaan memindahkan makanan dengan lancar. 

Konsumsi probiotik 

Probiotik merupakan suplemen yang memiliki kandungan bakteri sehat yang sudah ditemukan di saluran pencernaan seseorang. Bakteri baik ini mampu membantu memecah makanan, dan bahkan dapat bekerja untuk memecah gas hidrogen yang diproduksi selama pencernaan. Terkadang, probiotik dapat menyebabkan peningkatan gas dan kembung. Ini biasanya berumur pendek, dan mungkin akan berkurang ketika tubuh terbiasa dengan bakteri baru.

Kompres dengan air hangat 

Kompres hangat pada area perut dapat Moms jadikan pilihan sebagai cara mengatasi perut kembung yang bisa dipraktekkan di rumah. Cara ini dapat membuat otot-otot di saluran pencernaan jadi lebih rileks dan bisa menekan rasa tidak nyaman akibat perut kembung. 

Rempah-rempah dan pijat 

Konsumsi tanaman herbal atau rempah-rempah, seperti jahe, jintan, dan daun basil secara empiris dapat meredakan perut Moms yang kembung. Tidak hanya itu, bawang merah juga dapat digunakan untuk mengobati masalah perut kembung. 

Nah, itulah beberapa cara mengatasi perut kembung yang dapat Moms coba. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Tenggorokan Gatal Terus Menerus, Apa Penyebabnya?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like